Update per 21 April 2020

Saat ini, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo telah dioperasikan secara penuh. Hal ini berarti, seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto dipindahkan ke YIA, kecuali untuk penerbangan perintis (pesawat baling-baling).

Baca juga: YIA Buat Yogya Makin Istimewa

Nah, terus gimana caranya buat menuju dari dan ke sana yah? Secara YIA itu nggak berada di pusat kota Yogyakarta. Sebagai informasi, dari Yogyakarta ke Kulonprogo kira-kira memakan waktu 90 menit menggunakan mobil.

Buat kamu yang naik transportasi umum, tenang aja. Kamu nggak usah panik atau bingung karena YIA sudah dilengkapi dengan moda transportasi terpadu.

Pilihan moda transportasi dari dan ke YIA adalah sebagai berikut:

Damri

Apabila Travelers hendak menggunakan moda transportasi Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan yaitu: Bandara Adisutjipto, Grand Inna Malioboro, Rest area Ambarketawang, Candi Borobudur, Kebumen, dan Stasiun Wojo.

Baca juga:  5 Fakta Penting Tentang Masker Oksigen Pesawat

Untuk titik yang dilewati rute Damri tersebut adalah Sleman City Hall, Terminal Concat, Hartono Mall, jl. Affandi, Galeria Mall, dan Hotel Limaran. Khusus untuk Damri rute Bandara Adisutjipto – YIA, jadwal dan tarifnya adalah sebagai berikut:

Informasi jadwal terkini dan pemesanan dapat diakses melalui Damri Apps dan Traveloka. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi @damriindonesia.

Kereta Bandara

Kereta Bandara ke Yogyakarta International Airport dilayani oleh PT KAI dengan rute Yogyakarta (Tugu) – Wates – Wojo – Kutoarjo – Kebumen. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAIAccess. Untuk lebih jelasnya, silakan menghubungi @kai121_.

Kereta Bandara YIA akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Wojo (stasiun terdekat dari bandara). Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat menuju YIA dengan menggunakan Shuttle Bus Damri atau taksi. Jarak dari Stasiun Wojo ke YIA hanya 10 menit dengan bus/ mobil.

Baca juga:  Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran, Asyik Sekali!

Satelqu

Ini adalah layanan shuttle bus dari dan ke Yogyakarta International Airport. Satelqu memiliki 3 rute, yaitu Rute Utara, Tengah, dan Selatan. Untuk reservasi Satelqu dapat menggunakan aplikasi Traveloka atau RedBus.

Rute Utara

Rute Utara dimulai dari bandara Adisutjipto – Maguwo – Grand Keisha Hotel – Prime Hotel – UC Hotel UGM – Phoenix Hotel – Hotel The Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA.

Baca juga: Yogyakarta International Airport, Bandara Cantik yang ‘Jogja Banget’

Rute Tengah

Rute tengah dimulai dari bandara Adisutjipto – Eastparc Hotel – Grand Mercure hotel – Swissbel Hotel – Pesonna Tugu Hotel – Rest Area Ambarketawang – YIA.

Rute Selatan

Rute selatan dimulai dari Bandara Adisutjipto – JEC – The Cube Hotel – YATS Colony – Rest Area Ambarketawang – YIA. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Satelqu.

Baca juga:  Lombok Part 3: Pantai Sekotong dan Gili Trawangan

Taksi

Taksi yang tersedia di YIA adalah Taksi Primkopau II, Organda DIY, dan Grab Airport. Namun, harganya tentu jauh lebih mahal dibandingkan moda transportasi lainnya.

Travelers, itu dia ragam moda transportasi yang dapat kamu gunakan dari dan ke Yogyakarta International Airport (YIA). Semoga dapat membantu kamu yang akan bepergian melalui YIA. Happy traveling!

Sumber: Instagram @ap_airports dan @bandarayogyakarta

Share it: