Motomoto Art Museum, Destinasi Wisata Seru di BSD

Motomoto Art Museum, Destinasi Wisata Seru di BSD

Main ke BSD selain ke AEON Mall yang terkenal itu, dan ke pameran di ICE, kemana lagi ya? Nah, travelers bisa mencoba salah satu destinasi wisata baru di BSD yang seru banget, yaitu Motomoto Art Museum.

Motomoto Art Museum adalah sebuah galeri interaktif yang menyajikan beragam instalasi seni dari seniman kontemporer Indonesia. Museum yang terletak di dalam kompleks QBig BSD, Tangerang Selatan, Banten ini menyajikan seni kontemporer dalam 23 ruangan dengan tema yang berbeda.

Mungkin ada yang tahu Museum Macan di Jakarta Barat yang nge-hype banget karena art installation Infinity Room karya seniman kontemporer Jepang Yayoi Kusama? Nah, kurang lebih Motomoto memiliki konsep semacam itu.

How to Get There

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, dapat langsung menuju Motomoto Museum yang terletak QBig BSD City, Tangerang Selatan (peta terdapat di akhir tulisan).

Baca Juga: Piknik Asyik ke D’dieuland Bandung

Apabila menggunakan KRL, naik kereta jurusan Tanah Abang – Parung Panjang/ Maja/ Rangkasbitung dan turun di Stasiun Intermoda Cisauk, dan dilanjutkan dengan taksi atau ojek online ke QBig BSD City.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Motomoto Museum per tanggal 1 Juni 2019 adalah Rp 100.000/pax (weekdays), dan Rp 125.000/pax (weekend). Selain itu, Motomoto memiliki paket bundling tiket museum dengan kupon restoran. Kebetulan saya membeli tiket Motomoto museum melalui aplikasi Traveloka (lumayan, beli dengan poin dan tidak bayar sepeserpun).

Baca juga:  Objek Wisata Baru di Maros: Helena Skybridge Bantimurung

Namun, sepertinya sistem tiket Motomoto dan Traveloka belum terkoneksi dengan baik sehingga kami sempat tertahan agak lama di konter pembelian tiket (rempong banget). Kalau bisa, lebih baik membeli tiket langsung di counter daripada lewat Traveloka.

Patuhi Peraturannya, Ya!

Saat memasuki Motomoto Museum, pengunjung diwajibkan untuk menonton safety briefing video yang berisi tentang panduan keselamatan di dalam museum beserta peraturan yang harus dipatuhi.

Beberapa peraturan di dalam museum diantara lain: wajib menjaga kebersihan, dilarang memfoto menggunakan flash kamera, dilarang membawa monopod/ tongsis, dilarang membawa stroller bayi (bisa dititipkan di penitipan barang secara gratis), dilarang menyentuh karya tertentu, dan lain-lain.

23 Ruangan Interaktif

Di Motomoto Museum, terdapat 23 ruangan interaktif yang memiliki tema berbeda. Pengunjung dapat berinteraksi dan menikmati karya seni yang tersedia.

Beberapa ruangan tersebut diantaranya adalah ruang batik, colour movement, ball pit (mandi bola), foam pit, candyshop, koral laut, cotton candy clouds, dan lain-lain. Tempatnya cukup aman dan ramah anak. Setiap ruangan dijaga oleh petugas sehingga tidak perlu takut bingung atau tersasar.

Baca juga:  Sudahkah Kita Menjadi Penumpang Angkutan Online yang Beretika?
Ball pit
Foam pit, dilengkapi dengan hammock dan seluncuran untuk bermain

Untuk masuk ke area ball pit dan foam pit, pengunjung wajib menggunakan kaus kaki. Namun, apabila tidak membawa, dapat membeli di konter yang tersedia seharga Rp 15.000.

Underwater Coral

Salah satu instalasi terunik versi saya adalah underwater coral yang terbuat dari rajutan. Sang seniman merepresentasikan keanekaragaman hayati yang terdapat di lautan dunia, serta bahaya climate change yang mengakibatkan coral bleaching.

Ambience yang dihadirkan adalah nuansa bawah laut, dengan suara lautan yang bergemuruh. Saya mengamati satu persatu “koral rajut” tersebut dengan penuh kekaguman. Benar-benar luar biasa.

Candyshop

Baca Juga: The Village, Wisata ala Desa Eropa di Purwokerto

Ruang berikutnya adalah Candyshop yang berisi tentang berbagai macam permen berwarna pink. Cantik dan lucu banget. Yang cewek-cewek pasti senang nih kalau berfoto di sini.

Magisnya Cotton Candy Clouds

Akhirnya, saya tiba di instalasi seni yang membuat saya menganga saking kerennya! Cotton Candy Clouds karya Sembilan Matahari. Jadi, ruangan ini dikelilingi oleh kaca, dan di bagian atasnya terdapat “awan” yang menyerupai gulali. Video mapping membuat suasana yang dibangun begitu magis, dengan “cerita” yang mengalir dan musik yang keren banget! Oh my god this is definitely my favorite art installation ever!

Beruntungnya kami, saat itu tidak ada siapa-siapa di sana sehingga kami bisa puas berlama-lama menikmati si Cotton Candy Clouds.

Baca juga:  Umrah, Sebuah Perjalanan Hati (1): Persiapan Keberangkatan

Waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Motomoto Museum adalah sekitar 2 jam. Lama juga ya? Tapi, nggak berasa! Saya juga kaget tiba-tiba 2 jam sudah berlalu dan kami sudah sampai di pintu keluar.

Tips Berkunjung ke Motomoto

Datanglah di pagi hari ketika museum hendak/ baru buka. Saya datang jam 09.45 (museum buka jam 10.00) dan menjadi pengunjung pertama di hari itu. Asyiknya , tidak ada pengunjung lain sehingga sepi, tidak perlu mengantre, dan hasil foto juga lebih oke.

Lebih baik beli tiket langsung di counter untuk menghindari kerempongan seperti yang saya ceritakan di atas.

Tidak perlu membawa tongsis karena dilarang dibawa masuk.

Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman, tidak perlu menggunakan high heels biar bisa seru-seruan saat berfoto.

Patuhi peraturan dan arahan petugas, jangan jadi pengunjung alay yang merusak instalasi seni atau mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan mau ke mana kalau lagi di BSD?

Motomoto Museum

Jam operasional: 10.00 – 22.00, last entry at 20.00

Share it:

This Post Has 8 Comments

  1. Hastira

    wah kerens ekali, bakal aku coba kalau negok anakku di bsd

  2. Wow keren yaaa. Pantesan banyak temanku punya foto seperti diatas, ternyata ada di Qbig toh ya ampunnn rumahku padahal dekat dengan Qbig tapi bisa-bisanya ketinggalan info hahaha. Btw thanks for sharing!

    Willynana.blogspot.com

  3. Ika Riyanti

    Wah ini di Qbig tho.. boleh juga nih maen ke sini.. ga jauh juga dari rumah.. Btw, fotonya bagus-bagus deh Mbak Diani ๐Ÿ™‚

    1. Iya mbak.. lumayan seru main-main ke sini, pengalaman baru ๐Ÿ™‚ Waah terima kasih mbak atas apresiasinya ๐Ÿ™‚ have a nice day!

  4. Tari Prastiwi

    Duh mba itu keren banget yah ternyata, ada batasan waktu ga mbak di tiap sportnya ?

    1. Iya mbak.. lumayan buat refreshing sama keluarga ๐Ÿ™‚ Karena kemarin aku pas nggak ada orang, bebas aja mbak. Tapi, kalau pas banyak orang dibatasi sekian menit per ruangan.

Leave a Reply