dianisekaring terbang dengan mesin mati

Bisakah Pesawat Tetap Terbang Jika Mesin Mati? Pada tanggal 20 Februari 2021, pesawat Boeing 777-200 United Airlines Flight 328 jurusan Denver – Honolulu mengalami kegagalan mesin (engine failure) sehingga menyebabkan pesawat tersebut harus kembali ke bandara asal. Mesin sebelah kanan pesawat meledak dan terbakar saat terbang sehingga tidak dapat berfungsi.

dianisekaring kerusakan mesin pesawat
Mesin pesawat United Airlines Fligt 328 terbakar. Sumber

Pesawat berbadan lebar (wide body) dengan mesin ganda (twin engine) ini membawa 231 penumpang dan 10 awak kabin. Pesawat lepas landas pada pukul 13.00 waktu setempat dan melakukan pendaratan darurat di Denver International Airport pada pukul 13.30. Warga setempat melaporkan adanya puing-puing (debris) mesin pesawat yang berjatuhan di area perumahan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden dimaksud.

Dikutip dari BBC.com, penumpang pesawat melaporkan adanya ‘ledakan besar’ segera setelah pesawat lepas landas. Tak lama setelahnya, pesawat berguncang hebat dan kehilangan ketinggian. Beberapa penumpang bahkan menyatakan bahwa mereka segera memegang identitas diri agar mudah diidentifikasi apabila mereka meninggal nantinya.

Duh, nggak kebayang ya bagaimana rasanya jadi penumpang pesawat tersebut. Kalau saya pasti sudah auto panik dan nangis-nangis, soalnya mirip banget sama scene di film Final Destinations.

Baca juga: Bagaimana Proses Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara Dilakukan?

ETOPS: Seberapa Lama Pesawat Dapat Terbang Jika Satu Mesin Mati

Dianisekaring united airlines engine failure
United Airlines Flight 328 terbang dengan satu mesin terbakar. Sumber

Walaupun kerusakan mesin pesawat termasuk kejadian langka, namun hal ini tetap patut untuk diwaspadai. Namun, yang dapat membuat kita sedikit lega adalah sebuah fakta menarik: pesawat terbang dengan mesin ganda dirancang untuk dapat tetap terbang dengan 1 mesin. Hal tersebut berarti, pesawat bisa tetap terbang walaupun 1 mesinnya mengalami kerusakan.

Sebelum pesawat mesin ganda diizinkan untuk terbang melintasi samudera atau daerah terpencil, pesawat harus mendapatkan sertifikasi ETOPS (Extended-range Twin-engine Operation Performance Standards) dari regulator setempat. Apa maksudnya?

It is a certification that permits twin-engine aircraft to fly routes, which may be an hour or more flying time from the closest airport where the plane can land safely.

Mark Finlay – Simple Flying

ETOPS adalah sebuah sertifikasi yang mengizinkan pesawat mesin ganda untuk terbang melintasi rute yang jaraknya lebih dari 1 jam ke bandara terdekat dimana pesawat dapat mendarat dengan aman. Tujuannya, agar pesawat dapat mendarat dengan aman jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat penerbangan.

ETOPS bervariasi mulai dari 60, 120, 180, hingga lebih dari itu. Boeing selaku perusahaan manufaktur pesawat mengklaim bahwa Boeing 777-200 yang digunakan oleh United Airlines memiliki ETOPS 330. Hal ini berarti, pesawat ini dapat terbang selama 330 menit (5 jam 30 menit) dengan satu mesin saja.

Baca juga:  30 Istilah Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

Sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan

Walaupun perusahaan manufaktur pesawat telah merancang seberapa jauh pesawat dapat terbang dengan 1 mesin, untuk dapat beroperasi, pesawat membutuhkan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU).

Dalam websitenya, disebutkan bahwa masa berlaku ETOPS adalah sepanjang pesawat masih dioperasikan, dan dievaluasi setiap 2 tahun untuk menentukan kelaikan pesawat udara untuk terbang (airworthiness).

Bagaimana Jika Seluruh Mesin Pesawat Mati?

Dikutip dari The Sun, beberapa pilot menyatakan bahwa selama penerbangan, mereka mungkin mematikan mesin pesawat tanpa disadari oleh penumpang.

“It’s not the least bit uncommon for jets to descend at what a pilot calls ‘flight idle,’ with the engines run back to a zero-thrust condition. They’re still operating and powering crucial systems, but providing no push. You’ve been gliding many times without knowing it. It happens on just about every flight.”

Patrick Smith, Aviation Expert

Keadaan ini dinamakan “flight idle” dimana mesin pesawat beroperasi tanpa gaya dorong. Mereka tetap beroperasi, namun tidak memberikan gaya dorong.

Dalam kondisi darurat tertentu, pilot akan melakukan “gliding” atau menerbangkan pesawat tanpa mesin hingga mencapai ketinggian yang aman. Jadi, apabila kedua mesin rusak secara tiba-tiba, pesawat tidak serta merta jatuh dari angkasa.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Duduk di Kursi Dekat Pintu Darurat Pesawat

Baca juga:  Terbang ke Jogja, Jangan Salah Kode Bandara JOG/YIA

Miracle on the Hudson, Capt. “SullySullenberger

dianisekaring sully
Film “Sully” yang menceritakan tentang pendaratan darurat di Sungai Hudson. Sumber

Sebagai contoh, pada tahun 2009, pesawat Airbus A320 US Airways Flight 1549 yang dikomandoi oleh Capt. Chesley Burnett “Sully” Sullenberger mendarat di Sungai Hudson, Manhattan. Pesawat tersebut mengalami kerusakan mesin ganda akibat tabrakan dengan burung (bird strike) di ketinggian 2,800 kaki. Pesawat melakukan “gliding” dan berhasil mendarat secara darurat di sungai, menyelamatkan seluruh penumpang serta awak kabin.

Kisah heroik ini kemudian menginspirasi pembuatan film “Sully” pada tahun 2016. Salah satu film favorit saya yang dibintangi oleh Tom Hanks, wajib tonton πŸ˜€

Demikian penjelasan singkat tentang apa yang terjadi apabila mesin pesawat mati di tengah penerbangan. Semoga, kita tidak pernah mengalami keadaan darurat penerbangan, ya! Jangan khawatir, moda transportasi udara tetap yang paling aman kok dibandingan moda transportasi lainnya.

Have a safe flight!

Referensi:

  1. BBC News. 2021. Dozens Grounded After Denver Accident. Sumber
  2. CNBC. 2021. United Airlines Suffers Engine Failure After Takeoff from Denver, Debris but No Injuries. Sumber
  3. Simple Flying (Mark Finlay). 2020. How Far Can A Modern Twin Jet Fly on One Engine. Sumber
  4. Sun, The. 2017. Pilots Reveal Why You Don’t Need to Worry if Engine Cut Out Mid Flight. Sumber
  5. Kementerian Perhubungan. 2017. Extended Operation Range with Two Engine Aircraft. Sumber

Share it: