Tips Agar Nyaman dalam Penerbangan Panjang

Tips Agar Nyaman dalam Penerbangan Panjang

Travelers, penerbangan panjang kadang bisa menjadi sangat melelahkan. Dimulai dari proses keberangkatan yang mungkin lebih lama daripada penerbangan pendek (misal: karena proses imigrasi untuk penerbangan internasional), lamanya durasi perjalanan, hingga kemungkinan menghadapi kejadian tidak diinginkan pada saat sampai di bandara tujuan (misal: bagasi tertinggal). Untuk mengantisipasi ketidaknyamanan tersebut, ada sejumlah trik yang dapat kamu lakukan.

Gunakan Pakaian yang Sesuai

Tidak ada yang lebih buruk daripada terperangkap dalam penerbangan panjang dengan pakaian yang saltum. Menyusahkan diri sendiri, mau bergerak susah, dan juga tidak nyaman.

Kunci dari nyaman berpakaian saat penerbangan panjang adalah layering. Maksudnya adalah, mengenakan pakaian secara berlapis. Contoh: layer 1 adalah T-shirt, kemudian di-layer dengan cardigan panjang beserta celana panjang, serta pashmina untuk menghalau udara dingin di kabin.

Dalam penerbangan apapun, usahakan untuk selalu menggunakan pakaian yang pas dan menutupi seluruh tubuh (seperti celana panjang dan baju lengan panjang) serta menggunakan sepatu nyaman yang tertutup (jangan gunakan sepatu hak tinggi!).

Alasannya, apabila terjadi keadaan darurat dalam penerbangan, pakaian tersebut dapat melindungi tubuhmu dari goresan benda tajam atau bahkan api. Umumnya penumpang yang menggunakan pakaian yang tepat akan dapat melewati proses evakuasi dengan lebih aman. Mau modis dengan mini dress bling-bling, crop top, hot pants, atau stiletto? Sebaiknya pikir ulang sebelum mengenakan hal-hal tersebut.

Baca juga:  Etika Saat Naik Pesawat

Pilih Posisi Kursi yang Nyaman

Posisi kursi yang tepat akan menentukan kenyamananmu sepanjang perjalanan. Sebelum memutuskan akan dudukdi kursi yang mana, tanyakan kepada dirimu sendiri: apakah kamu sering ke kamar kecil? Jika ya, maka kamu akan lebih nyaman untuk duduk di aisle (gang). Jika tidak, window seat akan lebih nyaman untukmu.

Jika memungkinkan, pilihlah kursi yang berada di dekat exit row (pintu/ jendela darurat pesawat), tidak lebih dari 5 baris (row) setelahnya. Penelitian dari pemerintah USA menyebutkan bahwa dalam kecelakaan pesawat, penumpang yang duduk lebih dari 5 baris dari exit row memiliki kesempatan selamat yang lebih rendah (sumber). Exit row pada pesawat umumnya ditandai dengan kursi berwarna berbeda, seperti pada gambar di atas (berwarna merah).

Hindari posisi kursi di dekat toilet. Dalam penerbangan panjang, penumpang akan bolak-balik pergi ke toilet dan mungkin akan mengganggu kenyamananmu.

Baca juga:  6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Minum Banyak Air Putih

Saat melakukan penerbangan, apalagi penerbangan panjang, tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi air putih dengan cukup. Satu hal penting: jangan mengandalkan air yang diberikan oleh awak kabin karena tidak akan cukup. Solusinya adalah membawa air minum sendiri.

Dalam penerbangan internasional, umumnya petugas Aviation Security akan menyita botol berisi air minum di pemeriksaan keamanan terakhir. Triknya adalah: bawalah botol minum kosong, kemudian isi dengan air minum setelah pemeriksaan keamanan terakhir. Atau, kamu juga bisa membeli air mineral di bandara setelah pemeriksaan keamanan terakhir.

Saya pernah sekali waktu terbang selama 10 jam dengan hanya mengandalkan 1 Aqua botol tanggung (karena lupa). Rasanya ya ampun menyiksa banget. Akhirnya di perjalanan pulang, saya membawa 2 botol Aqua ukuran standar untuk bekal selama di pesawat.

Nikmati Hiburan di Pesawat

Untuk membunuh waktu, kamu dapat menikmati hiburan yang tersedia di pesawat seperti film dan musik. Kamu juga dapat membawa buku, headset, atau apapun yang membuatmu tetap terhibur sepanjang perjalanan.

Baca juga:  Yogyakarta International Airport, Bandara Cantik yang 'Jogja Banget'

Lakukan Peregangan

Untuk menghindari penggumpalan darah serta tegangnya otot, disarankan untuk melakukan peregangan selama 2-3 jam sekali. Biasanya, saya berjalan di sepanjang lorong pesawat dan melakukan peregangan pada saat antre toilet. Lumayan untuk membuat badan segar.

Bawa Obat-Obatan dan Perlengkapan Pribadi

Ini penting dan jangan sampai terlupakan. Obat-obatan dan perlengkapan pribadi seperti pakaian ganti dan alat mandi wajib kamu bawa di dalam bagasi kabin. Obat-obatan pribadi berguna jika kamu tiba-tiba sakit dalam perjalanan.

Sementara itu, perlengkapan pribadi seperti pakaian ganti dan alat mandi berguna apabila kamu ingin freshen up saat tiba di bandara kedatangan, atau sebagai cadangan jikalau terjadi sesuatu pada bagasi tercatat, seperti tertinggal di bandara transit (hal ini cukup umum terjadi, khususnya bagi penerbangan yang memiliki waktu transit pendek). Better safe than sorry.

Travelers, dengan menerapkan tips-tips di atas dapat membuat kamu lebih menikmati perjalanan panjang menggunakan pesawat. Tips apa saja yang pernah kamu praktekkan? Atau kalau punya tips tambahan, ditunggu sharing-nya di comment ya.

Have a nice flight!

Share it:

This Post Has 27 Comments

  1. Riza Firli

    Jadi kangen jalan2 ih.. lagi pspb begini…

  2. Haekal

    Belum pernah terbang lama. Pengen deh sesekali ke Eropa atau Amerika gitu yaa hehe

  3. Anjar Setyoko

    jujur sya tidak pernah melakukan penerbangan internasional, keseringan penerbangan domestik. tapi sebenarnya tips ini juga bisa di aplikasikannya ke penerbangan domestik kan ya mbak ? cuma bedanya kita tidak ke imigrasi dulu

    1. Betul mas, bisa sekali diterapkan di penerbangan domestik 🙂 Cuma memang kalau penerbangan internasional antisipasinya harus lebih ekstra karena perjalanannya jauh dan lama.

  4. Fanny Fristhika Nila

    Penerbangan pjg yg aku prnh rasain pas ke Bulgaria, dan transit di Munchen, Jerman. Jujurnya rada males memang kalo penerbangan pjg gitu, tp mau bilang gimana. Pakaian nyaman itu udh wajib banget lah. Ga kebayang penerbangan LBH dr 15 jam tp pakai baju yg bikin blingsatan :p.

    Cm bersyukurnya pas kesana dulu, itu tempat duduk ke tiga kosong, jd hanya ada aku Ama suami. Lebih nyaman dan ga sempit jadinya.

    Next kalo terbang yg jauh2 lagi, aku bakal inget utk download Drakor sbnyak mungkin, dan buku. Krn ngandelin dari film pesawat malah ga kutonton hahahaha. Makanya ini niiih yg bikin aku blm mau ajakin anak2 kalo utk penerbangan kayak ke Eropa. Paling banget mereka baru ngerasain Jepang Korea aja . Takut bosen mereka. Apalagi si bungsu yg paling suka rewel

    1. Haha iya Mbak, aku makanya heran kalau pada naik pesawat pakai baju aneh-aneh, gak ada yang peduli juga 😀 penerbangan jauh itu memang super duper melelahkan, apalagi kalau bawa anak harus pinter2 jaga mood mereka. Aku belum berani bawa anak terbang jauh 😀

  5. Hastira

    kalau lama itu suka bete, karena nonton sdh, baca sdh, dengerin musik sdh, tidur sdh apalagi yg harus dikerjakan, mati gaya

  6. Rina

    Nyaman emang paling penting nih.

  7. andiyani achmad

    minum banyak air putih ini penting biar gak pegel-pegel amat, meski mesti bolak balik ke toilet gapapa deh heheh, sama siapin camilan, buku, atau nonton juga boleh, eh dengerin music juga bisa

  8. Hani S.

    Noted untuk semua Tips-nya. Perencanaan dan persiapan yang baik sangat penting terutama bagi yang ingin bepergian sekeluarga, bawa-bawa Anak-anak ya, waaah gak sabar ingin Traveling sekeluarga rasanya 🙂

  9. Annafi

    Aku pernah ketiduran lama pas penerbangan, pas mau ke toilet rasanya kaki oleng harus diajak jalan juga ternyata

  10. Renayku

    Aku belum pernah sih terbang lebih dari 6 jam hehe pernah waktu kyknya 6 jam tapi dibagi sama transit hehe jadinya ga bete2 amat di pesawat. Makasi tipsnya mba diani, nanti aku praktikin kalo udah bisa bolang ke mana2 lagi stlah pandemik hehe

  11. Firda

    Wah, aku belum pernah melakukan penerbangan panjang sih mbak, tapi beruntung banget aku nemu tulisan ini siapa tau ada yg ngajakin traveling gitu jadi gak gopoh dan gak panik kalo ternyata ntar pegel di pesawat hihihi

  12. Visya Al Biruni

    Tips minum putih itu ku bru ngeuh Mbak hehe kalo soal pakaian setuju banget. Apagi kalo penerbangannya berjam jam

  13. Nyi Penengah

    Jadi kangen naik pesawat semoga ada rejeki bisa naik pesawat lagi hehehe. Emang baju yang nyaman penting banget. Jaman bisa bolak balik ke Hongkong ak juga make pakaian yang nyaman. Soalnya harus penerbangan 4jaman di dalam pesawat. Menikmati fasilitas di pesawat juga menyenangkan. Makasih tipsnya mba Dian.

    1. Betul Mba, kalau aku kenyamanan nomor 1. Biar lah rada ngga stylish dikit yang penting nyaman dan pantas 🙂

  14. Mellisa

    Intinya harus relax ya sebelum memulai penerbangan yg jauh. Jd inget banget ada series yang bahas tentang penerbangan gitu dan mirip sama ini deh tipsnya. Kalau baru pertama kali juga tetap harus relax dan positive thinking ya.

    1. Iya Mba.. kalau mau lebih nyaman dan rileks lagi, terbanglah di business/ first class 😀

Leave a Reply