Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat, Ini Alasannya

Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat, Ini Alasannya

Ketika naik ke pesawat, setelah menaruh bagasi kabin dan menggunakan sabuk pengaman, apa yang kamu lakukan? Jika kamu menjawab tidur, maka kamu termasuk golongan ‘pelor’ alias nempel molor. Mungkin, karena kelelahan dan mengantuk saat harus mengejar penerbangan pertama, atau lelah bermacet-macetan sepanjang perjalanan ke bandara. Apapun alasannya, sebaiknya kamu tidak tidur ketika pesawat lepas landas dan mendarat. Ini alasannya.

Kerusakan Gendang Telinga

Umumnya, pesawat terbang komersial terbang di ketinggian jelajah sekitar 35.000 kaki. Saat pesawat lepas landas dan mendarat, terjadi perubahan tekanan udara dengan sangat cepat (sumber). Keadaan tersebut membuat telinga terasa ‘budeg’ dan kurang nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh melakukan penyesuaian tekanan udara melalui telinga, yang hanya dapat dilakukan apabila kamu dalam kondisi terjaga. Apabila kamu dalam kondisi tidur, maka tubuh tidak dapat melakukan mekanisme tersebut dan berpotensi menyebabkan kerusakan gendang telinga secara permanen.

Baca juga:  Tips Mudik Nyaman Naik Pesawat Udara
Sakit pada telinga saat di pesawat. Woman photo created by freepik – www.freepik.com

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada telinga pada saat lepas landas dan mendarat adalah menguap, menelan ludah, minum air putih, atau memakan permen.

Ngomong-ngomong soal makan permen, saya mau cerita sedikit. Jadi, waktu saya kecil dan naik pesawat bersama ibu saya, saya ditawari permen oleh awak kabin. Ya namanya anak kecil ditawarin permen pasti senang lah. Segera saya ambil dan saya makan.

Saat pesawat lepas landas, tiba-tiba saya tersedak permen dan tidak bisa bernapas. Megap-megap. Ibu saya panik. Untung ada penumpang yang merupakan dokter, dan segera memukul tengkuk saya. Hoeeekk.. keluarlah permen laknat tersebut.

Jadi ternyata, ketika pesawat lepas landas, seluruh benda yang berada di pesawat turut bergeser akibat hukum fisika, termasuk permen yang berada di dalam mulut saya. Semenjak saat itu, saya tidak pernah mau makan permen lagi sebelum pesawat lepas landas.

Baca juga:  12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Penumpang Pesawat

Melewatkan Safety Demo Saat Lepas Landas

Baik diperagakan oleh awak kabin maupun lewat video, safety demo mengandung banyak sekali informasi penting yang kamu butuhkan apabila sewaktu-waktu pesawat mengalami keadaan darurat penerbangan.

Contohnya adalah lokasi pintu darurat terdekat, cara menggunakan dan mengembangkan pelampung, cara mengoperasikan pintu dan jendela darurat, cara menggunakan masker oksigen, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di tulisan saya yang berjudul Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat.

Coba bayangkan jika tiba-tiba pesawatmu harus melakukan pendaratan darurat di atas air, dan kamu baru bangun tidur, bingung apa yang harus kamu lakukan. Kamu mengambil pelampung kemudian mengembangkannya di kursi pesawat (ini salah).

Yang terjadi adalah, kamu bisa menghambat proses evakuasi dan menyebabkan orang lain kehilangan nyawa. So please luangkan waktu untuk memerhatikan safety demo dan membaca kartu petunjuk keselamatan.

Baca juga:  Pentingnya Memerhatikan Prosedur Keselamatan dalam Penerbangan

Travelers, semoga setelah membaca ini kamu nggak lagi-lagi tidur pada saat pesawat lepas landas dan mendarat ya. Jika kamu mau tidur, lebih aman dilakukan setelah pesawat selesai lepas landas hingga saat pesawat hendak mendarat.

Have a nice flight!

Share it:

This Post Has 21 Comments

  1. Imawati Annisa

    Ternyata ada alasannya ya mba. Dulu sebelum punya anak aku suka langsung tidur begitu duduk di kursi penumpang, sampe landing. Wkwk.

  2. Hastira

    makasih infonya

  3. diazbela

    Dulu waktu aku masih LDR malah menjadikan momen naik pesawat itu sebagai “jam istirahta” alias di pesawat harus tidur! Hehehe, salah ya berarti :p

      1. ivacwicha

        Ooh begitu ya mba, tpi klo ad penumpang yg masih tertidur saat landing ato take off knpa ga dibangunin pramugarinya ya mba?

        1. Banyak hal yang harus dilakukan awak kabin pada saat hendak lepas landas dan mendarat, jadi kalo personally bangunin kayaknya ga mungkin. Kecuali misalkan orang tersebut tidak melakukan hal-hal seperti menegakkan sandaran kursi, melipat meja, membuka penutup jendela dll pasti bakal langsung dibangunin dan diperintah oleh mereka.

  4. Leila

    Aku pernah, Mbak, pelor gitu…. Perasaan sih agak lumayan lama, tapi bangun-bangun pesawatnya bahkan belum bergerak :D, jadi sempat bingung ini udah landing atau gimana.

    1. Hehe aku juga pernah seperti itu waktu benar-benar kecapekan. Cuma setelah paham, aku usahakan tidak tidur sampai pesawat selesai lepas landas, dan bangun saat pesawat hendak mendarat.

    2. Meilia Wuryantati

      Ma kasih mba aku jadi tahu nih.. kalau aku sendiri jangankan tidur, aku tuh sampai sekarang kalau pesawat landas ataupun landing aku selalu merem dan tutup telinga saling takutnya. Walaupun dah beberapa kali naik tetep aja takut heheheheh

      1. Hihi aku juga dulu takut Mba, apalagi kalau mau takeoff waduh paniknya bukan main. Tapi lama-lama jadi biasa 🙂

  5. Aku pernah loh ini saking ngantuk dan emang kebetulan lama take off karena antri , aku udah tidur duluan sebelum pesawat lepas landas. Makasih ya mbak untuk sharingnya.

  6. Andiyani

    Aku malah gak berani tidur hahaha nunggu sampai take off dan seat belt aman dilepas baru deh biasa tidur

  7. Diah Alsa

    Noted nih Mbak.
    Tapi saya emang gak nyaman sih kalau harus tidur pas lepas landas, karena tekanan udara itu bikin telinga masih harus beradaptasi dulu. Kalau perjalanan panjang sih biasanya saya tidurnya kalau udah mulai stabil, heheh.

  8. Firda

    Loh, aku baru tahu nih mbak. Asik deh dapet ilmu lagi. Btw, cerita yg kesedak permen itu kok lucu ya mbak kalo diinget2 hihihi. Aku belum pernah naik pesawat dong, jadi baca hal-hal kek gini gak ada ruginya, buat antisipasi juga.

    1. Hehe iya mbak, itu lumayan bikin trauma, sampe sekarang aku ga berani makan permen di pesawat 😀

  9. Alfa Kurnia

    Wah, baru tahu soal ini, Mbak. Saya malah bisanya tidur setelah peragaan petunjuk keselamatan. Nggak tahu sih kebiasaan aja, apalagi kalau terbang sendirian. Ternyata nggak boleh yaaa.

Leave a Reply