Disclaimer: Tulisan ini mungkin tidak nyaman dibaca oleh beberapa pihak. Kebijakan pembaca disarankan. This is not a sponsored post.

Menstrual cup? Apa itu?” Hal tersebut merupakan respon yang paling sering saya dengar ketika berbicara tentang menstrual cup di hadapan teman-teman saya. Menstrual cup memang masih asing bagi sebagian besar orang.

Bagi sebagian besar perempuan Indonesia, pembalut merupakan pilihan paling umum ketika menstruasi. Hal tersebut disebabkan oleh budaya dan konstruksi sosial yang mengatakan bahwa “tabu” untuk memasukkan sesuatu ke vagina sebelum menikah.

Apa itu menstrual cup?

Lunette Menstrual Cup

Menstrual cup, atau cawan menstruasi merupakan sebuah alat yang terbuat dari silikon, dan berfungsi untuk menampung darah menstruasi. Menstrual cup bekerja seperti “suction”, ia menempel pada dinding vagina sehingga darah menstruasi tidak merembes keluar.

Apa kelebihan menstrual cup dibandingkan pembalut atau tampon?

Pertama, jauh lebih higienis, karena darah menstruasi tertampung di dalam cup dan tidak mengalir kemana-mana, sehingga meminimalisir resiko tembus dan rasa gatal karena lembab. Selain itu, tidak ada bau darah menstruasi yang tercium sehingga saya merasa lebih nyaman.

Baca juga: Penderita Endometriosis Juga Bisa Hamil

Yang kedua, menstrual cup sangat ramah lingkungan dan hemat biaya. Kebetulan, saya menggunakan merk Lunette Menstrual Cup. 1 cup Lunette Menstrual Cup dapat digunakan hingga 10 tahun lho! Bayangkan, berapa jumlah limbah pembalut yang kita hasilkan selama 10 tahun? Dan berapa jumlah uang yang kita keluarkan untuk membeli pembalut selama kurun waktu tersebut?

Bagaimana cara menggunakan menstrual cup?

Cara menggunakan menstrual cup

1. Sterilkan menstrual cup  sebelum digunakan dengan merebusnya dalam air mendidih selama 3-5 menit. Tidak perlu disteril setiap habis digunakan, cukup disterilkan diantara dua periode menstruasi.

2. Cuci tangan dengan sabun dan pastikan kuku tangan telah dipotong pendek (biar nggak sakit).

3. Agar lebih nyaman, basahi menstrual cup dengan water-based lubricant (saya menggunakan Vivo H2O).

Ragam cara melipat menstrual cup. Saya menggunakan yang paling kanan.

4. Lipat menstrual cup sesuai petunjuk.

5.  Tarik napas dalam-dalam dan rileks!

6. Masukkan menstrual cup perlahan-lahan ke dalam vagina. Apabila terdengar bunyi “pop”, maka menstrual cup telah terbuka dengan sempurna.

Bagaimana cara mengeluarkan menstrual cup?

Mengejan sedikit, kemudian tarik batang/ stem menstrual cup, kemudian cubit cup agar udara keluar dan menstrual cup dapat dilepaskan. Kemudian, keluarkan perlahan-lahan dan buang darah menstruasi di toilet. Cuci bersih menstrual cup dengan air, kemudian gunakan kembali.

Sakit nggak sih?

Enggak! Namun, ini relatif dan tergantung dengan merk yang kamu gunakan. Saya menggunakan Lunette menstrual cup yang terbuat dari silikon yang sangat lembut dan aman untuk kesehatan. Waktu menstrual cup dimasukkan ke dalam vagina, sama sekali tidak terasa sakit. Ketika menstrual cup sudah mengembang di dalam juga tidak terasa apa-apa.

Harganya berapa?

Saya membeli Lunette menstrual cup seharga Rp 699.900 di Shopee Higea_id. Mahal banget? Memang harga Lunette di atas salah satu menstrual cup yang sangat populer, yaitu Organicup (Rp 399.000). Namun, berdasarkan hasil riset sana-sini, Lunette merupakan merk menstrual cup yang paling lembut dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, Lunette memiliki warna yang beragam, sehingga dapat menyamarkan warna darah.

Seringkali, saya melihat menstrual cup berharga sangat murah di marketplace (mulai dari Rp 10.000, biasanya dikirim dari China). Please girls, jangan bahayakan kesehatanmu dengan menggunakan produk-produk yang tidak jelas.

Berapa lama waktu ideal untuk menggunakan menstrual cup?

Sebenarnya, hal tersebut tergantung pada derasnya aliran darah menstruasi dan kapasitas cup. Pada umumnya, menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam.

Ukuran apa saja yang tersedia?

Perbandingan Lunette ukuran 1 dan 2

Lunette sendiri memiliki 2 ukuran cawan. Berikut dirangkum dari Shopee Higea_id:

Lunette Cup Model 1

Menstrual cup yg direkomendasikan untuk flow menstruasi yang ringan dan normal. Selain itu bagi wanita dengan low cervix position, sensitive bladder juga disarankan menggunakan model 1. Model 1 dibuat dengan silicone yang lebih lembut dibandingkan Model 2.

Spesifikasi teknis untuk Model 1 adalah sbb:

* Diameter 41mm dan Panjang Cup tanpa Stem adalah 47mm

* Panjang Stem 25mm

* Volume Menstrual Cup 25ml

Lunette Cup Model 2

Direkomendasikan untuk flow menstruasi yang lebih heavy. Semua Lunette Cup diciptakan dengan Medical Silicone yang lembut namun untuk Model 2 diciptakan lebih firm.

Spesifikasi teknis untuk Model 2 adalah sbb:

* Diameter 46mm dan Panjang Cup tanpa Stem adalah 52mm

* Panjang Stem 20mm

* Volume Menstrual Cup 30ml

Saya sendiri menggunakan Lunette model 1 karena takut kebesaran kalau pakai model 2.

Apakah menstrual cup dapat membuat keperawanan hilang?

Well, menurut saya ini kembali lagi tentang definisi kamu atas keperawanan. Bagi saya, keperawanan seseorang dilihat dari apakah ia sudah pernah berhubungan seksual atau belum. Selaput dara bisa rusak karena olahraga dan kegiatan lainnya. Sekali lagi, kembalikan kepada value dan keyakinan yang kamu anut dan jangan memaksakan diri.

Kalau mau buang air kecil atau buang air besar gimana? Apakah cup harus dilepas terlebih dahulu?

BAK dan BAB-lah seperti biasa. Menstrual cup-nya nggak akan copot kok! BTW, kamu tahu kan kalau uretra (tempat keluar air seni) dan vagina itu berbeda?

Bagaimana perasaan setelah menggunakan Lunette menstrual cup?

Nyaman, kering, seperti tidak sedang menstruasi. Really, it’s that good! Walaupun saya sempat panik karena batang stem tidak dapat teraba (takut hilang di dalam LOL) tapi ternyata bisa keluar kok, hehehe. Memang butuh latihan dan tidak sekali bisa. Saat pertama mencoba, darah menstruasi saya masih leak sedikit, mungkin karena posisi yang belum tepat. Jujur, memang tidak mudah menggunakan menstrual cup, tapi jauh lebih nyaman daripada menggunakan pembalut.

Jadi, sudah siap beralih ke menstrual cup? Ada yang sudah atau ingin menggunakan menstrual cup? Share pendapatmu di comment, ya!

all image from Lunette menstrual cup