Profesi Apa Saja yang Ada di Bandara?

Profesi Apa Saja yang Ada di Bandara?

Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata bandara? Pesawat, pilot, pramugari, pemeriksaan keamanan, atau ruang tunggu bandara?

Tahu nggak sih, untuk bisa membuat suatu bandara beroperasi, dibutuhkan kerjasama dari banyak sekali pihak dan instansi terkait. Saya akan coba jabarkan secara garis besarnya saja ya. Pihak-pihak tersebut adalah:

A.Pengelola Bandara (Airport)

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto: AP1

Yang dimaksud dari pengelola bandara adalah pihak yang memiliki izin badan usaha bandar udara (BUBU) untuk melaksanakan operasional bandara. Pengelola bandara di Indonesia ini ada banyak banget. Ada Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Kementerian Perhubungan, Pemda setempat, TNI, dan lain-lain.

Untuk Angkasa Pura I sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola 15 bandara komersial di Tengah dan Timur Indonesia. Bandara mana saja itu?

a.Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS)
b. Bandara Juanda Surabaya (SUB)
c. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG)
d. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN)
e. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG)
f. Bandara Adisutjipto Yogyakarta (JOG)
g. Yogyakarta International Airport Kulonprogo (YIA)
h. Bandara Adi Soemarmo Surakarta (SOC)
i. Bandara Internasional Lombok (LOP)
j. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ)
k. Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC)
l. Bandara El Tari Kupang (KOE)
m. Bandara Pattimura Ambon (AMQ)
n. Bandara Frans Kaisiepo Biak (BIK)

o. Bandara Sentani Jayapura (DJJ)

Bedanya Angkasa Pura I dan II apa? Simpel aja, perbedaan daerah operasi (namun hal ini tidak terlalu relevan semenjak Angkasa Pura II mengelola Bandara Banyuwangi di Jawa Timur).

Namun agar lebih mudah mengingatnya, Angkasa Pura I mengelola bandara-bandara di lokasi pariwisata Indonesia, sebut saja Bali, Lombok, Manado, Ambon, Makassar, Yogyakarta.

Nah, sekarang apa saja nih profesi yang merupakan bagian dari pengelola bandara (airport)? Kita simak satu persatu ya.

1.Aviation Security/ AVSEC

Petugas AVSEC. Image: AP1

AVSEC adalah personel keamanan bandara yang bertugas untuk melindungi penerbangan sipil dari tindakan melawan hukum, serta menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan.

Setiap orang yang hendak masuk ke bandara diwajibkan untuk melewati Security Check Point (SCP) dan diperiksa oleh petugas AVSEC. Tidak hanya penumpang, tapi juga pegawai bandara, kru maskapai, dan lain-lain. Petugas AVSEC ini merupakan garda utama dari keamanan penerbangan dan berhadapan langsung dengan penumpang.

Baca juga:  9 Tipe Penumpang Pesawat yang Menyebalkan

Baca Juga: Mengenal Petugas AVSEC, Garda Terdepan Keamanan Penerbangan

2.Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF)

Petugas ARFF. Foto: AP1

Ini adalah profesi yang jarang diketahui oleh penumpang karena mereka bekerja di balik layar. Petugas ARFF bertugas untuk melakukan tindakan penyelamatan apabila terjadi keadaan darurat di bandara. Misal: kecelakaan pesawat, kebakaran gedung, dan lain-lain.

Petugas ARFF menggunakan pakaian khusus yang tahan api, serta menggunakan kendaraan pemadam yang dinamakan foam tender. Umunya, petugas ARFF adalah laki-laki.

Ada standar waktu respon (response time) yang harus dipenuhi tim ARFF ketika terjadi keadaan darurat di bandara, yaitu 3 (tiga) menit saja mulai dari crash bell (alarm tanda bahaya) dibunyikan sampai dengan busa pemadam dipancarkan ke sumber api.

