Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat

Memahami Arti Pengumuman Pramugari di Pesawat

Dear Travelers, saat hendak naik pesawat, kita pasti akan mendengar serangkaian pengumuman dari pramugari, mulai dari saat lepas landas, saat terbang, hingga saat mendarat. Sebenarnya, apa arti dari pengumuman-pengumuman tersebut?

Sebelum melangkah lebih lanjut, pramugari sendiri sebenarnya memiliki tugas utama untuk menjaga seluruh penumpang pada saat terjadi keadaan darurat penerbangan. Pramugari telah melalui serangkaian pelatihan untuk bersiap menghadapi kondisi darurat. Jadi, tugas pramugari bukan hanya menyajikan teh, kopi, dan makanan ya! Tugas mereka jauh lebih berat daripada itu karena berkaitan dengan nyawa orang banyak.

Nah, biar lebih paham pada pengumuman saat berada di pesawat, yuk kita bahas satu persatu!

Sebelum Lepas Landas/ Take Off

Lion air saat taxi (melewati taxiway). Foto: AP1

“Para penumpang yang terhormat, selamat datang di penerbangan ——— dengan tujuan ——. Penerbangan ke —— akan kita tempuh dalam waktu ——- dengan ketinggian jelajah ——- di atas permukaan air laut”

Saat seluruh penumpang telah duduk, pramugari akan memberikan pengumuman yang berisi tentang informasi dasar penerbangan, kota tujuan, waktu tempuh dan ketinggian jelajah pesawat.

“Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan ini adalah tanpa asap rokok. Merokok di kamar kecil akan mengaktifkan detektor asap”

Merokok di dalam pesawat tidak diperbolehkan sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan. Kalau masih ada yang nekat merokok di kamar mandi, awak kabin akan menindak tegas dan siap-siap aja di-cyduk aparat keamanan di bandara tujuan.

“Sebelum lepas landas kami persilakan kepada Anda untuk menonaktifkan telepon genggam, menegakkan sandaran kursi, menutup dan melipat meja, mengencangkan sabuk pengaman, dan membuka penutup jendela,”

Saat lepas landas dan mendarat adalah saat yang paling krusial bagi pesawat. Hal ini disebabkan 80% kecelakaan pesawat terjadi pada saat lepas landas dan mendarat (walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi di fase lainnya). Saat kecelakaan terjadi, penumpang hanya memiliki waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri. Apabila sandaran kursi masih dalam kondisi recline, maka penumpang di belakangmu dapat terperangkap.

Baca juga:  Panduan Naik Pesawat Untuk Pertama Kali

Begitu pula dengan menutup dan melipat meja. Pada saat lepas landas dan mendarat, guncangan biasanya akan terasa dengan kuat. Penumpang dapat cedera apabila terbentur meja.

Mengencangkan sabuk pengaman berfungsi agar penumpang tetap pada tempatnya walau terjadi turbulensi hebat. Hal tersebut juga mencegah penumpang dari cedera. Tuh, jangan bandel yah kalau disuruh mengencangkan sabuk pengaman oleh pramugari! Itu buat keselamatan kita juga kok.

Membuka penutup jendela berfungsi agar penumpang dapat melihat kondisi di luar kabin pesawat. Apabila tiba-tiba ada kejadian darurat seperti mesin pesawat yang terbakar, penumpang dapat menginformasikan kepada awak kabin sehingga dapat ditangani dengan lebih cepat. Pada saat hendak lepas landas dan mendarat, awak kabin juga akan mematikan lampu kabin karena alasan yang sama.

Baca Juga: Pentingnya Memerhatikan Prosedur Keselamatan dalam Penerbangan

“Atas nama ——— Kapten ——- dan seluruh awak kabin yang bertugas mengucapkan selamat menikmati penerbangan ini.”

