Pengalaman RELEX Smile Pro di JEC Kedoya Jakarta

dianisekaring relex smile pro

Relex Smile Pro – Halo semuanya! It’s been a long time since I wrote in this blog, hehehe. Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai salah satu pengalaman life-changing yang baru-baru ini saya alami, yaitu operasi mata RELEX Smile Pro di JEC Kedoya Jakarta.

Background Story

Saya terlahir dari orangtua yang sama-sama menggunakan kacamata. Sejak duduk di bangku SMP, saya sudah menggunakan kacamata, walaupun minus masih relatif kecil (sekitar -0.25 dan -0.5). Begitu menginjak SMA, saya bersekolah di Boarding School yang membuat saya harus belajar tanpa kenal waktu dari pagi sampai malam. Hal tersebut mengakibatkan perubahan pada mata saya. Pada kelas 1 SMA, saya -1, kelas 2 mata saya -2, dan kelas 3 menjadi -3. Ketika kuliah selama 4 tahun, mata saya menjadi -4 dan saat sudah sekitar 8 tahun kerja, minus mata saya menjadi -5.25 dan silinder >1.

Minus yang tinggi tersebut membuat saya kesulitan untuk beraktivitas tanpa kacamata. Saat bangun tidur, saya harus langsung pakai kacamata, karena saya benar-benar tidak bisa melihat tanpa kacamata. Begitu pula dengan olahraga, rasanya tidak nyaman dan tidak bebas bergerak.

Pemeriksaan Pra- LASIK

Akhirnya, pada bulan November 2023, saya memutuskan untuk melakukan prosedur LASIK. Sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, karena membayangkan mata saya ditembak laser sudah membuat saya merinding.

Saya direkomendasikan oleh rekan saya untuk berkonsultasi dengan DR. Dr. Johan A. Hutauruk, SpM(K) di Rumah Sakit JEC Menteng. Sebelum bertemu dokter, saya diarahkan untuk melakukan pemeriksaan di Basic Diagnostic Room (BDR). Di BDR dilakukan pemeriksaan tes baca (untuk mengetahui refraksi/ minus mata), tekanan bola mata, dll.

Saat bertemu dengan dr. Johan, kesan pertama saya adalah beliau dokter yang ramah dan cukup informatif. dr. Johan menjelaskan bahwa terdapat beberapa prosedur, seperti Cozi LASIK, dan RELEX Smile Pro (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction). Intinya adalah, RELEX Smile Pro merupakan prosedur yang lebih minim luka dan penyembuhannya lebih cepat.

Perbedaan RELEX Smile dan LASIK

Dr. Johan menyarankan agar saya mengambil prosedur RELEX Smile Pro, namun prosedur ini baru tersedia di Rumah Sakit JEC Menteng. Setelah mengatur jadwal operasi, selanjutnya saya diarahkan untuk melakukan pemeriksaan pra-LASIK di Comprehensive Diagnostics Center (CDC). Pemeriksaan ini kurang lebih terdiri dari pemeriksaan saraf mata, retina, kadar air mata, dll. Ada cukup banyak tes yang dilakukan sehingga memakan waktu sekitar 2 jam. Sedikit saran saya, setelah diteteskan obat untuk pemeriksaan saraf mata, pandangan akan menjadi sedikit blur dan sensitif terhadap cahaya jadi pastikan kamu tidak mengendarai kendaraan sendiri ya. Efeknya hanya sekitar 3-4 jam dan setelah itu akan hilang.

Persyaratan dan Biaya Prosedur RELEX Smile Pro

Agar pasien dapat melaksanakan prosedur RELEX Smile Pro, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Usia disarankan 18 tahun atau lebih
  • Kedua mata dalam keadaan sehat
  • Tidak dalam keadaan hamil atau menyusui bagi pasien wanita
  • Minus mata antara -0.5 dioptri s.d. -10.0 dioptri
  • Bagi pengguna softlens, harus melepas softlensnya selama 14 hari berturut-turut sebelum konsultasi ke dokter
  • Bagi pengguna hardlens, harus melepas hardlensnya selama 30 hari berturut-turut sebelum konsultasi ke dokter

Adapun rincian biaya untuk prosedur RELEX Smile Pro di JEC Kedoya adalah sebagai berikut (update per Desember 2023):

Pra Lasik kisaran Rp3.000.000 – Rp4.000.000

ReLEx Smile
1 mata Rp18.480.000
2 mata Rp32.480.000

7D Z-Lasik
1 mata Rp15.680.000
2 mata Rp27.680.000

CoZi Lasik
1 mata Rp14.180.000
2 mata Rp26.680.000

Konsultasi Rp700.000 – Rp800.000 (per kedatangan)

Obat-obatan Rp700.000 (tergantung resep Dokter)

Prosedur Tindakan RELEX Smile Pro

Prosedur RELEX Smile Pro

Persiapan Operasi

Sekitar 1 minggu kemudian, tibalah waktu prosedur operasi. Sekitar 1-2 hari sebelum prosedur, suster menelepon saya untuk memastikan prosedur pembayaran, serta jadwal kedatangan ke rumah sakit.

Sesampainya di ruangan persiapan operasi, dokter melakukan pemeriksaan dasar seperti tekanan darah, detak jantung, dll. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan BDR (seperti pada waktu pra-LASIK) untuk mengkonfirmasi minus mata. Kemudian, saya dipakaikan gaun operasi dan pelindung rambut, untuk selanjutnya dilakukan pembersihan area mata dan pengolesan Betadine. Jika kamu menggunakan bedak atau rias mata, maka wajib cuci muka terlebih dahulu ya sebelum dilakukan persiapan ini. Saat menunggu, perawat akan meneteskan obat bius di mata.

Selanjutnya yang saya lakukan adalah menunggu di ruang persiapan operasi. Untuk pengantar pasien dapat menunggu di luar, disediakan coffee break dan snack seperti di hotel. Untuk pasien juga disiapkan snack berupa sekotak roti, namun saking nervous-nya saya tidak bisa makan apa-apa.

Prosedur Operasi

Saat giliran saya tiba, saya dibawa ke ruang operasi. Kesan saya terhadap RS JEC Kedoya, fasilitasnya benar-benar mewah, canggih, dan premium sekali. Sebanding dengan harga yang dibayarkan.

Saat berbaring di meja operasi, dr. Johan menjelaskan bahwa saya akan diminta untuk melihat ke sebuah titik hijau, lalu akan ada semacam kabut di mata, dan dokter akan membuat sayatan kecil di kornea untuk mengeluarkan lenticule (hasil koreksi laser pada kornea mata).

Waktu yang dibutuhkan untuk prosedur laser adalah 10 detik, dan pengambilan lenticule 1 menit. Sehingga untuk prosedur kedua mata memakan waktu kurang dari 5 menit saja! Canggih bangeeeet! Tanpa jarum, tanpa suntik, tanpa darah. Luar biasa memang dr. Johan dan prosedur RELEX Smile Pro ini. Benar-benar SIMPLE and PAINLESS!

Pemulihan Pasca Tindakan

Sebelum prosedur, perawat sudah menjelaskan kepada saya bahwa kemungkinan saya akan mengalami ketidaknyamanan pada mata sekitar 3-4 jam pasca operasi, saat efek obat bius mulai hilang. Saya merasa pandangan mata sedikit blur, namun hal ini merupakan hal yang wajar. Tapi satu hal, saya sama sekali tidak merasakan sakit (seperti mata berair, kelilipan, dsb) bahkan hingga hari-hari berikutnya. Pantaslah jika RELEX Smile Pro ini dinobatkan sebagai prosedur perbaikan/ koreksi mata yang benar-benar singkat dan tanpa rasa sakit! I‘m still amazed by now!

Perawatan Setelah RELEX Smile Pro

Untuk menjaga agar mata tetap sehat pasca tindakan, pasien perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Menggunakan pelindung mata (bentuknya seperti kacamata renang) selama 1 hari pasca tindakan. Gunakan juga pelindung mata setiap tidur sampai dengan 3 hari pasca tindakan untuk menghindari mengucek mata secara tidak sengaja
  • Gunakan obat sesuai dengan resep dokter (diteteskan setiap 3-4 jam 1 kali)
  • Mata tidak boleh terkena air selama 3 hari pasca tindakan. Tidak boleh keramas dan mencuci muka selama periode tersebut
  • Mata akan lebih sensitif dengan cahaya, gunakan sunglassess sekurangnya 2 minggu pasca tindakan
  • S.d. 3 hari pasca tindakan, boleh menggunakan/ melihat HP hanya untuk yang urgent, misalnya membaca notifikasi WA, menelepon, dll. Hindari memforsir mata untuk melihat layar (contoh: scrolling socmed, menonton film)
  • Dilarang berenang s.d. 1 minggu pasca tindakan
  • Dilarang menggunakan riasan mata s.d. 1 minggu pasca tindakan

Yang Dirasakan Pasca RELEX Smile Pro

Jika ada yang bertanya, bagaimana sih rasanya setelah melakukan tindakan ini? Yang jelas saya happy, happy banget! Sebagai pengguna kacamata kelas berat sejak usia 12 tahun, saya merasa bebas dari frame kacamata yang membuat sakit hidung dan kepala. Saya bisa melihat apapun dengan jelas, dan saya bisa beraktivitas tanpa kacamata.

Akan tetapi, saat berada di depan layar komputer, mata saya menjadi cepat lelah dan kering. Oleh karena itu, dokter merekomendasikan untuk tidak memforsir mata, serta beristirahat setiap 20 menit sekali. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi mata agar tetap sehat.

Untuk informasi lebih lanjut seputar tindakan RELEX Smile Pro, teman-teman dapat menghubungi Contact Center JEC Eye Hospitals:

Telepon: 0804-122-1000
Whatsapp: 0877-2922-1000

Referensi:

Rumah Sakit Mata JEC. 2023. Laser Vision Correction. Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *