dianisekaring pramugari

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata “pramugari”? Mungkin, sebagian besar dari kita akan menjawab “Mbak-mbak ramah, dan cantik yang melayani kebutuhan penumpang selama di pesawat”. Nggak sepenuhnya salah sih, but well, flight attendant professions are more beyond that.

Waktu kecil, saya sempat ingin berkarir sebagai pramugari/ awak kabin. Namun, almarhum Ayah yang dulu berprofesi sebagai pilot mengingatkan, “Kalau bisa nggak usah, capek banget,”.

Capek banget? Emang ngapain sih? Bukannya cuma tinggal senyum, dadah-dadah, peragaan keselamatan, terus menyajikan makanan? Setelah mengerti, saya baru paham bahwa menjadi awak kabin tidak sesederhana yang saya bayangkan.

1. Tugas Utama: Menjaga Keselamatan Penumpang

“Tugasnya hanya menyajikan makanan,” Nah. That’s the easiest part of the job. Tugas utama pramugari adalah menjaga keselamatan penumpang selama berada di dalam kabin pesawat. Oleh karena itu, sebelum lepas landas mereka akan menjelaskan mengenai prosedur emergency apabila terjadi keadaan darurat penerbangan.

Mereka juga akan memeriksa sabuk pengaman penumpang, meminta penumpang mematikan handphone, dan hal lainnya yang berkaitan dengan prosedur keselamatan. Jangan lupa, ketika terjadi keadaan darurat, mereka bertanggungjawab untuk memastikan seluruh penumpang bisa keluar dari pesawat dengan selamat. Awak kabin juga dibekali pelatihan tentang bagaimana memadamkan api di dalam kabin pesawat.

Mereka sangat terlatih untuk membantu evakuasi penumpang apabila tiba-tiba pesawat diharuskan untuk melakukan pendaratan darurat di darat maupun air. Pramugari berperan penting untuk menentukan kesuksesan evakuasi penumpang dengan mengendalikan situasi dan menjaga agar penumpang tidak panik.

Baca juga: Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat

2. Pramugari Wajib Memiliki Badan Proporsional

Emirates Cabin Crew. Sumber

Syarat utama untuk lolos dalam perekrutan pramugari adalah memiliki tubuh yang proporsional. Masing-masing maskapai memiliki ketentuan tersendiri mengenai tinggi minimum dan rentang tangan agar dapat meraih kompartemen atas kabin. Mereka diwajibkan untuk lancar berbahasa Inggris dan tidak memiliki tato yang terlihat di luar seragam.

Pramugari juga harus memiliki fisik yang kuat karena beberapa pekerjaan menuntut stamina yang prima, seperti membuka/ menutup pintu pesawat, melakukan pelayanan kepada penumpang hingga belasan jam, memiliki waktu tidur dan istirahat yang sedikit, dan lain-lain.

Setiap tahunnya, pramugari dievaluasi agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Umumnya, pramugari tidak boleh terlalu gemuk agar mereka dapat melewati lorong kabin, pintu pesawat, maupun pintu darurat dengan gesit.

3. Dibekali Pelatihan Medis dan Keamanan

dianisekaring pramugari
Pramugari Lufthansa Airlines melakukan latihan pemadaman kebakaran di kabin pesawat. Sumber

Menurut Trelawny Bundridge, Flight Attendant and Training Facilitator Delta Airlines (dikutip dari wawancara Business Insider), salah satu kondisi gawat darurat yang sering terjadi di kabin pesawat adalah soal kesehatan. Pramugari dibekali pelatihan mengenai CPR, penanganan luka terbuka dan luka bakar, bahkan mereka juga terlatih untuk membantu kelahiran darurat di kabin pesawat.

Umumnya mereka akan bertanya, apakah ada penumpang yang berprofesi sebagai dokter agar dapat membantu penanganan kondisi gawat darurat tersebut. Oleh karena itu, apabila kamu adalah seorang dokter, cantumkan gelarmu pada saat pemesanan tiket pesawat.

Selain pelatihan medis, awak kabin juga dibekali pelatihan keamanan. Mereka terlatih untuk menghadapi pembajakan pesawat (hijacking), sabotase (sabotage), perbuatan melawan hukum (unlawful interference), hingga penumpang yang menolak mengikuti aturan dan mengganggu penumpang lainnya (unruly passengers).

“We are safety professionals. What can happen on the ground, can happen in the air,” terang Trelawny. Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, awak kabin harus dapat menyeimbangkan antara aspek pelayanan penumpang dengan aspek situasi darurat.