Safety Demonstration

Safety demo. Foto: Travelerstoday

“Para penumpang yang terhormat, kami mohon perhatian Anda sejenak. Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil kami harus menunjukkan dan memperagakan kepada Anda tentang bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman, masker oksigen, mengoperasikan pintu dan jendela daruat, baju pelampung, serta kartu keselamatan,”

Sesuai dengan regulasi penerbangan yang diatur oleh ICAO (International Civil Aviation Organization), setiap maskapai wajib memberikan/ memperagakan informasi keselamatan (safety demo). Hal ini disebabkan karena dalam dunia penerbangan, keselamatan dan keamanan merupakan hal yang utama. The sky is vast, but there’s no room for error.

“Saat ini sabuk pengaman Anda telah terpasang. Kami akan menunjukkan bagaimana cara mengunci, mengeratkan, dan melepaskan sabuk pengaman Anda,”

Sabuk pengaman itu wajib dipakai yah guys apabila tanda “Fasten your Seatbelt” menyala di kabin. Apabila turbulensi terjadi, sabuk pengaman dapat melindungi diri kita dari resiko cedera.

Baca Juga: 5 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Seputar Turbulensi Pesawat

Baca juga:  Tips Melewati Security Check Point Bandara Tanpa Repot

“Apabila tekanan udara di kabin berkurang secara tiba-tiba, masker oksigen akan keluar. Tarik masker oksigen ke arah Anda, pasang menutupi mulut dan hidung, kaitkan karet di kepala, dan bernafaslah seperti biasa. Penumpang yang membawa anak-anak harus mengenakan masker terlebih dahulu, sebelum mengenakan masker kepada anak Anda,”

Well, ini adalah kejadian yang harusnya kita jangan sampai mengalami (amin ya robbal alamin). Apabila tekanan udara berkurang secara tiba-tiba (decompression) maka penumpang hanya memiliki waktu sekitar 30 detik sebelum merasa pusing karena kekurangan oksigen (sumber: CNN.com). Lebih dari itu, maka kamu bisa pingsan shay. Selamatkan diri kamu sendiri sebelum menolong orang lain.

“Pesawat ——— dilengkapi dengan —– pintu dan jendela darurat. —- di kabin bagian depan, —- di kabin bagian tengah, dan ——- di kabin bagian belakang.”

Setiap pesawat dilengkapi dengan pintu dan jendela darurat yang terletak di bagian depan, tengah, dan belakang pesawat. Kursi jendela darurat memang lebih lega dan nyaman untuk duduk. Namun, apabila kamu hendak duduk di kursi jendela darurat (exit row), maka ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

1.Sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin saat terjadi keadaan darurat

2. Mampu memahami instruksi darurat secara tertulis atau lisan

3. Berusia di atas 15 tahun

4. Tidak dalam keadaan hamil atau bepergian dengan bayi

Baca juga: Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

Nah, walaupun duduk di kursi jendela darurat enak karena lega, tapi tanggung jawabnya besar lho. Kamu bertanggungjawab membantu awak kabin untuk membuka jendela darurat saat terjadi keadaan darurat penerbangan. Untuk penumpang yang duduk di kursi jendela darurat, awak kabin akan memberikan pengarahan tambahan.

“Pelampung terdapat di bawah kursi dan hanya dipakai pada saat pendaratan darurat di air. Mohon tidak memindahkannya. Cara menggunakannya: kalungkan baju pelampung, kemudian kancingkan dan eratkan. Untuk mengembangkan baju pelampung, tarik sekerasnya kedua ujung merah. Pelampung dapat dikembangkan dengan meniup kedua pipa karet. Lampu akan menyala jika baterai terendam air.”

Setiap penerbangan sipil wajib untuk menyediakan pelampung darurat bagi penumpang yang terletak di bawah kursi. Memindahkan pelampung tersebut merupakan pelanggaran pidana yang terancam hukuman penjara dan denda dalam jumlah besar, lho. Jadi, jangan bermain-main ya!

Baca juga:  YIA Buat Yogya Makin Istimewa

Baju pelampung dapat dikembangkan dengan menarik kedua ujung berwarna merah, atau ditiup secara manual.

Baju pelampung dikembangkan sesaat sebelum Anda keluar melalui pintu darurat. Apabila Anda keluar melalui jendela darurat, kembangkan baju pelampung saat berada di luar pesawat”

Baju pelampung hanya boleh dikembangkan sesaat sebelum kami keluar dari pintu darurat. Kenapa? Untuk mempermudah pergerakan penumpang pada saat evakuasi penyelamatan. Jangan dikembangkan saat kamu masih berada di kursi, ya. Begitu pula apabila menggunakan jendela darurat, pelampung hanya boleh dikembangkan setelah berada di luar pesawat.

“Kartu petunjuk keselamatan berada di kantung kursi di depan Anda. Kami mohon Anda dapat membacanya dengan seksama sebelum pesawat lepas landas. Terima kasih atas perhatian Anda dan selamat menikmati penerbangan ini.”

Kartu petunjuk keselamatan di pesawat. Sumber

Untuk memahami lebih lanjut tentang prosedur keselamatan di pesawat, kamu bisa membaca kartu petunjuk keselamatan yang terdapat di kantong kursi di depan kamu. Kamu perlu tahu pintu/ jendela darurat mana yang terdekat dari tempat dudukmu, in case terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Luangkanlah waktu barang 5 menit saja untuk menyelamatkan hidupmu nanti πŸ™‚

Nah Travelers, itu kira-kira arti pengumuman pramugari/ awak kabin di pesawat yang berkaitan dengan prosedur keselamatan penerbangan. Kira-kira, ada pengumuman apa lagi nih yang kamu perlu tahu artinya? Boleh drop comment di bawah, nanti akan saya bantu carikan jawabannya ya.

Safe flight!

Featured image: Photo by Sourav Mishra from Pexels

Share it:

This Post Has 93 Comments

  1. Sabda Awal

    pada saat landing.
    “para penumpang tetap duduk di kursi anda sampai pesawat mendarat sempurna. Jangan aktifkan hp hingga sampai ke bandara”

    kira2 gitu mbak, saya kurang hapal betul himbauan yang satu ini

    1. Betul.. β€œMohon untuk tidak mengaktifkan telepon genggam hingga anda berada di terminal kedatangan” πŸ˜€

      1. Lina W. Sasmita

        Kalau yang biasa saya dengar pramugari bilangnya begini “mohon untuk tidak mengaktifkan telepon genggam hingga pesawat benar-benar berhenti sempurna”

  2. Visya Al Biruni

    Selama ini belum pernah duduk di pintu atau jendela Darurat. Berarti memang tangungjawabnya lebih besar y mba. Utk mengaktifkan telepon juga harusnya di terminal kedatangan yah

  3. Rina

    Wah fokus ke pramugarinya aku setiap naik pesawat hehehe

  4. Alfa Kurnia

    Jadi pengumuman pramugari di pesawat itu memang bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan penumpang sendiri ya. Sayangnya masih banyak yang abai, apalagi soal menyalakan telepon genggam dan berdiri sebelum pesawat berhenti .

  5. Enny Ratnawati

    Akhir-akhir ini setiba dalam pesawat aku langsung mengantuk mbak hihi. Nggak tau kenapa. Apalagi rasa-rasanya udah berulang x denger dan liat yang diperagakan pramugari. Tks mengingatkan. Harus lebih waspada lagi apalagi itu bisa jadi penentu kalau terjadi apa-apa ya..

    1. Aku juga pernah mbak saking capeknya tidur dari masuk pesawat sampai mendarat πŸ™ kalau ada apa-apa pasti bingung sendiri hehe

  6. dbyustisia

    Kalau alat layar sentuh yang suka dipencet-pencet pramugari sebelum ngasih pengumuman itu apa Di namanya? Btw, saat pramugari mau buka atau kunci pintu pesawat, mereka selalu ngeluarin kunci yang ada gantungannya “Remove Before Flight” jadi inget dulu sama temen-temen sekelas pernah kamu kasih gantungan kunci kayak gitu XD

    1. Ya itu semacam control panel buat kabin pesawat (lampu, pengumuman penumpang, dll). Wakakak iyaaa betuul

  7. Annisa

    Walaupun berkali-kali naik pesawat dan udah hafal apa aja yang mau Mbak Pramugarinya sampaikan, tapi bawaanya tetep serius ngedengerin satu per satu. Hehehe. Buat reminder dan jadi ga panik kalau misal terjadi sesuatu.

  8. Fenni Bungsu

    Kalau nggak salah buat yang bawa bayi harus dapat semacam sertifikat layak terbang, bener nggak kak? Jadi bayi diperbolehkan terbang atau tidaknya.

    1. Kayaknya itu untuk bayi newborn Mba.. kalau bayi yang sudah agak gedean sih nggak dikasih apa-apa. Tapi tergantung maskapai juga sih, tiap maskapai punya kebijakan sendiri-sendiri.

  9. leilaniwanda

    Aamiin ya robbal aalamiin, jangan sampai mengalami, tapi tetap kita perlu tahu dan memahami dengan baik, ya, Mba. Btw tapi tapi beberapa waktu yang lalu lihat ada yang pengumumannya menggunakan video dan sepertinya versi baru ini memakai analogi-analogi (banyak visualisasi yang justru bukan di pesawat), Mba Diani tahu lah pasti hehehe, menurut Mba gimana? Menurutku kok malah jadi agak berisiko rancu, ya. Tapi pastinya sudah melalui riset dulu sih ya sebelum tayangan ini di-approve untuk digunakan, jadi dianggap mestinya penonton juga paham.

    1. Kayak yang Garuda Indonesia ya Mbak? Sebenarnya hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh maskapai asing, Mbak. Kalau menurutku, tergantung penumpangnya sih. Kalau penumpangnya β€˜advance’, mungkin ga masalah karena dia bisa nangkep maksud dari videonya. Namun kalau penumpangnya β€˜beginner’, bisa-bisa malah bingung, hehehe. Jujur aku sih pertama kali lihat videonya bingung kok ada orang menenun di pesawat :))

      1. leilaniwanda

        Iya, Mba, di YouTube begitu videonya naik banyak yang komen keren, seperti maskapai asing (banyak yang menyebutkan Oman Air dan SQ ya) Tapi ya itu, hehehe, pakai bahasa visual yang simbolis.

  10. renayku

    waduh aku suka mengabaikan kata2 pramugari kalo lagi di pesawat.. wadidaw kudu toyor diri sendrii nih padahal aku paling seneng duduk di pojok dekat jendela.. kita memang gak boleh menganggap sepele hal2 yang sudah kita tau sekali pun karena risiko bisa terjadi kapan saja.

    1. Hihi semoga nanti kalau naik pesawat lagi bisa memerhatikan arahan mbak pramugarinya yaa Mbak πŸ˜€

  11. bloggergunung

    Peraturan dibuat itu untuk keamanan dan keselamatan penumpang juga ya. Sayangnya masih ada yang seperti menyepelekan. Mending kalau tidak menggangu penumpang lainnya ya lah ini masih ada yang menyepelekan plus ribut ganggu yang lain

    Salam
    Okti Li

  12. Elly Nurul

    Terima kasih telah terbang bersama kami.. sampai jumpa pada penerbangan kami selanjutnya.. hehe kangen traveling ish baca tulisan ini.. penguman penting yang wajib diingat dan dipatuhi oleh seluruh penumpang ya ini

  13. Heizyi

    hehehe… kalo aku paling suka pas pengumumanyg terakhir mbak. Yg sekalian nyebutin nama kapten nya.. wkwkwk

    1. β€œAtas nama kapten … dan seluruh awak kabin yang bertugas mengucapkan terima kasih Anda telah terbang bersama …” hehehe

  14. Hairun Nisa

    Sangat bermanfaat mbak tulisannya. Hebat juga bisa terpikir untuk membahas ini. Kebetulan aku ada planning mau traveling dengan akomodasi pesawat. berguna nih.

  15. Dee Rahma

    Lengkap sekali informasinya, jadi tahu lebih detail tujuan dari masing-masing intruksi πŸ™‚

    Regards,
    Dee Rahma

  16. Uwien Budi

    Oooh jadi itu alasannya kenapa jendela harus dibuka. Semoga setiap kali kita terbang selalu dalam keadaan baik-baik saja dan selamat ya mbak. Aku deg-degan pas bayangin kita cuma waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri seandainya terjadi kecelakaan. Kebayang yang di film-film gitu suka ngeri.

  17. Buleipotan

    Makasih buat sharing this great knowldege mba πŸ™‚

  18. Dyah

    Setuju! Sebetulnya naik semua kendaraan bisa ada resikonya. Tapi penerbangan bisa dipengaruhi faktor yang lebih banyak lagi. Sudah seharusnya penumpang memperhatikan semua prosedur keamanan dalam pesawat.

  19. Diah

    Woow, lengkap banget nih Mbak penjelasannya. Pramugari itu punya tugas yg luar biasa yaaa, harus sigap membantu penumpang saat keadaan darurat sekali pun.

  20. Diah

    Wah lengkap banget nih Mbak penjelasannya. Jadi Pramugari itu punya tanggung jawab yang tinggi ya, pasti degdegan banget tu sebelum terbang.

  21. Kalaun pas duduk dekat gang, saya suka memperhatikan garis di lantai. Nggak tau kenapa. Kayak petunjuk buat ke depan aja. Plus merhatiin pramugari/pramugara memperagakan prosedur keamanan.

  22. Saat take off dan landing kursi kan harus tegak kembali ya mba.. kadang masih ada aja penumpang yang ga mengindahkan himbauan pramugari, ditegur dulu baru ditegakkin lagi… ternyata memang ga sepele ya, klo ada kejadian apa bisa bikin penumpang di belakangnya terperangkap

    1. Benar Mba.. sudah sepatutnya kita menjadi penumpang yang bertanggungjawab dengan mengindahkan seluruh peraturan keselamatan yang disampaikan awak kabin.

  23. Muh Rohmadi

    Sampai gede belum pernah naik pesawat. bisa jadi informasi yang bermanfaat tulisannya mbak.

  24. insal

    wah ini penting dibaca sama semua penumpang pesawat, biar nggak ada lagi yg komen “nggak disuruh pramugari nya tuh” bener-bener harus disuruh dulu πŸ™

  25. ulu bandungdiary

    sekarang pengumumannya banyak dimodifikasi dengan komedi. Supaya didengar kali ya. Kalo pengumuman aja seolah-olah membosankan. Padahal, ya penting juga πŸ˜€

    1. Isma Maulida

      bener banget mba, kadang pilotnya suka kasi pantun atau pramugarinya yg kasih pantun supaya didengar sepertinya haha tp bagus sih jd punya branding ” eh kalo naek itu nanti lo dikasi pantun ama pilotnye” wkwkwk

  26. Mbak aku mau tanya. Kenapa kalau anak anak usia 12-16 tahun meski terbang sendiri tapi pada saat check in harus didampingi orang tua. Aku kemarin beli tiket terpisah sama anak anak. Aku bisa web check in tapi anak anak harus di bandara karena harus didampingi ortu. Kebetulan usia mereka 12-16 th. Tengkyuu

    1. Kalau untuk anak-anak di bawah 17 tahun, karena belum memiliki kartu identitas maka untuk proses check-in wajib dilakukan langsung di konter maskapai Mbak, untuk benar memastikan bahwa data penumpang sama dengan penumpang yang berangkat. Aku juga waktu bawa bayi, nggak bisa web check-in jadi harus langsung di konter πŸ™‚

  27. Relinda Puspita

    Tapi jangan sampai karena keseringan naik pesawat, jadi nyuekin pengumuman pramugari, ya, kak.

  28. Dyah

    Waduh, jangan sampai kejadian ada macam-macam pada saat di pesawat. Saya suka sebel tuh dengan yang masih main hape pas take off atau landing. Tapi pernah tuh, baru aja mendarat, malah udah telponan. Eh buset deh…

    1. Ya ampuuun kesel banget sih kalau ada penumpang kayak gitu pasti langsung aku tegur. Ketika mendarat sampai pesawat parkir, pesawat masih dipandu oleh Air Traffic Controller (ATC) jadi sinyal HP bakal ganggu banget πŸ™

  29. Putu Sukartini

    Aku dong, pernah kebagian duduk di dekat jendela darurat, berdua bareng anakku yang waktu itu masih 3 tahun
    Entahlah, sepertinya petugas ticketing gak ngeh saat pembagian nomor kursi
    Untung pramugarinya sigap, akhirnya kami dipindahkan, tukeran duduk sama penumpang lain

    Btw paling gemes itu sebenarnya saat pesawat landing
    Udah jelas-jelas diminta tetap duduk sampai pesawat berhenti sempurna
    Eh, ada aja yang gak sabaran trus berdiri, ngambil bagasi di atas, nyalain HP
    Pengen ku maraaaaah

    1. Kalau duduk di kursi darurat, bisa jadi konfigurasi tempat duduk di konter check in gak sesuai dengan pesawat mbak.. kadang suka gitu memang, aku juga pernah gak milih emergency seat ternyata pas duduk di emergency. Iya mbak kesal banget emang gak ngerti kenapa warga +62 harus begitu.

  30. Syaiful BS

    Huaa aku jadi kangen denger kata-kata ini dari mbak-mbak pramugari yang cantik hehe soalnya lebih sering jalur darat sekarang-sekarang ini hehe. Btw, terima yaa kak penjelasnya rinci banget dan jadi dapet insight baru lagi deh πŸ™‚

  31. Vicky Laurentina

    Banyak banget makna pengumuman pramugari di pesawat ini ya. Makanya penumpang mesti telaten mendengarkan. Sayang saya sering merasa suara dari loudspeaker itu terlalu pelan, sehingga saya tidak bisa menyimak pengumuman pramugari dengan baik. Apalagi kalau saya duduk di dekat jendela, sudah pasti nggak terlihat pramugari yang sedang memeragakan cara menolong diri sendiri dalam keadaan darurat.

    1. sebenarnya lebih enak lewat video ya Mbak (kalau gak naik LCC), sehingga sudah pasti semuanya memerhatikan.

  32. Dzikrul

    Terima kasih atas informasinya kak, kalo naik pesawat emang selalu ada pramugarinya, namun cara jelasinnya kurang menarij, jadi ndak terlalu ndengerin, ups

  33. Isma Maulida

    nah ini nih, aku suka kesel kalau pintu pesawat sudah ditutup masih ada yang telponan.

  34. Wah, saya suka sekali bahasannya
    Terkesan sepele tapi sebenarnya ini penting.
    Paling benci kalau udah mendarat terus ada penumpang yang terburu-buru melepas seat belt untuk mengambil barangnya lebih dulu di kompartemen atas, padahal lampu memakai seat belt masih menyala.

    Lalu nggak enaknya duduk di dekat pintu atau jendela darurat itu seatnya nggak bisa di adjust, duduknya ya tegak gitu deh. ahahahahah

    Terima kasih ya untuk bahasannya
    Kerennnn

    1. Iya betul kenapa ya pada seperti itu dan tidak mengindahkan aspek keselamatan. Terima kasih sudah membaca, semoga bermabfaat πŸ™‚

  35. Mechta

    Nah…mestinya semua penumpang memperhatikan dan mengindahkan betul pengumuman2 ini ya.. kulihat masih saja ada yg menghidupkan HP & lappy di pesawat. Eh..apa ada jenis2 alat elektronik yg diperbolehkan utk ttp hidup selama penerbangan?

    1. Ketika lepas landas dan mendarat, seluruh benda elektronik dilarang untuk dihidupkan Mba termasuk laptop. Selain waktu tersebut, laptop boleh dinyalakan namun dengan flight mode. Yang penting tidak menggunakan sinyal frekuensi radio karena bisa mengganggu navigasi pesawat.

  36. Sungguh alangkah baiknya jika semua penumpang pesawat itu patuh pada peraturan tanpa kompromi. Masalahnya masih banyak yang abai karena mereka nggak melihat (baca: nggak tahu) apa urgensinya, apa alasannya. Padahal kalau nggak tau mah ya harusnya ngikut aja ya. Lagian apa susahnya sih menaati peraturan itu.

    1. iya kadang aku pun heran kenapa harus abai, padahal peraturan tersebut ada, berlaku secara internasonal, dan dibuat untuk keselamatan bersama.

  37. Turis Cantik

    skrang kadang pengumuman soal keselamatan penerbangan memang suka diganti dengan audio visual terutama di penerbangan internasional, tapi aku kadang suka banget baca kertas petunjuknya lagi biar lebih paham.

    1. Sebenarnya menurut saya lebih bagus video sih Mbak jadi setiap penumpang pasti akan melihat. Nah, penting banget baca kartu petunjuk keselamatan yang ada di kantong kursi di depan kita.

  38. hani

    Paling kesel begitu pesawat mendarat, penumpang engga sabar. Langsung, tlang-tling, HP-nya nyala. Trus berdiri buka bagasi. Padahal udah diperingatkan sampai berhenti dengan sempurna baru boleh bergerak.
    Nah yang aku belum jelas tentang powerbank nih. Sebaiknya bawa yang kayak gimana sih? Bener ga tuh yang suka tiba-tiba terbakar?

    1. Iya tuh penyakit penumpang Indonesia banget. Padahal sangat berbahaya buat keselamatan diri sendiri.
      Kalau powerbank, yang boleh dibawa adalah yang memiliki kapasitas kurang atau sama dengan 20.000 mAh. Setiap penumpang boleh membawa maksimal 2 buah powerbank, dengan persetujuan pihak maskapai. Powerbank boleh dibawa dengan catatan kapasitas powerbank dapat diidentifikasi (tulisan tidak terhapus). Powerbank wajib dibawa ke dalam kabin karena khawatir dapat meledak dalam bagasi tercatat. Jadi, kalau bawa powerbank dan diletakkan di bagasi tercatat, pihak maskapai akan meminta penumpang untuk membongkar koper tersebut dan membawa powerbank ke dalam kabin. Saya pernah beberapa kali delay gara-gara nungguin penumpang ngambil powerbanknya :’D

  39. Akarui Cha

    Wuaaa lengkap banget Mba. Terima kasih banyak.

    Hal begini nih yang kadang sulit terdengar di pesawat kalau pramugari sedang menjelaskan prosedur keamanan tapi beberapa penumpang asik mengobrol sendiri.

    Dan saya paling suka kalau dapat tempat duduk agak depan jadi bisa lihat pramugarinya dengan jelas.

    1. Benar, yang seperti itu kayaknya belum sadar dengan pentingnya safety procedure πŸ™‚

  40. ariefpokto

    sejujurnya aku type penumpang yg tidak terlalu memperhatikan pramugari. karena beranggapan kalau infonya sama saja. kecuali soal exit pesawat, kan beda . ternyata penting sekali ga

  41. Jalan-Jalan KeNai

    Makanya pramugari suka mengumumkan kalau penumpang keberatan duduk di dekat pintu darurat untuk bilang. Biar nanti coba dibantu dicarikan kursi lain

  42. Dian E. Suryaman

    kadang kita emang menyimak banget ya penjelasan dari Pramugari…tapi entah kalo kejadian beneran apa ya bisa bener mempraktekkannya…misal pake pelampungnya. Tapi ya smeoga tidak akan pernah perlu mempraktekkannya karena da kondisi darurat ya…Aminnnn

  43. Dinilint

    Iya.
    Berhubung udah kebiasaan, kadang kita suka menyepelekan pengumaman pramugari sebelum take off. Emang lebih enak kalo paham daripada cuma kebiasaan ya.

    1. Iya Mba, mungkin selama ini banyak yang melanggar karena gak paham peraturan tersebut untuk apa.

  44. Istiana Sutanti

    Yang selalu diinget di saya itu bagian ini juga mbak: untuk menggunakan pelampung atau memasang oksigen, sebaiknya pakai sendiri dulu baru membantu yang lain. Intinya kita memang harus memprioritaskan diri sendiri dulu, baru bisa membantu yang lain ya

Leave a Reply