DIANISEKARING SCIENTIA SQUARE PARK-

Wisata Ramah Anak di Scientia Square Park Tangerang – Sudah setahun lebih pandemi COVID ini berjalan. Sudah setahun ini pula keluarga kami absen jalan-jalan. Pernah sih, 2x ke Bogor tapi cuma di dalam mobil saja, nggak keluar sama sekali. Pun anak-anak mulai terbiasa dengan ‘wisata dalam mobil’ demi menghindari kerumunan atau bertemu dengan orang lain.

Tapi, yah kangen juga ya menghirup udara segar di luar rumah. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kami memutuskan untuk berwisata ke Scientia Square Park yang ada di Tangerang, Banten.

Ragam Aktivitas Dalam Satu Tempat

Scientia Square Park adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang berada di dalam kawasan Summarecon Serpong, Tangerang, Banten. Di dalamnya, terdapat berbagai aktivitas yang dapat dilakukan, seperti horse riding, rabbit farm, koi feeding, petopia (taman untuk hewan peliharaan), turtle island, Teepee Barn, paddy field, dan lain-lain.

Kami tiba di Scientia Square Park pada hari Sabtu sekitar jam 08.00 pagi. Suasana masih sepi, tidak banyak orang yang berada di dalam area. Insya Allah aman buat anak-anak, karena outdoor juga. Harga tiketnya untuk weekend Rp 95 ribu perorang, cukup mahal ya untuk ukuran “taman rekreasi”. Jika datang saat weekdays cukup bayar Rp 45 ribu saja.

dianisekaring scientia square park
numpang foto dulu di lokasi yang lumayan viral di Instagram πŸ˜€

Begitu memasuki area dalam Scientia Square Park, kita akan disuguhi pemandangan secuil sawah (paddy field) lengkap dengan kerbau-nya. Jarang-jarang ya ada kerbau di tengah kota πŸ˜€ Boleh juga lho kalau mau naik kerbau dan berfoto bersama. Sayang anak saya ketakutan dan langsung ngibrit, jadi nggak ada fotonya.

Tak jauh dari paddy field, terdapat Turtle Island. Di area ini, pengunjung bisa melihat kura-kura besar seperti di foto berikut.

dianisekaring scientia square park
Kura-kura besar

Sepertinya sih boleh disentuh ya (nggak ada larangannya), cuma kok saya takut digigit. Apalagi kura-kuranya besar banget gitu, dan tidak ada petugas yang berjaga di area tersebut.

Scientia Square Park memiliki cukup banyak area interaksi dengan hewan, seperti burung, ayam, ikan koi, kelinci, hingga anjing. Dijamin anak-anak bakal senang dan terhibur, apalagi hewannya unik-unik. Contohnya, ayam di bawah ini. Belum pernah kan liat ayam yang rambutnya metal kayak gini? πŸ˜€

dianisekaring scientia square park
Ayam metal
dianisekaring scientia square park
Feeding the rabbit
dianisekaring scientia square park
Terdapat bukit-bukit Teletubbies untuk tempat tinggal kelinci

Memberi Makan Hewan di TeePee Barn

dianisekaring scientia square park

Tujuan utama kami datang ke tempat ini adalah ingin berkunjung ke Teepee Barn-nya, agar bisa memberi makan alpaca. Lucu dan jinak sekali mereka. Apalagi, pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan hewan dengan membeli seikat wortel seharga Rp 10.000. Wah, anak saya langsung semangat. In the end, kita sampai habis 3 ikat wortel πŸ˜€

dianisekaring scientia square park
Bentuknya seperti unta tapi lebih cute
dianisekaring scientia square park
Santai dulu sejenak

Tidak hanya alpaca, di sini juga terdapat sapi Australia (yang bentuknya gahar), domba, dan kuda poni. Gemes-gemes banget! Apalagi rambut sapinya dikepang seperti ini πŸ˜€ Mereka terlihat sangat antusias untuk memakan wortel dari pengunjung.

dianisekaring scientia square park
Sapi Australia

Satu hal yang membuat saya kurang sreg, area TeePee Barn ini berada persis di samping jalan raya sehingga cukup bising. Semoga saja sih, hewan-hewan yang tinggal di sini nggak stres ya.

Kesan-Kesan Berkunjung ke Scientia Square Park

dianisekaring scientia square park

Menurut saya sih kunjungan ke Scientia Square Park ini B aja alias kurang spesial, hehe. Kenapaa? Karena tiketnya mahal, sementara fasilitas tidak terlalu banyak dan banyak area yang kurang terawat. Jujur sih dengan harga tiket segitu saya expect lebih, minimal jangan sampai kurang terawat lah. Booth makanan dan minuman juga sangat terbatas. Waktu kami di sana, cuma ada 1 booth yang jual minuman dingin dan snack.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Tangsel Paling Mantap

Tapi kalau cari tempat yang sepi, outdoor, dan ramah anak sih saya cukup menyarankan Scientia Square Park ini. Buat yang anak-anaknya hobi main balance bike, wajib banget buat dibawa karena tempatnya sangat mendukung. Dan lagi, kita bisa bebas keluar masuk area tanpa dipungut biaya lagi selama satu hari penuh. Dan yang paling penting, anak-anak happy. Udah, itu aja sih.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya. Jaga jarak dengan pengunjung lain, tetap memakai masker, serta usahakan sering mencuci tangan (banyak tersedia di dalam lokasi). Selain itu, usahakan untuk selalu mendisinfeksi barang-barang yang akan/ telah kita pegang. Duh, kayaknya kami habis satu botol hand sanitizer sendiri saat berkunjung kemarin πŸ˜€

dianisekaring scientia square park

Sekian cerita tentang piknik keluarga kami ke Scientia Square Park. Kamu sudah pernah berkunjung, atau berencana akan ke sini? Yuk, share ceritamu di comment.

Scientia Square Park

Jl. Scientia Boulevard Curug Sangereng Kelapa Dua Tangerang Banten 15810
Telp: +6221 2917 1222
Opening hours:
Weekdays 08.00 – 19.00
Weekend & Public Holiday 07.00 – 19.00

Website: https://www.scientiasquarepark.com

Share it: