nasi goreng dendeng lemak tiarbah dianisekaring

Linimasa Twitter Indonesia beberapa bulan belakangan ini diramaikan oleh sebuah sajian bernama “nasi goreng dendeng lemak”. Ini adalah sebuah makanan yang dipopulerkan oleh Chef Tiarbah yang terkenal di Twitter dan Instagram karena kontennya seputar #masakdarurat.

@MasakDarurat adalah akun yang berisi konten masak-memasak yang dibuat oleh Chef Tiarbah dengan mengandalkan bahan-bahan dan alat masak seadanya (misal: panci serbaguna, rice cooker, teflon), cocok untuk anak kos dan perantau. Akun ini memiliki lebih dari 180 ribu followers di Instagram dan 150 ribu followers di Twitter. Menu yang sangat populer dan di-recook oleh ratusan netizen diantaranya adalah pie susu teflon, ayam Shihlin, dan masih banyak lagi.

Bermula Dari Hotel Bintang 5

Chef Tiarbah adalah seorang chef yang bekerja di salah satu hotel bintang 5 di Belitung. Pada mulanya, pria asal Bandung yang bernama Bahtiar Pebri Dwiyana ini hanya iseng membuat nasi goreng karena tukang langganan nasi gorengnya tidak berjualan.

Baca Juga: Mencoba Kuliner Hits Jakarta Rekomendasi Dari Halte ke Halte

Kemudian, ia mencoba untuk mengkombinasikan nasi goreng dengan lemak sapi yang dibumbui rempah kemudian dikeringkan. Nasi goreng tersebut ia tawarkan ke rekan-rekannya dan ternyata laku keras, bahkan tembus hingga 150 porsi per hari.

Baca juga:  Singgah di Rest Area Bekas Pabrik Gula Zaman Belanda
Nasi goreng dendeng lemak tiarbah dianisekaring
Nasi Goreng Dendeng Lemak

Oleh karena sering diunggah oleh Chef Tiarbah ke Twitter dan Instagram, makanan yang dinamakan “Nasi Goreng Dendeng Lemak/ Nasgor Tiarbah” tersebut akhirnya menjadi viral dan saat ini telah memiliki 25 mitra di seluruh Indonesia.

Disajikan Tanpa Kecap

Seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng dendeng lemak Tiarbah terbuat dari nasi, bawang merah, bawang putih, merica, cabai merah, daun bawang, garam, gula, dan telur. Nasi goreng ini memiliki citarasa yang gurih karena tidak dibumbui kecap manis.

nasi goreng dendeng lemak tiarbah dianisekaring
Nasi goreng dendeng lemak yang menggugah selera

Yang membuat nasi goreng ini menjadi spesial adalah kombinasi antara dendeng lemak yang yummy dan serasa lumer di mulut. Agar memberikan citarasa yang khas, dendeng lemak ini diolah terlebih dahulu dengan lengkuas, ketumbar, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Kemudian, dendeng lemak tersebut dikeringkan hingga berwarna bening dan siap diolah.

Rasanya Gimana?

Sekilas, porsi yang disajikan terlihat cukup banyak. Nasi goreng ini disajikan seperti nasi goreng “abang-abang” pada umumnya, dengan kemasan dan tampilan seadanya. Dalam kemasannya juga diberikan petunjuk penyajian, yaitu dioseng di wajan panas tanpa minyak sebelum disajikan.

Baca juga:  Fascinating Gunung Kidul

Sesuap mencoba, rasanya gurih dan pedas. Perpaduan dendeng lemak yang lembut dan nasi goreng yang nikmat seperti sedang party di mulut saya. Mungkin ini adalah nasi goreng terenak yang pernah saya makan. Rasa yang cukup menonjol di nasi goreng ini adalah lada, garam, dan ketumbar, juga ginuk-ginuk koyor sapi yang menari-nari di mulut saya.

Meskipun nasi goreng ini enak sekali, tapi saya benar-benar merasa berdosa setiap kali selesai memakannya. Bayang-bayang kolesterol dan lemak sapi yang mengendap di tubuh saya bikin parno sendiri. Hehehe. Tak terasa, 1 porsi habis saya makan. Padahal tadi sepertinya porsinya banyak sekali. Mungkin saya terlena oleh kenikmatan nasi goreng dendeng lemak yang fenomenal ini. Very recommended, dan saya pasti akan beli lagi.

Cara Pemesanan

Banyak netizen yang bingung, bagaimana cara mencicipi hidangan lezat ini? Sebagai informasi, nasi goreng ini hanya dijual dengan sistem preorder dengan kuota yang ditentukan setiap harinya. Oleh karena itu jangan heran, di beberapa cabang antreannya bisa sampai 3 minggu hingga 1 bulan. Ada juga yang sampai preorder dari Bandung untuk disantap di Jakarta.

Baca Juga: (Part 2) Mencoba Kuliner Hits Jakarta Rekomendasi Dari Halte ke Halte

Baca juga:  Staycation Nyaman di Four Seasons Hotel Jakarta

Cara memesan nasgor Tiarbah adalah melalui mitra yang terdekat dari tempat tinggal kamu. Caranya, buka Twitter lalu ketikkan di kolom search “nasgortiarbah”. Nanti akan terlihat akun-akun mitra di masing-masing kota. Atau untuk lebih jelasnya, bisa disimak thread di bawah ini.

Umumnya, nasgor Tiarbah dijual dengan menggunakan jasa titip (jastip). Jadi, tinggal duduk anteng dan menunggu nasi gorengnya sampai ke rumah. Oh ya, nasi goreng ini sudah banyak tiruannya lho. Jadi, jika ingin mencoba, pastikan kamu membeli di mitra yang terdaftar ya. Seporsi nasi goreng dendeng lemak dapat dibeli seharga Rp 25.000 saja.

Ngomong-ngomong soal nasi goreng, nasi goreng favoritmu yang style-nya seperti apa nih? Kalau saya, nasi goreng kampung tanpa kecap, dengan bawang dan cabai yang banyak, dilengkapi dengan telur ceplok panas. Rasanya lebih nikmat daripada nasi goreng di hotel mahal 😀

Referensi:

  1. Detik Food: Chef Tiarbah Cerita Soal Nasi Goreng Dendeng Lemak yang Viral di Twitter link
  2. Tribun Travel: Nasi Goreng Dendeng Lemak ala Chef Tiarbah Banjir Orderan, Apa Rahasianya? link
Share it: