jangan terima bagasi tak dikenal dianisekaring

Pada suatu hari, saat mengantre di check in counter maskapai X, tiba-tiba kamu disapa oleh pasangan kakek-nenek yang meminta tolong sesuatu. “Mas/ Mbak, maaf.. bagasi saya kelebihan, apakah saya boleh menitipkan sepasang sepatu ini ke bagasi sampeyan? Ini sepatu titipan anak saya,” ujar si nenek dengan tergopoh-gopoh.

Sebenarnya, kamu iba melihat kakek-nenek renta tersebut dan ingin menolong. Sekilas, memang tidak terlihat berbahaya (“Kakek-nenek doang memangnya mereka mau ngapain sih?”). Namun, tahukah kamu kalau penumpang pesawat dilarang untuk menerima titipan bagasi dari orang tidak dikenal?

Baca Juga: 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Penumpang Pesawat

Bahaya Keamanan Mengintai

Ada yang suka menonton acara semi-dokumenter di National Geographic berjudul “Locked Up Abroad” atau “Airport Security”? Kedua acara tersebut mengisahkan orang-orang yang tertangkap di Security Check Point/ pemeriksaan keamanan penerbangan karena membawa benda-benda terlarang. Umumnya mereka dipenjara selama bertahun-tahun karena kedapatan membawa narkoba tidak bisa kembali ke negara asal.

Baca juga:  9 Tipe Penumpang Pesawat yang Menyebalkan

Beberapa diantara mereka bahkan mengaku tidak tahu bahwa ada barang terlarang di barang bawaan. “Saya tidak tahu, saya hanya dititipkan,” ujarnya. Barang yang berada di bagasi penumpang menjadi tanggungjawab penumpang tersebut, terlepas siapa yang menitipkan atau dititipkan. Dengan demikian, apabila terdapat barang ilegal dalam bagasi penumpang, maka penumpang tersebutlah yang harus menanggung konsekuensinya.

titipan bagasi tak dikenal dianisekaring
Narkoba yang diselundupkan ke dalam sepatu high heels. Sumber

Bukan hal baru barang ilegal seperti narkoba diselundupkan dengan cara-cara yang tidak lazim, seperti dimasukkan ke dalam lapisan tas, sepatu, kosmetik, ke dalam tubuh melalui kapsul, bahkan seperti video yang viral di Twitter beberapa waktu belakangan ini, dimasukkan ke sayur tahu πŸ˜€

Amit-amit kan kalau perjalananmu tiba-tiba dinodai tragedi tertangkap aparat karena kedapatan membawa barang terlarang. Iya kalau barang terlarangnya narkoba yang tidak bisa meledak, kalau bom, gimana? Apa iya kamu siap dituduh sebagai teroris?

Baca juga:  Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat, Ini Alasannya

Baca juga: Mengenal Petugas Avsec, Garda Terdepan Keamanan Penerbangan

Selalu Jaga Barang Bawaanmu

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 80 tahun 2017 tentang Keamanan Penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI melalui kanal media sosialnya senantiasa mengingatkan calon penumpang untuk menjaga keamanan barang bawaan/ bagasi dengan 3 cara, yaitu:

1.Jangan menerima titipan bagasi apapun dari orang yang tidak dikenal.

2. Pastikan bagasi kabin dan bagasi tercatat yang diangkut dalam pesawat merupakan milik sendiri.

3. Penumpang wajib menjaga barang bawaan masing-masing.

Untuk poin nomor 3, jangan sampai barang bawaan/ bagasimu lengah dari pantauan ya! Misalkan mau ke toilet, titipkan ke petugas jaga atau letakkan di tempat khusus penyimpanan bagasi.

Kamu juga harus dengan tegas menolak permintaan orang yang hendak menitipkan bagasi, siapapun itu. Duh, kalau saya yah yang orangnya mager-an ini, jangankan bagasi orang lain, bagasi sendiri aja terkadang saya malas bawa, hehehe.

Baca juga:  5 Fakta Penting Tentang Masker Oksigen Pesawat

Intinya, jangan lengah dan senantiasa waspada saat berada di bandara, ya dan selalu patuhi peraturan yang berlaku.

Have a nice flight!

Share it: