Saat pesawat bersiap untuk mengudara hingga mendarat di kota tujuan, penumpang kerap kali mendengar kalimat-kalimat yang mungkin asing di telinga awam yang diucapkan oleh pilot kepada awak kabin/ flight attendant.

Waktu baru awal-awal naik pesawat, jujur saya nggak pernah tahu apa sih kalimat yang diucapkan oleh pilot tersebut, karena pelafalannya sangat cepat dan dalam bahasa Inggris. Tapi, ternyata penting juga lho buat kita sebagai penumpang untuk memahami, agar bisa segera mempersiapkan diri dalam penerbangan. BTW, biar lebih paham bisa baca dulu tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat” di sini.

Buat Travelers yang penasaran, ini dia arti kalimat yang sering diucapkan oleh pilot di pesawat. Simak baik-baik ya.

1.”Flight attendant close door, arm slide bar and crosscheck “

Setelah proses boarding penumpang selesai, pilot akan memerintahkan awak kabin untuk melakukan proses penutupan pintu pesawat. Close door, maksudnya adalah pintu pesawat ditutup sehingga tidak ada yang dapat keluar/ masuk ke dalam kabin.

Evacuation slide. Sumber

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Arm slide bar maksudnya adalah posisi evacuation slide, yaitu ‘perosotan’ yang digunakan untuk mengevakuasi penumpang apabila terjadi pendaratan darurat, dalam kondisi aktif dan siap untuk digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat. Setelah pintu dalam kondisi “armed”, maka awak kabin akan melapor ke pilot dan berkata, “Doors are armed and crosscheck complete,”.

2.”Flight attendant takeoff station”

Setelah safety demonstration selesai dan pesawat bersiap lepas landas, maka pilot akan menginstruksikan awak kabin untuk berada di posisi take-off, yaitu duduk di kursi dengan menggunakan sabuk pengaman.

Baca juga:  Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

3. Passenger Announcement:

Setelah pesawat mengudara dan dalam posisi stabil, umumnya pilot akan memberikanpassenger announcement sebagai berikut:

Ver. Bahasa Indonesia

Selamat —- para tamu yg terhormat, disini kapten anda berbicara dari ruang kemudi, selamat datang di pesawat —–/

Saat ini kita sedang menjelajah di ketinggian —— ribu kaki/ Dengan kecepatan rata-rata——-/ Posisi kita saat ini tepatnya berada di ——–/ Cuaca di sisa perjalanan dilaporkan ——–/ suhu diluar saat ini menunjukkan —– derajat celcius/

Sedangkan di bandar udara tujuan, cuaca dilaporkan ——–/Diharapkan kita tiba di kota—— pada pukul—— waktu setempat dimana waktu di kota ——lebih cepat/lambat —— jam daripada waktu di kota——/

Akhirnya atas nama crew yg bertugas kami ucapkan terimakasih telah terbang bersama——/Selamat ——/

Ver. Bahasa Inggris

Good afternoon ladies and gentlemen this is you captain speaking from the flight deck/ Welcome on board —— flight ——Destination to——/

Currently we are cruising at ——feet or more less equals to——meters/ Weather is —— up here, out side air temp shows minus —— Degrees centigrade/

Baca juga:  Mengenal Petugas Avsec, Garda Terdepan Keamanan Penerbangan

Meanwhile in ——weather is reported —— with visibility of —— KM and temperature on the ground is——/ We expect to arrive at—— Local time, where there’s —— time difference between ——/

Finally on behalf of —— and the entire crew member, we wish you all pleasant flight/ Thank you for flying with us and have a good day/

4. “Flight attendant prepare for arrival”

Saat pesawat mendekati kota tujuan dan bersiap untuk turun (descend) maka pilot akan memberikan instruksi ini agar awak kabin bersiap-siap dan mempersiapkan penumpang untuk mendarat (menegakkan kursi, melipat meja, membuka penutup jendela, menggunakan sabuk pengaman).

Baca Juga: Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat, Ini Alasannya

5. “Flight attendant landing station”

Saat pesawat berada dalam manuver terakhir untuk turun (descend), pilot akan mengistruksikan ini agar awak kabin dalam posisi siap untuk mendarat (duduk dan menggunakan sabuk pengaman). Awak kabin harus memastikan bahwa seluruh penumpang dalam kondisi duduk.

Baca juga:  5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Duduk di Kursi Dekat Pintu Darurat Pesawat

6. “Flight attendant disarm slide bar and crosscheck”

Setelah pesawat landing, terparkir dengan sempurna dan garbarata atau tangga telah terpasang, pilot akan menginstruksikan awak kabin untuk men-disarm pintu pesawat. Ingat poin 1 tadi ya, kalau awak kabinnya lupa disarm, maka evacuation slide akan mengembang πŸ˜€ Untungnya hampir nggak ada kejadian semacam itu.

Baca Juga: 30 Istilah Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

7. “Flight attendant doors may be opened”

Setelah pintu ter-disarm dengan sempurna, maka pilot akan mempersilakan awak kabin untuk membuka pintu dan penumpang dipersilakan untuk turun.

Travelers, itulah kalimat-kalimat yang diucapkan pilot selama berada di dalam pesawat (tentunya yang terdengar oleh penumpang ya). Semoga nanti kalau Travelers naik pesawat lagi, bisa menyimak kalimat-kalimat ini satu persatu dan memahami maksudnya. Have a safe flight!

Sumber: Independent.co.uk dan airlinecareer.com

Share it: