Wajib Coba! Surgana Rasa, Resto Nuansa Bali di Tangsel

Surgana Rasa - Dianisekaring

Surgana Rasa – Siapa yang sudah kangen banget sama Bali? (tunjuk tangan). Selama pandemi ini, saya belum pernah sekalipun berlibur ke luar kota, apalagi ke Bali. Jujur, lumayan iri (jangan jangan iri, jangan iri dengki~) melihat teman-teman yang bisa bolak-balik liburan ke Bali selama pandemi buat healing, hehehe. Soalnya, sebelum pandemi saya termasuk sering bolak-balik ke Bali walau bukan buat liburan 😀

Untuk mengobati kangen Bali, saya dan suami berkesempatan untuk mencoba salah satu tempat makan yang hits banget di Tangerang Selatan (Tangsel), yaitu Surgana Rasa. Resto ini menyajikan menu kuliner khas sunda, dengan ambience Bali yang cukup kental. Awalnya, saya diracuni oleh Ibu saya. “Bagus banget pasti kamu yang suka foto-foto senang deh ke sana. Mewah, makanannya juga enak,” ujar Ibu saya yang cukup jarang memberikan label “enak” pada sebuah restoran. Hmm, sepertinya oke banget nih buat dikunjungi.

Baca juga: Staycation ala Bali di Begreno Resort Bogor

Free Valet Parking

Surgana Rasa terletak di Jl. Raya Rawa Buntu No.18, Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, masih di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Untuk menuju ke sini, tidak terlalu sulit. Kebetulan, kemarin saya mampir kesini sepulang dari kantor menggunakan KRL. Kamu cukup turun di St. Rawabuntu (naik dari St. Tanah Abang ke kereta yang menuju Serpong – Parung Panjang – Rangkas Bitung) kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek online sekitar 5-6 menit saja.

Untuk yang membawa mobil, tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan tempat parkir karena restoran ini menyediakan fasilitas free valet parking. Jadi, kamu cukup drop mobil di lobi restoran, dan mobil kamu akan terparkir dengan aman di area parkir. Oke banget kan?

Nuansa Bali Bintang Lima

Welcome to Surgana Rasa

Memasuki bagian dalam restoran, saya dibuat terkesima dengan berbagai ornamen, fasad, dan interior restoran ini. Benar-benar sungguh “niat”! Bangunan utama terbuat dari bambu, sekilas mengingatkan saya pada interior hotel Merusaka (former Inaya) di Nusa Dua Bali. Aneka lukisan berukuran besar, patung, hiasan akar, semuanya tertata dengan cantik di sana. Betul-betul ditata oleh orang yang paham akan seni. Keren banget deh pokoknya, mantap! Serasa lagi liburan di Ubud! Aaaaa aku senang!

Kami disambut oleh resepsionis, mengkonfirmasi reservasi sebelumnya via Whatsapp, untuk kemudian diantarkan menuju meja kami. Di seluruh meja tersedia botol air mineral mahal Equil, googling sendiri saja ya harganya 😀

Baca juga: Roofpark Bogor, Resto Unik Bergaya Tropis

Berbagai Lokasi Makan yang Bisa Dipilih

Surgana Rasa menyediakan berbagai lokasi makan yang bisa dipilih oleh pengunjung, seperti di bangunan utama yang saya tempati, di lesehan (dengan atap seperti bentuk kerang, cantik!), rumah joglo, alun-alun, private area, dan masih banyak lagi. Jika kamu menghendaki duduk di tempat tertentu, mohon diinfokan pada saat reservasi ya agar tidak ditempati orang lain.

Bangunan utama
Rumah joglo dan saung lesehan. Ada air terjun dan kolam ikan koi
Alun-alun, tempat favorit pengunjung untuk berfoto

Saran saya, agar lebih puas berfoto, datanglah di malam hari karena suasananya lebih indah, dengan berbagai ornamen dan hiasan lampu yang terdapat di restoran.

Menu Masakan Sunda Surgana Rasa

Menu Surgana Rasa

Meskipun nuansa Bali di restoran ini sangat kental, namun Surgana Rasa menyuguhkan sajian dengan citarasa Sunda, diantaranya Nasi Timbel Kampung (Rp130 K), Nasi Tutug Oncom Tasik (Rp145 K), Gurame Goreng Kipas (Rp135 K), Ayam Bakakak (Rp196 K), Buntut Penyet (Rp169 K), Iga Bakar Lada Hitam (Rp179 K), hingga Gule Kambing Sumsum (Rp165 K). Untuk dessert, ada colenak, surabi kinca, es cendol, semuanya seharga Rp35 K. Tersedia juga berbagai minuman hangat dan dingin. Kami memesan Buntut Penyet, Iga Bakar Lada Hitam, Ginger Latte (Rp41 K), dan Strawberry Rosella Ice Tea (Rp36 K).

Tak menunggu lama, pesanan kami segera dihidangkan.

Buntut Penyet
Iga Bakar Lada Hitam
Ginger Latte dan Strawberry Rosella Ice Tea

Dari segi harga, memang cukup premium, namun sangat sebanding dengan kualitas dan citarasa hidangan. Seluruh menu yang kami pesan tidak ada yang failed. Daging buntut penyet dan iga lada hitam yang kami pesan dibumbui dan dimasak dengan baik, sangat lembut hingga terlepas dari tulang.

Untuk minumannya, ginger latte alias susu jahe ini surprisingly good, sangat light dan tidak membuat mual. Untuk strawberry rosella ice tea-nya saya pesan yang less sugar, rasanya enak dan menyegarkan. Overall kami sangat puas dengan seluruh makanan dan minuman yang dipesan.

Hal yang Bisa Ditingkatkan Surgana Rasa

Menurut saya, ada satu hal yang perlu ditingkatkan dari resto Surgana Rasa, yaitu perlunya ada blower atau pendingin ruangan, karena hawanya cukup sumuk alias panas. Mungkin, pengunjung akan lebih nyaman dan tidak kegerahan apabila terdapat angin sepoi-sepoi blower di dalam restoran. Dari segi pelayanan, saya rasa sudah sangat baik. Waitress maupun resepsionis-nya sangat ramah.

Akhir kata, saya cukup puas dengan pengalaman kuliner kali ini. Walaupun belum bisa ke Bali, tapi bisa merasakan vibes-nya dulu di dekat rumah. Insya Allah saya akan merekomendasikan restoran ini ke teman-teman.

Thank you Surgana Rasa!

NB: Terkonfirmasi halal dari resto. Tidak menggunakan angciu dan zat non halal dalam memasak.

Restoran Surgana Rasa
Jl. Raya Rawa Buntu No.18, Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15318
Operating hours: 11.00 – 22.00
Instagram: surganarasa
Reservation: 081388885673

Referensi:

  1. Pergikuliner.com. 2022. Surgana Rasa. Link
  2. Palapanews. 2022. Unik, Restoran Surgana Rasa Serpong Usung Konsep Indonesian Culture. Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *