Cantiknya Bandara-Bandara di Indonesia

Cantiknya Bandara-Bandara di Indonesia

Hai Travelers, kali ini saya akan mengajak kamu untuk berkeliling menikmati cantiknya 4 bandara yang ada di Indonesia.

Selama 5 tahun terakhir, banyak sekali pembangunan infrastruktur bandara yang telah dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara.Sebut saja, perluasan sisi udara (airside) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) sebagai pengganti Bandara Adisutjipto Yogyakarta, pembangunan Terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan lain-lain. Langsung aja yuk, kita simak satu per satu!

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS)

Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto: AP I

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS), atau yang sering disebut Bali Airport, adalah salah satu pintu gerbang utama pariwisata Indonesia. Setiap tahunnya, kunjungan wisatawan baik domestik dan internasional terus meningkat. Apalagi, Bali sering sekali dijadikan lokasi konferensi internasional seperti contohnya IMF, ACI, dan lain-lain.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali memiliki desain yang unik, khususnya untuk Terminal Internasional. Terminal Internasional didesain layaknya “ombak” di pantai Bali yang mengundang turis untuk surfing.

Spot paling cantik menurut saya di bandara yang memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun ini adalah di area komersial Terminal Internasional. Kenapa? Karena di Terminal Internasional tersebut, terdapat sebuah tugu jam ikonik “Bale Kulkul” yang didesain oleh Nyoman Nuarta, salah satu seniman terkemuka di Bali.

Bale Kulkul. Foto: AP I

Pokoknya kalau kamu terbang melewati Bandar I Gusti Ngurah Rai, bakal dapat pengalaman yang “Bali Banget” deh! Hal tersebut dibuktikan dengan terciumnya aroma khas Bali sesaat setelah penumpang memasuki area terminal bandara.

Baca juga:  Pilot Incapacitation, Ketika Pilot Tak Mampu Menerbangkan Pesawat

Yogyakarta International Airport (YIA)

Ada yang sudah pernah mendengar tentang Yogyakarta International Airport (YIA)? YIA adalah bandara baru yang dibangun sebagai solusi atas Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang sudah kelebihan kapasitas.

YIA terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Saat ini, YIA telah melayani 24 penerbangan per hari untuk rute domestik dari maskapai Batik Air, Lion Air, Citilink, Indonesia Air Asia, dan Garuda Indonesia.

Progres Pembangunan Yogyakarta International Airport per 6 Oktober 2019

Selain memiliki luas terminal 210.000 m2 atau 12 kali lipat dari Bandara Adisutjipto, YIA juga memiliki landas pacu/ runway yang panjangnya 3.250 m sehingga dapat mengakomodir pesawat-pesawat wide body untuk mendarat di sana.

Pesawat wide body adalah pesawat berbadan lebar yang umumnya digunakan untuk penerbangan jarak jauh. Jadi, mungkin banget nih jika suatu saat nanti dari YIA kamu bisa terbang langsung ke Arab Saudi atau ke belahan dunia lain, tanpa harus transit terlebih dahulu di Jakarta.

Baca juga:  Terbang ke Jogja, Jangan Salah Kode Bandara JOG/YIA

Baca juga: YIA Buat Yogya Makin Istimewa

Desain Bandara YIA. Dok. AP I

Uniknya, YIA didesain dengan berlandaskan pada kearifan lokal Yogyakarta. Di bagian atapnya memiliki motif “batik kawung” yang bermakna kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian.

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG)

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

Nah, ini juga salah satu bandara yang tak kalah cantik yang terletak di Ibukota Provinsi Jawa Tengah, yaitu Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG). Terminal Baru bandara ini diresmikan pada tahun 2019 dan beroperasi menggantikan terminal lama.

Yang unik dari Bandara Semarang ini adalah sudut-sudutnya yang begitu cantik, dilengkapi dengan miniatur tempat wisata khas Semarang, yaitu Gereja Blenduk dan Klenteng Sam Po Kong.

Miniatur Gereja Blenduk. Foto: AP I
Area Baggage Claim Bandara Semarang, Foto: AP I

Mengusung konsep green eco airport, Bandara Semarang ini dibangun di atas air. Bandara ini juga sangat luas dan bersih sehingga menambah kenyamanan penumpang yang hendak bepergian.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN)

Balikpapan Airport. Foto: AP I

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan terletak di Kalimantan Timur. Bandara ini mengusung konsep green airport yang memadukan antara hutan hujan tropis Kalimantan dengan modernitas.

Baca juga:  Ingin Menjadi Seorang Pilot? Begini Caranya

Terminal Baru bandara yang diresmikan pada tahun 2014 ini memiliki kapasitas 10 juta penumpang per tahun. Bandara Balikpapan memiliki ciri khas konter check-in-nya yang berbentuk seperti “jamur payung”.

Check in area. Foto: AP I

Bandara Balikpapan juga punya fasilitas unggulan, yaitu Airport Cinema pertama di Indonesia, lho. Jadi sembari menunggu penerbangan, kamu bisa nonton film terlebih dahulu. Gratis pula.

Airport Cinema. foto: AP I

Bandara Balikpapan juga memiliki 3D Toilet yang membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di Kepulauan Derawan. Seru banget kan!

Nah Travelers, gimana? Cantik-cantik kan bandara di Indonesia. Nggak kalah dengan bandara luar negeri. Semua itu tidak lepas dari peran Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi udara di Indonesia.

Dengan service excellence yang mengutamakan kenyamanan pelanggan, serta keramahtamahan khas Indonesia membuat penumpang semakin betah untuk menikmati perjalanan di bandara. Senantiasa #SelamatAmanNyaman!

Kalau kamu, sudah pernah berkunjung ke bandara mana saja? 🙂

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Menulis Blog Kementerian Perhubungan.

Follow Instagram Kemenhub di @kemenhub151

Share it:

This Post Has 41 Comments

  1. nur rochma

    Bandara I Gusti Ngurah Rai desainnya bagus. Semuanya juga bagus. Btw, saya jadi penasaran dengan toilet 3D di bandara Sepinggan, Balikpapan.

    1. Kece deh buat foto-foto (cuma ya agak gimana kan ya foto di dalam toilet hehe). Selain di Bandara Sepinggan, 3D toilet juga ada di Bandara Juanda, kalau mau coba 😉

  2. Hastira

    paling suka ayng di bali ya arsitekturnya keren

  3. Fanny Fristhika Nila

    ya ampuuuun yg balikpapan airport aku penasaraaaaan .. 3D toilet gmn itu rasanyaa 😀 . aku krn tiap kali traveling berangkatnya dr jakarta trs, jd jarang transit ke bandara2 di atas kecuali bali doang yg tiap thn selalu absen kesana acara kantor :D. semarang, jogja slalu naik mobil. sesekali deh pgn jalan ke daerah2 Indonesia ini 😀

    1. Seru deh mbak pokoknya. Pee with a view, heheheh. Wah coba sekali-kali pulang lewat airport Semarang Mba, kece beraaatt.. kalau airport Jogja Kulonprogo sih masih dibangun tapi nanti kalau sudah jadi semuanya bakal kece banget.

  4. Lasmicika

    Keren-keren.
    YIA dari atas berbentuk gunungan dalam wayang ya. Angkat jempol deh.

  5. julz kurniawan

    Saya terpukau, bagus yah sekarang Bandara Di Indonesia. Tidak Sia Sia membangun infrastruktur sarana transportasi. Bangga jadi warga negara indonesia

    1. Triyatni

      Di Makassar juga bagus Mbak bandaranya. Tapi yang pernah aku datangin paling wah emang Balikpapan. Sampai makai lift buat ngurus transit kemarin. Kalau yang lainnya belum coba, hehe

      1. Iya Mba Sepinggan memang favorit, Makassar saat ini lagi di renov Mba jadi bakal lebih besar lagi…

  6. bloggergunung

    Beneran megah dan modern ya bandara internasional tersebut. Gak takut tertinggal kita dengan negara lain. Menyambut turis manapun selalu siap dengan bandara yang kekinian…

    Salam
    Okti Li

  7. TIAN LUSTIANA

    Bandaranya megah gini ya kak. Layaknya Bandara di luar negeri. Bandara di Bandung saja yang kecil udah bagus buat saya apalagi di kota lain nih, duh jadi ingin menjelajah Bandara – BAndara Indonesia lainnya deh.

      1. Visya Al Biruni

        Bandara Ngurah Rai, pernah kesini taun 2014. Emang mewah 😀 cakeeepp.. kayaknya sekarang makin cakep hehe semoga berkesempatan ke Bandara Bandara lainnya

  8. leilaniwanda

    Belum pernah mengunjungi semuanya dan baru tahu kalau airport cinema pertama di Indonesia ada di Balikpapan… Keren, yaa, gratis, lagi. Menanti siapa tahu di bandara lainnya segera ada fasilitas ini, bisa untuk alternatif mengisi waktu menunggu keberangkatan.

    1. Iya Mba.. kalau sedang berada di Balikpapan pasti kagum banget sama bandaranya yang sangat besar.

  9. renayku

    Masya Allah Bandara Balikpapan paling keren menurutku.. jadi gak sabar pengen ke derawan melalui Bandara Balikpapan.. Asik banget bisa nonton bioskop di bandara.. Kalau pesawat delay atau sambil nunggu jadwal check in bisa nonton film deh.. Super Cozy ini bandara… Luv Luv

  10. Diaz Grande

    Aku penasaran banget sama bandara YIA. Hype dari pembangunan sampai sekarang udah jadi selalu kenceng bener.. Tapi kalau ke Jogja tuh pasti jalan darat, jadi kapan bisa kesana yak :))

  11. bloggergunung

    Kalau bandara sudah modern dan canggih kedatangan turis asing pasti lebih meningkat ya. Devisa bertambah dan geliat ekonomi masyarakat pun diharapkan bisa terus bertambah maju.

    Salam
    Okti Li

  12. Fazirotul Firdaus

    Bandara I Gusti Ngurah Rai emang terkenal bagus mbak, di dalemnya pun bersih dan adem. Aku cuma pernah sekali sih kesana tapi kerasanya nyaman banget

  13. Waaah bagus-bagus ya sekarang desain bandara di indonesia, udah nggak kalah sama desain bandara diluar negeri. Bisa dijadiin buat spot foto kece juga nih, dan nggak bikin bosen kalo seandainya pesawatnya telat

  14. Wah bandara-bandara di Indonesia sekarang udah bagus-bagus banget ya mbak, nggak kalah sama bandara-bandara diluar negeri. Jadi bikin betah dan banyak spot foto keren nih meskipun di bandara. Dan yang pasti dengan desain bandara yang semakin cantik dan nyaman ini jadi nggak bikin bosen kalo seandainya pesawatnya telat ya mbak..

  15. Fenni Bungsu

    Waktu di Ngurah Rai daku gak sempat memperhatikan dengan saksama. Makin penasaran nih, apalagi 3D toilet itu kek apa ya, ingin nya sih beneran melihat langsung biar merasakan pesona bandara di balikpapan.

  16. Herva Yulyanti

    aku baru ke Bali aja mba yang lainnnya belum duh jadi pengen nih ke bandara lainnya cantik yah semoga bisa keliling kumpulin tabungan dulu

  17. Herva Yulyanti

    Yang udah pernah sih ke Bandara Bali mba yang lainnya belum pernah hahaha semga ada umur dan rezeki bisa mampir ke bandara lainnya

  18. Ririe Khayan

    Bandara Ngurah Rai yg Bali banget, sayangnya saat beberapa waktu lalu ke Bali, gak sempat bikin dokumentasi karena kejaran sama boarding.

  19. ajeng himme

    Belum pernah ngerasain bandara ahmad yani dan balikpapan. Tapi I gusti Ngurah Rai emang asyik dan sangat kids friendly yaa

  20. Rohmahdg

    Apa aku aja di sini yg belum pernah ke Bandara, hahaa. Cuman mantengin dari internet aja dah wkwkkw
    Lihat aneka bandara di Indonesia tersebut, jadi mupeng pen tahu, plus pen juga naik burung besi, ehehheee
    TFS Mbak ^_^

  21. Tian Lustiana

    Desain Bandara nya bagus yah, kayak Bandara di luar negeri hehe.

  22. uphietkamilah18

    Cuma pernah ke bandara yang di Bali dan Balikpapan, karena kalau ke Semarang dan Jogja biasa naik kereta 😀
    Baru tau kalau di Bandara Sepinggan ada fasilitas bioskop gratis dan 3D toiletnya, jadi penasaran///

  23. Chaidir

    Bagus memang yaa banyak bandara-bandara di Indonesia yang sudah dibangun. Harapannya bisa mengundang para wisatawan untuk berkunjung. Namun mirisnya, harga tiket pesawat pun berasa melambung tinggi diatas awan.

    Kalau saya jadi egois, pengennya tiket pesawat itu murah saja biar bisa ke jangkau warga menengah ke bawah. Biar lah bandara seadanya. Toh Indonesia negara kepulauan. Penting bagi rakyatnya untuk dimudahkan bisa terbang menyeberang pulau.

    1. Hehehe tooss banget pengen banget harga pesawat murah, semurah-murahnya biar bisa menjelajah seluruh Indonesia.

Leave a Reply