Mengecap Rasa di Resto Raasaa Kebun Raya Bogor

RAASAA kebun raya bogor

Update 06/12: Sudah terkonfirmasi HALAL dari resto

Resto Raasaa Kebun Raya Bogor – Menikmati makan pagi atau siang sembari memandang indahnya pemandangan di Kebun Raya Bogor, sounds good banget kan ya?

Hal tersebut bisa kamu lakukan di satu-satunya restoran yang berada di dalam area Kebun Raya Bogor, yaitu resto Raasaa. Restoran yang sebelumnya bernama Grand Garden Cafe and Resto ini cukup legendaris. Presiden Jokowi dan Obama saja pernah lho makan di restoran ini! Penasaran kan restonya seperti apa…

Oleh karena rasa penasaran tersebut, saya dan keluarga beserta sahabat kami Hima meluncur ke Resto Raasaa Kebun Raya Bogor pada akhir pekan. Sebenarnya, agak was-was juga datang di akhir pekan karena takut restonya penuh atau waiting-list-nya lama. Tapi, bismillah aja deh.

Terletak di Dalam Kebun Raya Bogor

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Resto Raasaa

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, resto Raasaa terletak di Kebun Raya Bogor. Bagi yang membawa kendaraan roda 4, dapat masuk dari Pintu 3 (seberang Lippo Mall Bogor), membeli tiket masuk, dan parkir di area resto.

Awalnya, karena kami datang weekend, saya sempat khawatir mobil tidak bisa parkir di area restoran sebab ada larangan kendaraan masuk ke dalam Kebun Raya Bogor. Lumayan juga yaa kalau jalan kaki sambil gendong bayi, toddler beserta perintilannya di siang hari bolong. Tapi ternyata kekhawatiran kami tidak terbukti.

Baca juga: Kota Tua, Destinasi Akhir Pekan Bersama Keluarga

Memanjakan Mata dengan View Kebun Raya Bogor yang Cantik

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Pemandangan dari area resto Raasaa

Daya tarik utama dari resto Raasaa ini tentu saja adalah pemandangannya yang menyejukkan mata. Hijau menghampar sejauh mata memandang (ya iyalah namanya juga Kebun Raya Bogor :D). Walau saya datang pas jam makan siang dan cuaca panas banget di luar, namun pemandangannya tetap bagus kok.

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor di waktu siang… panas πŸ˜€

Saran saya, waktu yang paling pas untuk datang ke sini adalah pagi hari jam 07.00-08.00 saat breakfast, dan di sore hari jam 16.00-17.00. Suasana syahdu-nya Kebun Raya Bogor mungkin akan lebih terasa karena udara yang sejuk.

Baca: Lunch dengan View Spektakuler di Di Mare Karma Kandara Bali

Jangan Salah Pilih Meja Ya!

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Interior Resto Raasaa

Kapasitas restoran ini sebenarnya tidak terlalu banyak karena penerapan physical distancing. Oleh karena itu, jika datang di akhir pekan kemungkinan akan mengalami waiting list karena tingginya jumlah pengunjung. Saya pun mengalami waiting list, namun syukurnya hanya 2 antrean saja.

Secara umum, area resto Raasaa terbagi menjadi 3 tempat, yaitu bagian taman/ garden (lokasi outdoor dengan payung-payung), bagian semi outdoor (dengan atap fiber), dan bagian indoor (dilengkapi dengan atap dan kipas angin).

Jika kamu datang siang-siang, lebih baik hindari duduk di outdoor dan semi outdoor karena PANAS BANGET. Ya silakan aja sih kalau mau duduk di situ karena lebih bagus viewnya.

Jadi, awalnya kami dapat tempat duduk di area semi outdoor, namun nggak tahan dengan panasnya dan juga asap rokok dari bapak-bapak di meja sebelah πŸ™ Asli kesel banget sama orang yang ngerokok di dekat bayi dan anak kecil πŸ™

Menu Nusantara Menggugah Selera

Resto Raasaa menyajikan aneka hidangan nusantara maupun western. Mulai dari nasi goreng, sop buntut, sate, hingga panganan londo seperti spaghetti dan burger juga tersedia. Yang keren, semua menu-nya dituliskan dalam bahasa Inggris. Seperti contohnya “Yellow Turmeric Rice” oalah ternyata maksudnya nasi kuning πŸ˜€

Untuk menghindari resiko penularan COVID-19, menu hanya tersedia dalam bentuk digital melalui scan QR code. Untuk yang mau tahu ada menu apa saja di restoran ini, bisa di-klik di sini yaa:

MENU RESTO RAASAA

Rasa dan Pelayanan Resto Raasaa

Siang itu, kami memesan grilled oxtail soup (Rp 160.000), signature fried rice (Rp 65.000), dan beef teriyaki with rice (Rp 65.000). Minumnya yang standar aja, yaitu iced lemon tea.

Sebelum datang ke sini, saya menyempatkan diri untuk browsing review resto Raasaa. Sebagian besar bilang bahwa makanannya enak dan suasananya nyaman. Namun, tidak sedikit yang berkata bahwa pelayanannya cukup lambat dan makanan lama disajikan.

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Beef teriyaki
Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Nasi goreng

Tak lama setelah memesan, nasi goreng dan beef teriyaki sudah disajikan. Beef teriyaki-nya menurut saya rasanya agak kemanisan, dan so-so saja bukan yang enak banget. Cuma anak-anak doyan jadi yasudahlah. Kalau nasi goreng-nya saya tidak mencoba, tapi kata Hima rasanya lumayan enak.

Hingga kedua makanan tersebut tersantap habis, sop buntut pesanan saya tak juga menampakkan batang hidungnya. Padahal kan lapar πŸ™

Akhirnya saya komplain ke salah satu waitress dan diminta untuk menunggu antrean. Agak judes sih Mbak-nya, mungkin karena pusing banyak yang komplain.

Tak lama kemudian, makanan saya disajikan namun sayangnya dalam kondisi sudah dingin. Hal tersebut berarti, mungkin saja makanan saya sudah siap dari tadi namun ada miskoordinasi sehingga tidak kunjung dihidangkan. Sayang sekali πŸ™

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Grilled oxtail soup

Karena sudah kadung lapar, saya tidak punya energi untuk komplain lagi. Dagingnya sih empuk banget, kuah sup-nya juga enak berempah. Namun entah kenapa saya kurang sreg sama bumbu dagingnya karena rasanya seperti saus barbeque. Enak sih, cuman jadi kurang mindblowing aja πŸ˜€

Worth It atau Tidak?

Tak berlama-lama, kami menyelesaikan makan karena GERAH BOI. Anak-anak sudah mulai rewel. Mungkin lain kali datang pagi sekalian yaa waktu breakfast, hehe.

Total biaya yang dikeluarkan untuk makan 3 orang dewasa dan 2 anak-anak adalah Rp 428.000. Yaa, lumayan lah. Nggak murah juga.

Mungkin akan lebih worth it apabila resto Raasaa memperbaiki pelayanannya (jangan membuat customer menunggu terlalu lama). Dan juga, dibuat area khusus untuk merokok sehingga tidak bercampur dengan customer lain.

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Merchandise Kebun Raya Bogor

Di dekat kasir, tersedia pojok merchandise Kebun Raya Bogor yang sungguh kekinian. Namun, saya tidak melihat lebih jauh karena saya akan mengunjungi toko merchandise-nya langsung, yaitu Olive Kebun Raya.

Olive Store Kebun Raya, Toko Merchandise yang Estetik

Selain makan di resto Raasaa, tujuan saya kali ini berkunjung ke Kebun Raya Bogor adalah untuk mengunjungi toko merchandise yang berada dalam area kebun raya, yaitu Olive.

Untuk menuju ke Olive di akhir pekan, agak sedikit repot untuk mencari tempat parkir mobil yang aman. Untungnya, sahabat kami Hima bekerja di LIPI (sekarang BRIN) yang menaungi Kebun Raya Bogor, sehingga kami diperbolehkan untuk parkir di salah satu kantornya πŸ˜€

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Olive Store

Olive Store menyediakan berbagai macam merchandise yang lucu-lucu mulai dari mug, tumbler, totebag, kaos, kemeja, tas, aneka produk kecantikan dan home and living, hingga tanaman dan terrarium. Lengkap banget!

Mengunjungi Olive Store rasanya seperti datang ke Market Museum atau Semasa Art Market di Jakarta. Selain karena beberapa ilustrator dan brand lokal turut berpartisipasi (Clea by Rocha, Diela Maharani, dll), barang-barangnya memang sangat kekinian. Anak muda banget deh! Senang sekali saya dengan wajah baru Kebun Raya Bogor ini.

Dianisekaring RAASAA Kebun Raya Bogor
Terrarium

Salah satu alasan saya ingin datang ke Olive Store adalah ingin melihat terrarium. Terrarium adalah semacam miniatur alam, yang seluruh siklus kehidupannya dilakukan di dalam wadah kaca tertutup. Gemes banget yaa buat pajangan di rumah.. serasa ada secuil hutan di rumah kita πŸ˜€

Di Olive Store juga tersedia toko tanaman. Namun, ketika saya datang toko tersebut telah tutup (padahal tanamannya bagus-bagus). Next time mungkin akan mampir lagi ke sini kalau sedang di Bogor.

Alhamdulillah, akhir pekan yang sangat menyenangkan di Bogor. Semoga ke depannya masih ada waktu dan rezeki untuk kembali mengunjungi resto Raasaa dan Olive Store di Kebun Raya Bogor.

Kamu sudah pernah berkunjung ke tempat ini? Yuk, share ceritamu.

56 Comments

  1. wah aku malah baru tahua da resto di kebun rayanya. Pantas saja baru2 ini banyak orang yang protes dengan keberadaan resto dll dalam kebun raya karena kebun raya bukan diperuntukan untuk rumah makan. karena malam hari lampu2 yang terang bisa mengganggu habitat hewan yang ada di kebun raya.

    1. Oh kalau itu Glow at Kebun Raya Mba.. pertunjukan lampu-lampu di malam hari di Kebun Raya, beda lagi hehe

  2. Wajar aja si mahal, lihat tempatnya aja udh sebagus itu, nuasa asri banyak pohonΒ² jdi pengen kesana

    1. Iya tempatnya memang baguus kalau kataku πŸ˜€

  3. Sekitar 15 tahun lalu kayaknya saya terakhir ke kebun raya. Lama bangeeeeetttt, padahal ini keren ya sekalian jalan sekalian makan juga disana

    1. Waah udah lama juga… Kebun Raya sudah banyak berubah, Mba πŸ˜€

  4. belum pernah ke kebun raya, mudah2an bisa kesana dan bisa merasakan kuliner di sekitar kebun raya, semnagat terus untuk bisa memberikan informasi yang oke

    1. Yupp semoga berkesempatan cobain kuliner di sini..

  5. Kayaknya Enak-enak itu makanannya Kak
    Lumayan juga harganya ya Kak, untuk Mahasiswa seperti saya.

    Terima Kasih informasinya Kak, jadi nambah referensi tempat makan.

    1. Enak sih tapi bukan yang enak banget, nice to have aja.

  6. Rencana saya mau ke kebun raya bogor bareng keluarga, terimakasih admin sudah merekomendasikan Resto Raasaa Kebun Raya Bogor. Sangat bermanfaat!

    1. Sama-sama, BTW nama saya bukan admin πŸ˜€

  7. Beberapa kali ke kebun raya tapi belum pernah nyoba makan di Rasaa. Servicenya sedikit kurang memuaskan ya untuk harga makanan yang segitu.. Btw, kebun raya emang destinasi paling pas ya untuk refreshing karena gak terlalu jauh dan dekat dengan pintu tol!

    1. Iya, aku gak pernah bosan ke Kebun Raya karena senang lihat yang hijau-hijau πŸ˜€

  8. Aku baru tahu di KRB ada restorannya mbaaa hahahaha. Eh tapi seumur2 aku ke KRB itu baru sekali. Itupun cuma piknik Ama temen2 . Ga jelajah banyak. Saking gedenya KRB sih yaa..

    Viewnya cakeeeep sih Yaa, tapi wajar aja kalo harga mahal, apalagi ini pernah didatangin tamu2 kepresidenan πŸ˜€

    Kapan2 deh aku kesana, jadi penasaran juga, tapi mungkin ikutin saran mu, kesana pas pagi ATO sore aja, biar sejuk :D. Kayaknya harus pas saat staycation di sana deh

    1. Cus Mba.. aku sih rencananya pengen datang ke sini lagi, sarapan gitu. Pasti suasananya asik banget..

  9. Penasaran karena beberapa kali ke Kebun Raya Bogor belum pernah makan di sini. Tapi juga sekaligus agak nggak jadi penasaran karena panasnya itu, hahaha. Tapi memang bisa jadi dapat experience baru yang unik sensasinya, ya, Mba.

    1. Iya mbak, seru makan dengan view secantik ini πŸ™‚

  10. tempatnya keren kali yak, cocok syekali kalo bareng keluarga ni, jadi kepengen main-main ke bogor, hehe

    1. Cocok sih kalau bawa keluarga, karena menunya beragam juga,

  11. Wahhh keren banget kak. Ulasannya lengkap mulai dari view, harga, dan menu. Semoga bisa ke sana juga menikmati makanan sembari ngeliat pemandangan yg indah2.

    1. Terima kasih Mbak, yuk main-main ke Kebun Raya.

  12. setelah makan dan kenyang bisa duduk-duduk di depan restonya dengan hamparan rumput hijaunya. Apalagi sambil bawa keluarga serasa kaya camping

    1. Hehe iya setuju.. rata-rata yang datang ke resto ini memang keluarga.

  13. Masyaa Allah nyaman dan seger banget liat tempatnya, makannya juga bikin laper lagi deh padahal udah makan hehe

  14. Harus bayar voucher makan 100rb di restoran ini padahal tujuannya cuma wisata ke kebun raya doang. Oooh bisnis cem macem apakah ini. Terang saya nggak ridho euy..

    1. Wah memang ada ya promo seperti itu?

  15. Mahal tapi beneran rekomendasi bangetlah, tempatnya keren, makanannya juga enak2, pasti pengenlah kesini bawa keluarga.

    1. Cocok Mba kesini sama keluarga.. habis itu mampir ke Olive Store.

  16. Kangen banget sama kebun Raya Bogor. Baru tau ada restonya. Ambiancenya enak juga kayaknya nih. Jadi pengen ke sana ajak bocil

    1. Kebun Raya Bogor sekarang sudah makin bagus lho Mba, ayo ke sinii..

  17. harga makanannya lumayan ya Mbak, seandainya pelayanannya berbanding dengan harga gak apa-apa sih ya, tapi udah lama, udah dijutekin juga, duuh rasanya double-double nyeseknya, syukurnya sih rasanya enak lah ya, hiihihih
    asyik banget tuh Mbak bisa jalan-jalan lihat Terrarium juga, itu ada yang mini-mini pula ya, iih gemess πŸ˜€

    1. Iya hihihi mungkin waitress-nya juga stress banyak orderan.. Aku pengen banget ihh punya terrarium, jadi pengen kesana lagi.

  18. Kalau main ke kebun raya Bogor sering. Tapi untuk masuk dan maka di resto nya belom pernah. Biasanya kami gelar tikar aja dan makan bekal yang dibawa. Hehehe. Memang pengiritan sekaligus memang terbiasa merasa lebih nikmat makan sambil lesehan dengan menu rumahan, maklum terbiasa di kampung

    Dengan adanya pengalaman Mbak Dian ini semoga pelayanan restonya makin baik lagi ya. Malu kalau menu saja gaya bahasa kebarat-baratan tapi manajemen waktu resto dan pelayan keindonesiaan. Ups…

    1. Hehehe betul Mbak. Aku juga suka bawa bekal sendiri dan menghampar tikar di bawah pohon.

  19. kebun raya bogor saja sudah bikin saya mupeng sejak lama, pengen banget wisata all out di Kebun Raya Bogor, dulu lemayan srg ke Bogo tp belum kesampian mampir ke Kbeun Raya. Apalagi sekarang ada resto Raasaa kece badai. Olive store juga komplit..bisa makin betah berlama-lama di Kebun raya deh

    1. Ayo main ke sini Mbaak.. bagus lhoo

  20. Oh sekarang namanya Raasa ya mba, dulu kalo gak salah namanya Garden Cafe pas beberapa tahun lalu aku terakhir ke Kebun Raya dan memang viewnya bagussssssssss banget, omg aku salfok sama si terarium nih, pengen adopt satu deh hehehe

    1. Samaa pengen punya terrarium juga..

  21. Woww aku pernah juga nih makan di resto Raasaa. Seytelah jalan kaki lelah dan panas-panasan lalu melipir ke sini. Kalau lihat fotonya sepertinya ad abeberapa perubahan ya. *aku ke sana terakhir 5 tahun lalu hihi

    1. Waah ternyata Mba Niken sudah lebih dulu ke sini πŸ˜€

  22. Aduh emang sayang bgt pelayanannya tuh kurang ramah kl resto yang atas. panas bgt pula bikin kesabaran diujii. Padahal makanannya terlihat enak ya. semoga lain kali bisa lbh baik restonya

    1. Iya semoga pelayanannya bisa diperbaiki agar pelanggan lebih nyaman.

  23. mbak ini disebelah mananya ya? kok kaya belum pernah liat deh hehe.. jadi pengen nyari deh kalo pas main ke kebun raya, cantikk banget tempatnyaa, makanannya menggoda pula hehe

    1. Deket danau-danau gitu Mbak, masuk dari pintu 3 πŸ˜€

  24. Makan dgn pemandangan indah begitu pasti asik bgt ya. Cuma sayang bgt kalo pelayanannya kurang bagus. Jadi mikir2 lagi mau ke sana haha.. makasi infonya mba diani

  25. Wah seru juga nih sensasi makan yg gerah.. Hahaha.. Menunya menggugah selera banget ya mbak apalagi pilihan menu nusantara. Menariknya jg ada souvenir yang bisa dijadiin oleh2.

    1. Menunya lumayan banyak sih.. Biar gak gerah datangnya pagi atau sore πŸ˜€

  26. kamu akan lupa dengan nominal didalam bill saat makanan yang kamu santap mampu memberikan pengalaman yang jauh lebih bernilai. makanan disana bukan mahal, namun memang tidak untuk semua kalangan terutama kaum mendang mending. hehe…

  27. suka takut belanja di area wisata mbak, takut kemahalan hehehe. Lumayan juga ya pengeluaran untuk makannya tapi pelayanan kurang memuaskan. Semoga bisa diperbaiki lagi pelayanan restonya.

  28. Belum pernah masuk ke kebum Bogor, kalau lewat pernah hehe
    Pengen next time kalau ke Jakarta bisa mampir juga ke Bogor.
    Ini tempatnya bagus mbak, foto dari bagian atasnya keliatan semua sisi yang ijo ijo..
    Sukak sama area store-nya, tertata rapi dan minimalis. Kayaknya bakalan kalap kalau aku kesana

  29. Udah pernah sekali ke Kebun Raya Bogor sama anakku dan keluarga di tahun 2018, tapi gak sebagus itu. Sekarang udah bagus banget ya.. ah jadi pengen ke sana deh rasanya menyenangkan

  30. serius !!!! bikin ngiler banget kakkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *