30 Istilah Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

30 Istilah Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

Travelers, buat kamu yang sudah biasa bepergian dengan pesawat, frequent flyer, atau apabila kamu adalah seorang #AvGeek (Aviation Geek; orang yang mencintai hal-hal tentang penerbangan), tentu sudah tidak asing dengan istilah-istilah penerbangan.

Mengetahui istilah-istilah ini penting banget agar kamu tidak bingung ketika melakukan perjalanan. Dan juga, bisa menambah wawasan kamu mengenai dunia aviasi. Yuk, kita kenali istilah-istilah penerbangan tersebut.

1. Aircraft

Aircraft (atau disingkat A/C) adalah istilah untuk pesawat terbang.

2. Apron

Apron Yogyakarta International Airport, Kulonprogo. Foto: AP I

Area di sisi udara (airside) bandara yang berfungsi untuk tempat parkir pesawat, loading dan unloading bagasi, pengisian bahan bakar, dan kegiatan penunjang operasional penerbangan lainnya.

3. ATC/ Air Traffic Controller

Tower tempat bertugas para petugas ATC

Air Traffic Controller atau biasa disingkat dengan ATC adalah sebuah unit yang bertugas untuk memberikan pelayanan navigasi penerbangan. Petugas ATC bekerja memandu seluruh pergerakan pesawat, mulai dari pesawat mundur dari apron (pushback), persiapan lepas landas, hingga mengudara, mendarat, kemudian parkir di bandara tujuan.

4. Aviation Security (AVSEC)

Petugas AVSEC. Foto: AP I

Aviation Security/ AVSEC adalah petugas di bandara yang memiliki tugas utama menjaga keamanan penerbangan. Tugasnya diantara lain melakukan pemeriksaan keamanan kepada penumpang, mencegah barang-barang terlarang/ berbahaya masuk ke dalam area keamanan terbatas, melakukan pengamanan area bandara, dan lain-lain.

5. Baggage Tag

Tanda/ tag yang diberikan petugas maskapai kepada bagasi tercatat dan/atau bagasi kabin penumpang.

Baca juga:  Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat

6. Boarding Pass

Setelah melakukan check-in (baik check-in mandiri secara online atau check-in di konter), calon penumpang akan mendapatkan secarik kertas yang bernama boarding pass. Boarding pass ini diperlukan agar penumpang dapat masuk ke area terminal dan naik pe pesawat.

Boarding pass berisi informasi mengenai identitas penumpang, informasi penerbangan, seat/ tempat duduk di pesawat serta gate keberangkatan. Oleh karena sensitifnya informasi di boarding pass, disarankan agar tidak menguploadnya di media sosial agar tidak disalahgunakan.

7. Black Box

Black Box. Foto: AP

Setiap pesawat udara dilengkapi dengan instrumen Flight Data Recorder (FDR) yang berfungsi untuk mencatat data/ informasi penerbangan serta Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berfungsi untuk merekam pembicaraan di kokpit antara pilot, copilot, serta ATC.

Peralatan ini dilindungi oleh sebuah kotak yang tahan panas, api, air, dan guncangan yang dinamakan black box (walaupun sebenarnya black box berwarna jingga untuk memudahkan pencarian oleh tim penyelamat). Ketika terjadi kecelakaan pesawat, hal yang pertama dicari oleh tim penyelamat adalah black box untuk mengungkap apa yang menjadi pemicu kecelakaan.

8. Booking Code

Kode yang diberikan setelah calon penumpang melakukan konfirmasi/ issue pembelian tiket. Booking code diperlukanuntuk mencetak boarding pass.

9. Check-in Luggage

Bagasi tercatat, yaitu barang bawaan yang dititipkan kepada maskapai.

Baca juga:  Fakta- Fakta Tentang Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

10. Carry-on Luggage

Adalah bagasi yang dibawa oleh penumpang ke dalam kabin.

11. Delay

Adalah keterlambatan penerbangan yang disebabkan oleh hal-hal tertentu.

12. Direct Flight

Adalah penerbangan langsung dari 1 kota ke kota lainnya tanpa berganti nomor penerbangan. Pada direct flight, pesawat dapat singgah di 1 atau beberapa kota untuk mengisi bahan bakar.

13. Direct Nonstop Flight

Adalah penerbangan langsung dari 1 kota ke kota lainnya tanpa singgah di kota lain (nonstop).

14. Divert

Pengalihan penerbangan yang diakibatkan adanya kejadian tertentu (kecelakaan pesawat, bencana alam, volcanic ash, dll) di bandara tujuan.

15. ETA/ ETD

Estimated Time Arrival (perkiraan waktu kedatangan), Estimated Time Departure (perkiraan waktu keberangkatan).

16. Flight Attendant

Disingkat FA, atau lebih umum disebut pramugari/ awak kabin, yaitu petugas maskapai yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang serta melakukan pelayanan kepada penumpang di pesawat udara.

17. Flight Information Display System (FIDS)

FIDS bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Layar besar yang berisi tentang informasi penerbangan, yaitu status penerbangan, keberangkatan dan kedatangan pesawat, ETA/ ETD, dan lainnya. Jangan lupa pantengin terus FIDS ini karena terkadang gate keberangkatan dapat berubah.

18. Flight Number

Nomor penerbangan, misalkan GA0859, QZ7510, JT2644. Nomor penerbangan ini wajib kamu ingat agar tidak ketinggalan pesawat.

19. Gate

Pintu keberangkatan.

Baca juga:  Melihat Kasus Garuda Indonesia vs Youtuber dari Kacamata PR

20. Go Show

Penumpang yang bermaksud untuk melakukan perjalanan udara tanpa membeli tiket terlebih dahulu (biasanya karena habis) dan langsung membeli di konter penjualan tiket maskapai.

21. Landing

Mendarat.

22. Marshaller

Marshaller. Foto: AP I

Petugas yang memberi aba-aba kepada pilot untuk parkir di apron.

23. Passenger Service Agent

Petugas darat maskapai yang bertugas memberikan pelayanan darat kepada penumpang, seperti petugas check in, merobek boarding pass, layanan transit, dll.

24. Pax

Penumpang.

25. Runway

Landas pacu, jalur untuk pendaratan dan lepas landas pesawat.

26. Security Check Point

Area pemeriksaan keamanan penumpang.

27. Take-Off

Lepas landas.

28. Taxiway

Taxiway. Foto: AP I

Jalan yang menghubungkan antara runway (landas pacu) dengan apron (area parkir pesawat).

29. Three Letter Code

Kode bandara yang terdiri dari 3 huruf. Misal: JOG (Bandara Adisutjipto Yogyakarta), DPS (Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali), LOP (Bandara Internasional Lombok Praya).

30. Window/ Middle/ Aisle

Posisi duduk di kursi/ seat pesawat. Window= jendela, middle= tengah, aisle= lorong/ gang.

Dari 30 istilah di atas, yang mana saja yang baru kamu tahu, Travelers? Semoga dengan lebih memahami istilah-istilah penerbangam, perjalanan kamu akan semakin lancar ya.

Apakah ada istilah penerbangan lain yang ingin kamu tahu artinya? Silakan tinggalkan jejak di kolom comment ya. Have a nice flight!

Share it:

This Post Has 8 Comments

  1. Bang Day

    Udh lama gak bersentuhan istilah2 ini gara2 covid. Smg pandemi ini segera berakhir ya

  2. Fanny_dcatqueen

    Rata2 sih tau, Krn aku sering denger sebagian besar istilah tadi tiap traveling. Tp ada bbrp yg aku pernah baca, tp ga tau kepanjangannya , kayak FIDS :). Jd nambah ilmu LG nih. Terus terang udah kangen bangetttt pgn terbang LG mba. Semoga sept aku beneran bisa traveling lg 😀

    1. Sama Mbak.. aku pun kangeen banget traveling dan naik pesawat, semoga kita bisa segera traveling lagi ya.. 😀

  3. bloggergunung

    Waduh black box itu seperti itu ya bentuknya. Ealah… Warnanya ternyata orange ya, bukan hitam. Hihihi…

  4. Visya Al Biruni

    Banyaaak yang baru aku tahu Mbaak. Hehe. Sama soal black box itu baru lihat wujudnya, selama in sering denger aja.

Leave a Reply