Saya pernah sekali waktu naik di kendaraan foam tender ARFF Bandara Adi Soemarmo ketika sedang dilaksanakan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat.

Ketika crash bell dinyalakan (tanda keadaan darurat bandara), tim ARFF langsung sigap bersiap dan menuju mobil foam tender, lalu ngebuuuut sampai ke lokasi kejadian (harus ngebut karena mengejar response time tadi). Ngebutnya gak main-main, saya sampai shock hehehhe. Bravo buat seluruh petugas ARFF!

3.Apron Movement Control (AMC)

AMC – Follow Me Car. Foto: AP1

Pernah kebayang gak kalau pesawat juga punya tukang parkir? Di bandara yang sibuk, ada puluhan pergerakan pesawat yang dilakukan setiap jamnya. Nah, Apron Movement Control, atau biasa disingkat AMC bertanggungjawab atas seluruh pergerakan pesawat, kendaraan, dan manusia di apron (area parkir pesawat).

Ia juga bertugas untuk menentukan parking stand (tempat/ posisi parkir) pesawat melalui koordinasi dengan pihak maskapai dan groundhandling, melakukan pencatatan data penerbangan, serta memandu pesawat ke tempat parkir dengan mobil “Follow Me” (apabila diperlukan).

4.Marshaller

Marshaller. Foto: AP1

Pernah memerhatikan nggak, ketika pesawat mendarat dan bersiap untuk parkir, ada orang yang memberi aba-aba dari tempat parkir pesawat dengan membawa benda mirip seperti raket pingpong?

Nah, orang tersebut adalah petugas marshaller yang bertugas untuk memberi aba-aba kepada pesawat yang parkir. Petugas marshaller bisa berasal dari petugas AMC atau groundhandling.

5.Aviobridge Operator

Aviobridge Operator. Foto: AP1

Aviobridge operator bertugas untuk mengoperasikan garbarata/ belalai/ aviobridge. Garbarata adalah jembatan yang menghubungkan antara terminal bandara dengan pesawat, sehingga penumpang tidak perlu naik/ turun tangga. Aviobridge operator juga merupakan bagian dari Apron Movement Control.

Baca juga:  Jangan Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat, Ini Alasannya

6.Non Terminal Airside Technician

Foto: Dok. AP1

Petugas Non Terminal Airside bertugas untuk memastikan kesiapan sisi udara bandara (apron, taxiway, runway) agar aman digunakan untuk operasional penerbangan. Jangan sampai, runwaynya berlubang, retak, atau terjadi kerusakan karena dapat berbahaya bagi operasional penerbangan, lho!

7.Public Information Service
“Penumpang pesawat…. dengan nomor penerbangan… tujuan… dimohon untuk segera masuk ke ruang tunggu.” Familiar dengan pengumuman tersebut? Itu adalah pekerjaan dari petugas Public Information Service yang bertugas untuk memberikan informasi penerbangan kepada penumpang.

B. Air Traffic Controller (ATC)

Tower ATC. Foto: AP1

Ketika hendak takeoff atau landing di suatu bandara, perhatikan deh, ada satu bangunan berbentuk menara/ tower dengan bentuk yang khas. Menara tersebut adalah menara pengawas, yang merupakan tempat bekerja petugas Air Traffic Controller.

Petugas Air Traffic Controller bertugas untuk mengatur lalu lintas udara (air navigation), mulai dari pesawat bergerak mundur (push-back), persiapan take-off, cruise/ melaju di udara, hingga landing dan parkir di bandara tujuan. Layanan ini dilakukan oleh Perum LPPNPI/ Airnav Indonesia.

Terkadang, pesawat harus ‘antri’ apabila jadwal penerbangan sedang padat. Setiap pergerakan pesawat harus mendapatkan izin dari ATC.

Baca Juga: Travelers, Ketahui Hal-Hal yang Membuat Penerbanganmu Ditunda

C. Airlines/ Maskapai

Dalam menjalankan bisnisnya, pengelola bandara dan maskapai saling membutuhkan. Bayangkan aja, kalau gak ada maskapai, siapa yang mau landing di bandara? Dan kalau gak ada bandara, pesawat mau landing di mana? Hehehe. Beberapa profesi terkait maskapai adalah sebagai berikut:

1.Pilot, bertugas mengemudikan pesawat
2.Flight Attendant/ pramugari, bertugas melakukan pelayanan di kabin pesawat
3.Flight Operation Officer/ Flight Dispatcher, mengatur jadwal terbang pesawat, briefing dengan pilot sebelum terbang, dll.

D. Groundhandling

Groundhandling. Foto: AP1

Dalam melaksanakan operasional penerbangan di darat, maskapai dibantu oleh perusahaan groundhandling (ground: darat). Setiap maskapai biasanya memiliki mitra groundhandling-nya sendiri.

Pelayanan grounhandling ini sangat penting lho. Misal pesawatnya sudah mendarat dan parkir, lalu siapa yang ngambil tangga untuk penumpang? Siapa yang mengeluarkan koper-koper dari lambung pesawat? Siapa yang mengisi bahan bakar? Siapa yang jaga konter check-in? Hehehe. Nah ini adalah beberapa profesi terkait groundhandling:

1.Airline Passengers Service Agent, bertugas untuk melakukan pelayanan darat kepada penumpang, seperti di pelayanan check-in, merobek tiket di gate pesawat, dll.
2.Aircraft Maintenance Engineer, mengontrol kelayakan pesawat untuk terbang
3.Ground Refueling, melakukan pengisian bahan bakar pesawat
4.Baggage Handling, melakukan pelayanan bagasi penumpang, loading dan unloading bagasi, mengantarkan hingga ke conveyor belt untuk diambil penumpang.

Baca juga:  YIA Buat Yogya Makin Istimewa

E.Authority

Authority adalah lembaga pemerintahan yang menjalankan tugas dan fungsinya di bandara, yaitu:
1.Customs (Bea Cukai), melakukan pemungutan bea masuk dan cukai barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia (hati-hati yang suka jastip). Dilaksanakan oleh Dirjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan RI.
2.Immigration (Imigrasi), mengatur lalu lintas orang yang keluar dan masuk serta pengawasan orang asing di suatu negara. Dilaksanakan oleh Dirjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM RI.
3.Quarantine (Karantina Hewan dan Tumbuhan), sebelum membawa hewan dan tumbuhan naik pesawat, hewan/ tumbuhan tersebut harus melalui karantina terlebih dahulu agar tidak menyebarkan virus/ penyakit ke daerah tujuan. Dilaksanakan oleh Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan, Kementerian Pertanian RI.
3.Airport Authority (Otoritas Bandara), merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Perhubungan selaku regulator, bertugas untuk mengeluarkan pass/ ID masuk bandara bagi petugas dan pengunjung/ visitor.
4.TNI/ Polri, bertugas untuk melakukan pengamanan wilayah bandara sesuai dengan prosedur yang berlaku.
5.BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), melakukan penyediaan data terkait meteorologi, klimatologi, dan geofisika kepada pengelola bandara dan maskapai.

Wuahh.. banyak banget ya pihak yang terlibat dari operasional bandara tersebut. Jadi, bandara bukan cuma tempat numpang naik pesawat saja, karenya banyaak sekali proses yang terjadi di belakang itu sampai akhirnya kamu bisa naik pesawat dan mendarat di tempat tujuan.

Dengan mengetahui tugas dan tanggungjawab dari para petugas bandara, kita bisa lebih menghargai profesi mereka ya, Travelers!

Header image: AP1

Share it:

This Post Has 47 Comments

  1. Hastira

    wah banyak juga ya

      1. Selvijua

        Baru tahu banget nih sama profesi yanga da di bandara, dan ternyata posisinya itu banyak banget bagiannya, dan itu posisi2 yang terpenting di bandara.

  2. Beraneka ragam sekali ya Mbak profesi di bandara, baik banget nih kalo disosialisasikan ke anak-anak SD biar mereka punya banyak pengetahuan tentang profesi.

    1. Iya Mbak.. kalau di bandara-bandara di cabang AP1 sih sering banget kedatangan anak TK, SD jadi mereka kayak study tour gitu mengenal bandara dan profesi yang ada di dalamnya 🙂

  3. Ipeh Alena

    Baca ini jadi inget lagi tayangan di National Geography yang pernah membahas The busiest air traffic. Pekerjaan di bandara kayak gini tuh memang nggak boleh main-main ya, mba. Kesalahan kecil bisa fatal akibatnya

    1. Yes mba.. jadi inget nih udah lama gak nonton National Geographic 😀 betul Mba.. “the sky is vast but there is no room for errors”

  4. Wah ternyata banyak juga ya mbak profesi-profesi yang ada di bandara, yang kesemuanya sama-sama memegang peranan penting. Ada beberapa profesi yang baru aku tau namanya setelah baca artikelnya mbak, dulu sekilas cuma tau tugas-tugas yang mereka lakukan di bandara tanpa aku tau nama profesinya. Menarik sekali nih mbak artikelnya, kalo misal ada sosialisasi mengenai profesi-profesi ini kepada anak-anak SD seru banget pasti ya mbak..

  5. Rina

    MashAllah kak diani, aku kepo kayaknya aku mau masukin ini ke puncak tema kendaraan kak. Ih pingin study banding dch jadinya.

  6. Pohontomat

    Ternyata banyak sekali jenis-jenis pekerjaan di bandara. Otomatis banyak juga SDM yang diperlukan. Tidak salah kalau biaya operasionalnya juga banyak jadinya.

  7. diazgrande

    Nice info di.. ternyata banyak elemen yang terlibat ya dalam keberlangsungan sebuah bandara. Aku seneng banget nonton Ultimate Airport Dubai di natgeo dan emang sebanyak itu juga ya kejadian-kejadian yang ada di airport

  8. Khoirur Rohmah

    Terus, kapan mau naik pesawat biar tahu profesi-profesi tersebut? *nanya sama bayangan di depan kaca* wkwkkwk
    Pantas aja aku pernah jastip dari Jepang harganya juga lumayan, tapi nggak papa lah. Wong ke Jepang sendiri aja belum mampu wkwkkwk,
    Makasih informasi dan pengetahuannyaa Mbak Dian ^_^

    1. Hihi yukk mbaa naik pesawat 😉 Iyah Mbaa makanya kadang aku suka bingung sama jastip kok bisa lolos di bea cukai, kalau aku kayanya udah deg-degan takut ditangkep wkwkwk

  9. Enny Ratnawati

    Aku baru tahu.. Kalau banyak banget profesi di bandara.. Tapi pernah baca kalo profesi2 tersebut mendapat gaji yang lumayan hahahhaha. Makanya jadi kepikiran anak2 sekolah di sektor transportasi ntar
    Tks sharringnya mbak

  10. aan widi

    Cadass, profesi2 inilah yang menentukan kelancaran sistemik alur kerja di bandara. Tambah lagi pengetahuan saya

  11. Fazirotul Firdaus

    Aku baru tau mbak ternyata sebanyak itu ya profesi yang ada di bandara. Yang aku tau cuma AVSEC doang

  12. Lucky Caesar

    Banyaaak jugaa ya mbaak, baru tau nih. Pas banget kmren di bandara juga sempet nanya dalam hati ehh beruntung mampir ke blog mbak dianii ini. Temen saya ada yg jd ATC mbaak, sempet diceritain dianya tugasnya ngapain aja hehehe. . Makasih yaa mbaak, salam kenal jugaa hehehe

    1. Waah makasih ya sudah mampir? ATC di mana? challenging banget tuh tugasnya! Hehehe. Salam kenal juga ya..

  13. Fenni Bungsu

    Waw ini lengkap banget Kak Dian profesi di Bandara, palingan mah daku tahunya pilot sama pramugari nya aja, hihi. Belum memahami begitu dalam

  14. Selvijua

    Wah aku baru tahu loh posisi kerjaan yang ada di bandara, hanya tahunya ada pilot, pramugari, bagian cek in, bagasi dan lain2 yang lebih familiar terdengar. Ternyata banyak juga profesi kerjaan yang ada di Bandara

  15. helenamantra

    Banyaaak banget bagian petugas di bandara yang terlibat dalam satu penerbangan. Penasaran sama yang bagian “tukang parkir” pesawat ternyata namanya marshaller.

  16. Rara Febtarina

    Lengkap ya Mba, aku baru tau beberapa namanya padahal tiap ke bandara suka liat mereka.

  17. Ria Andika

    Wah happy bgt aku baca info selengkap ini karena bakalan aku tunjukin anakku, dia pengen jadi pilot biar bisa kerja di bandara katanya, nah biat dia tau gak cuma pilot aja tapi msh banyak profesi lainnya, thanks so much mb keep sharing ya

  18. leilaniwanda

    Ooo, baru paham pembagian AP I dan II…

    Ngomongin petugas ATC jadi ingat petugas yang gugur waktu gempa Palu dulu itu, ma sya Allah dedikasinya ya, setelah tugas usai baru menyelamatkan diri, tetapi sudah terlambat untuknya.

    1. Iya Mbak.. luar biasa itu aku nangiis dan merinding banget. Luar biasa dedikasinya untuk pekerjaan. Dia mengorbankan dirinya demi keselamatan orang banyak. Masya Allah.

  19. akuchichie

    Cita-citaku tuh kalau pas traveling naik pesawat itu bisa mengabadikan hecticnya saat dilapangan loh. Tapi kadang suka kelupaan kalau mau motoin, padahal pengen sesekali bikin behind story gitu.

    1. Hehe iya Mbak aku kalau di bandara biasanya datang agak awal, lalu jalan-jalan dan foto-foto buat kenang-kenangan 😀

  20. Jadi pengen ikutan edukasian ke bandara gitu, diperkenalkan macam2 profesi secara langsung
    pasti nambah pengetahuan ya Mba Diani seperti yang dijabarkan dalam post ini. Keren semuanya profesinya mereka ya.

  21. visyabiru

    Baca ini sungguh menyadarkanku bahwa Di balik sebuah penerbangan, banyak peran di belakangnya ya mba. Selama ini taunya bagian parkir memarkir dan ticketing aja hehe

  22. Uwien Budi

    Wuahh.. ternyataaaa banyak banget yang terlibat dari operasional bandara, ya.. Ternyata nggak cuma tempat numpang naik pesawat aja. Menurut saya, orang-orang yang bekerja di bandara ini kok keren-keren gitu. Setiap profesi punya peran penting.

  23. Herva Yulyanti

    aku sih merhatiin Marshaller mba suka liatnya ga takut ketabrak sama pesawat hahaha dia yang atur-atur soalna 😀 btw yang di menara itu jadi inget yang meninggal sebelum gempa Palu ya kalau ga salah? sedih itu

  24. Herva Yulyanti

    oh namanya marshaller yah mba aku sering liat nih kalau pas landing ada dia yang kibas-kibasin tangan pegang sign itu 🙂

    mantap ternyata ya banya juga profesi di bandara

  25. Catcilku

    Ternyata banyak banget ya, kadang kita yang naik pesawat tidak tahu siapa saja profesi yang memuluskan penerbangan

  26. Catatan Clara

    sekarang, aku tahu tugas para petugas bandara. makasih mbak infonya ^_^

Leave a Reply