Baca juga: Bagaimana Proses Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara Dilakukan?

4. Setiap Maskapai Memiliki Standar Untuk Penampilan Pramugari

dianisekaring pramugari
Pramugari batik Air. Photo by Abby AR on Unsplash

Terkait dengan image yang ingin ditampilkan perusahaan, setiap maskapai memiliki standar tersendiri mengenai seragam, make-up, gaya rambut, warna lipstik dan cat kuku, warna stoking, hingga sepatu awak kabin mereka.

Sebagai contoh, pramugari maskapai Batik Air menggunakan kebaya dan rok batik dengan corak khas, dengan rambut yang digelung ke atas. Pramugari maskapai Emirates menggunakan setelan berwarna cokelat, topi merah dan scarf yang menjuntai ke leher.

Selain modis dan stylish, tentu aturan berpakaian ini tidak boleh menyulitkan pramugari untuk menjalankan tugasnya di kabin pesawat.

5. Jam Kerja Mereka Panjang dan Melelahkan

dianisekaring pramugari
Pramugari Qatar Airways. Sumber

Pramugari adalah profesi yang membutuhkan ketahanan fisik yang prima. Mereka terkadang harus sudah bersiap pada malam atau dini hari, di saat orang lain masih tertidur. Mereka dapat terbang hingga ke beberapa destinasi setiap harinya, yang tentu harus dalam kondisi prima.

Di dalam kabin, sebagian besar waktu pramugari dihabiskan dengan berdiri untuk melakukan pelayanan penumpang. Sebagai contoh, untuk penerbangan panjang selama 16 jam, mereka harus berdiri selama 11 jam. Duh, pegelnya kayak apa itu ya, belum lagi harus tetap tersenyum manis ketika mendapat perlakuan yang tidak enak dari penumpang. Definetely this job is not for me πŸ˜€

Pramugari wajib mengikuti pelatihan customer service yang akan mengajarkan mereka bagaimana menyapa penumpang, berjalan, menyiapkan tray makanan, menyajikan makanan kepada penumpang, pelayanan di kelas 1, dan lain-lain.

Setelah 12-18 bulan melayani kelas ekonomi, pramugari dapat dipromosikan untuk melayani kelas bisnis dan kelas 1, tergantung peraturan dari maskapai. Setelah itu, mereka dapat dipromosikan menjadi cabin supervisor, dan selanjutnya purser, yaitu orang yang bertanggungjawab untuk mengatur awak kabin di seluruh kelas (ekonomi, bisnis, kelas 1). Purser juga lah yang memiliki kewenangan untuk berkomunikasi langsung dengan pilot.

Banyak yang orang tidak tahu, bahwa mereka dibayar hanya ketika mereka sudah berada di dalam kabin pesawat.

The clock starts once the cabin doors are closed and ends as soon as they’re opened. 

Hitungan jam kerja mereka dimulai setelah pintu kabin pesawat tertutup dengan sempurna, hingga terbuka saat sudah sampai di tujuan. Jadi, apabila penerbangan delay, mereka tidak akan dibayar untuk menunggu. Sama saja seperti kita πŸ˜€

Kalau penerbangannya delay, jangan ngomel-ngomel ke pramugarinya ya. Kasihan, mereka tentu sama jengkel dan lelahnya dengan kita, namun harus tetap bekerja.

Profesi Ini Tidak Sesederhana yang Dikira

Ternyata, profesi pramugari tidak sesederhana yang dikira. Dengan mengetahui tugas dan tanggungjawab pramugari, semoga kita selaku penumpang dapat lebih menghargai profesi mereka.

Terkadang saya ikut sedih apabila mengetahui pramugari mendapatkan tindakan semena-mena dari penumpang, seperti ditampar, dimaki-maki, bahkan hingga pelecehan seksual. Sudah seharusnya penumpang belajar untuk lebih sabar dan menghormati pramugari yang sedang bertugas.

Semoga bisa segera terbang lagi, untuk bisa melihat senyum manis mbak-mbak pramugari.

Referensi:

  1. Business Insider. 2020. How Flight Attendants Are Trained. Link
  2. Business Insider. 2020. What It Takes To Be A First Class Flight Attendants in Emirates. Link
  3. Cosmopolitan. 2020. 22 Flight Attendant Things I Wish I Knew. Link
  4. Travel+Leisure. 2019. A behind-the-scenes Look at How Flight Attendants Are Trained For The Job. Link
Share it: