Ketika naik ke pesawat, setelah menaruh bagasi kabin dan menggunakan sabuk pengaman, apa yang kamu lakukan? Jika kamu menjawab tidur, maka kamu termasuk golongan ‘pelor’ alias nempel molor. Mungkin, karena kelelahan dan mengantuk saat harus mengejar penerbangan pertama, atau lelah bermacet-macetan sepanjang perjalanan ke bandara. Apapun alasannya, sebaiknya kamu tidak tidur ketika pesawat lepas landas dan mendarat. Ini alasannya.

Kerusakan Gendang Telinga

Umumnya, pesawat terbang komersial terbang di ketinggian jelajah sekitar 35.000 kaki. Saat pesawat lepas landas dan mendarat, terjadi perubahan tekanan udara dengan sangat cepat (sumber). Keadaan tersebut membuat telinga terasa ‘budeg’ dan kurang nyaman.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh melakukan penyesuaian tekanan udara melalui telinga, yang hanya dapat dilakukan apabila kamu dalam kondisi terjaga. Apabila kamu dalam kondisi tidur, maka tubuh tidak dapat melakukan mekanisme tersebut dan berpotensi menyebabkan kerusakan gendang telinga secara permanen.

Baca juga:  6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas
Sakit pada telinga saat di pesawat. Woman photo created by freepik – www.freepik.com

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada telinga pada saat lepas landas dan mendarat adalah menguap, menelan ludah, minum air putih, atau memakan permen.

Ngomong-ngomong soal makan permen, saya mau cerita sedikit. Jadi, waktu saya kecil dan naik pesawat bersama ibu saya, saya ditawari permen oleh awak kabin. Ya namanya anak kecil ditawarin permen pasti senang lah. Segera saya ambil dan saya makan.

Saat pesawat lepas landas, tiba-tiba saya tersedak permen dan tidak bisa bernapas. Megap-megap. Ibu saya panik. Untung ada penumpang yang merupakan dokter, dan segera memukul tengkuk saya. Hoeeekk.. keluarlah permen laknat tersebut.

Jadi ternyata, ketika pesawat lepas landas, seluruh benda yang berada di pesawat turut bergeser akibat hukum fisika, termasuk permen yang berada di dalam mulut saya. Semenjak saat itu, saya tidak pernah mau makan permen lagi sebelum pesawat lepas landas.

Baca juga:  30 Istilah Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

Melewatkan Safety Demo Saat Lepas Landas

Baik diperagakan oleh awak kabin maupun lewat video, safety demo mengandung banyak sekali informasi penting yang kamu butuhkan apabila sewaktu-waktu pesawat mengalami keadaan darurat penerbangan.

Baca Juga: Ketahui Arti Kalimat yang Sering Diucapkan Pilot di Pesawat

Contohnya adalah lokasi pintu darurat terdekat, cara menggunakan dan mengembangkan pelampung, cara mengoperasikan pintu dan jendela darurat, cara menggunakan masker oksigen, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di tulisan saya yang berjudul Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat.

Coba bayangkan jika tiba-tiba pesawatmu harus melakukan pendaratan darurat di atas air, dan kamu baru bangun tidur, bingung apa yang harus kamu lakukan. Kamu mengambil pelampung kemudian mengembangkannya di kursi pesawat (ini salah).

Yang terjadi adalah, kamu bisa menghambat proses evakuasi dan menyebabkan orang lain kehilangan nyawa. So please luangkan waktu untuk memerhatikan safety demo dan membaca kartu petunjuk keselamatan.

Baca juga:  Terbang ke Jogja, Jangan Salah Kode Bandara JOG/YIA

Travelers, semoga setelah membaca ini kamu nggak lagi-lagi tidur pada saat pesawat lepas landas dan mendarat ya. Jika kamu mau tidur, lebih aman dilakukan setelah pesawat selesai lepas landas hingga saat pesawat hendak mendarat.

Have a nice flight!

Share it: