DIANISEKARIN kuliner tangsel

Tangerang Selatan, atau lebih dikenal dengan sebutan Tangsel adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten, tepatnya di barat Jakarta. Jaraknya hanya sekitar 30 Km saja dari pusat Ibukota.

Belakangan, Tangsel jadi naik daun karena adanya AEON Mall dan Indonesia Convention Exhibition (ICE). Selain itu, lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau menggunakan KRL Commuter menjadikan Tangsel primadona baru bagi masyarakat yang ingin hangout dan kulineran.

Tangsel adalah sebuah melting pot dari berbagai macam suku budaya. Semuanya bercampur baur; mau cari makanan apa aja ada. Berbagai macam masakan daerah dari harga murah sampai mehong ada di sini. Kebetulan, saya sudah tinggal di Tangsel semenjak lahir (walau sempat merantau 4 tahun ke Jogja) jadi sudah lumayan paham seluk beluknya Tangsel 😀

Nah, buat kamu Travelers yang hobi kulineran, yuk simak rekomendasi saya tentang 5 kuliner di Tangsel yang paling mantap. Disimpen aja dulu, nanti jalan-jalannya habis COVID-19 selesai ya.

1. Bubur Ayam Pak Gendut BSD Plaza

Ini dia sarapan legendaris warga BSD dan sekitarnya, yaitu Bubur Ayam Pak Gendut BSD Plaza. Terletak di area food court lantai dasar, area Bubur Ayam Pak Gendut ini lumayan bersih dan luas jadi nyaman banget kalau ke sini bersama keluarga.

Rasa buburnya gurih sedap, menurut saya sih nggak pakai kuah kaldu juga sudah enak. Apalagi kalau ditambah sate telur dan usus, beuh mantap jaya. Oh ya, porsinya agak besar ya. Kalau kamu makannya nggak terlalu banyak, pesan 1/2 porsi aja biar nggak mubazir.

Yang spesial dari Bubur Ayam Pak Gendut adalah pengunjung dibebaskan untuk menambah topping kuah kaldu, daun bawang, kacang, dan kerupuk sepuasnya (disediakan di botol-botol dan toples di meja, nggak perlu berebut dengan pengunjung lain).

Bubur Ayam Pak Gendut BSD Plaza – BSD Plaza, Lantai Ground, Area Parkir/ Jl. Pahlawan Seribu Sektor IV, BSD, Serpong, Tangerang Selatan. Jam buka: 06.00 – 09.00, 17.00 – 22.00. Harga: Sekitar Rp 16.000/ porsi

2. Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo

View this post on Instagram

A post shared by Restuti Gumay Nugroho (@restuti_gumay_nugroho) on

Buat kamu yang suka sama nasi gudeg dan nasi liwet khas Solo, restoran ini sayang untuk dilewatkan. Terletak di dalam Pasar Modern BSD, Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo menyediakan berbagai kudapan otentik khas Solo seperti nasi gudeg krecek telur, nasi langgi, nasi pecel empal, lontong opor, telur pindang, sate ceker, dan lain-lain.

Perbedaan antara gudeg Jogja dan Solo adalah citarasa yang berbeda. gudeg Solo cenderung lebih gurih, tidak manis seperti gudeg Jogja. Menurut saya yang paling spesial di resto yang selalu ramai ini adalah kreceknya. Rasanya kenyal, nikmat, dan pedas sekali. Kadang saya bungkus seporsi krecek untuk dinikmati di rumah bersama nasi panas.

Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo – Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Jam buka: 06.00-14.00, 17.00-22.00 (kafe tenda). Harga: Rp 16.000- Rp 40.000/ porsi.

Baca Juga: Ini Dia 5 Kuliner Jogja yang Bikin Rindu

3. Rumah Makan Putera Lombok Bintaro

Rindu ayam bakar Taliwang Lombok yang pedasnya sampai ke ubun-ubun? Nikmat sekali disantap siang-siang bersama plecing kangkung yang segar, ditambah dengan dadar jagung. Nah, kalau mau cari kuliner otentik Lombok, tak lain dan tak bukan RM Putera Lombok-lah tempatnya.

RM Putera Lombok menyajikan berbagai kudapan khas Lombok, seperti ayam bakar Taliwang (yang bisa pilih level pedasnya), nasi goreng Taliwang, lele bakar Taliwang, plecing kangkung, plecing ayam, dan lain-lain. Tersedia juga menu khas Indonesia seperti iga penyet, dadar jagung, udang bakar Jimbaran, sate lilit Bali, sop buntut, dan lain-lain.

RM Putera Lombok memiliki 2 cabang, yaitu di Bintaro dan Alam Sutera. Resto ini lumayan artsy dengan ornamen-ornamen tradisional khas Lombok, dilengkapi dengan bangku-bangku dan meja kayu yang besar. Tempatnya yang dingin dan bersih membuat resto ini aman banget dikunjungi bersama keluarga. Baby chair juga tersedia kok. Yang paling saya suka dari resto ini adalah pelayanannya yang luar biasa ramah dan cepat dalam penyajian, sehingga selalu ramai didatangi pengunjung.

RM Putera Lombok Bintaro – Ruko Kebayoran Arcade, Jl. Rasuna Said, Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Bintaro. Jam buka: 10.30-22.30. Harga: Rp 150.000 untuk 2 orang.

4. Soto Betawi H. Mamat

Orang BSD dan sekitarnya pasti sudah nggak asing dengan soto Betawi kebanggaan Tangsel, yaitu Soto Betawi H. Mamat. Saat ini, soto Betawi ini sudah membuka beberapa cabang di sekitaran BSD, bahkan ada yang di mall lho. Menu favorit di Soto Betawi H. Mamat adalah oseng daging yang disajikan dengan kuah santan atau bening. Daging sapi dioseng dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit, rasanya sungguh menggoda. Enak disantap di siang hari.

Kekurangan dari rumah makan ini adalah tempatnya yang panas, agak kotor, banyak lalat, dan tidak terlalu luas sehingga kurang nyaman untuk makan di tempat (kecuali yang di-mall ya). Selesai menyantap soto Betawi, jangan lupakan desert jadul khas Betawi yaitu es podeng.

Soto Betawi H. Mamat – Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan. Jam buka: 08.30-21.00 atau sampai habis. Harga: Rp 40.000/porsi.

Baca Juga: Mencoba Kuliner Hits Jakarta Rekomendasi Dari Halte ke Halte

5. Rumah Makan Ujung Pandang

Kangen kuliner khas Makassar? Saatnya bertandang ke Rumah Makan Ujung Pandang yang terletak di Ruko Versailles BSD, Cilenggang. Lokasinya persis di sebelah RM Padang Sederhana. RM Ujung Pandang menyajikan sajian seafood khas Makassar yang paling otentik di Tangsel, karena rumah makan ini adalah cabang asli dari Makassar. Bahan baku pun banyak didatangkan langsung dari Makassar.

Berbagai sajian khas Makassar dapat kamu nikmati disini, mulai dari ikan kudu-kudu, ayam-ayam, bandeng pallumara, woku kakap, dan masih banyak lagi. Aneka sajian udang, cumi, kerang, maupun kepiting lengkap tersedia. Seluruhnya disajikan dengan panas, fresh, dan nikmat banget. Apalagi kalau ditambah cah kangkung.

Untuk menimati sajian khas Makassar ini, disediakan 4 macam sambal dengan citarasa yang berbeda. Cobain aja sendiri, deh. Resto ini juga menyajikan dessert khas Makassar, seperti es pisang ijo dan pallu butung. Lokasi resto yang cukup bersih, dingin, dan luas menjadikannya cocok untuk didatangi bersama keluarga tercinta.

Rumah Makan Ujung Pandang – Ruko Versailles BSD, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan. Jam buka: 10.00-14.00, 15.00-21.00. Harga: sekitar Rp 200.000 untuk 2 orang.

Gimana Travelers, jadi laper nggak baca tulisan ini? Nanti, kalau sedang singgah di Tangsel, boleh ya dicobain rekomendasi saya ini. Di tengah pandemi COVID-19 ini, semoga keadaan segera membaik agar kita semua segera diberikan kesempatan untuk jalan-jalan dan kulineran lagi.

Stay safe, stay healthy, dan #dirumahaja ya!

Share it: