Musim mudik, bandara ramai, antrian panjang, penerbangan padat, eh.. flightnya delay! Padahal sudah semangat mau pulang. Walhasil, terdampar di bandara selama beberapa jam sebelum akhirnya petugas memanggil kita untuk boarding pesawat.

Buat para travelers, mungkin sering mengalami kejadian penundaan penerbangan (delay). Sebenarnya, faktor apa saja sih yang membuat suatu penerbangan dapat tertunda? 

Faktor Operasional Maskapai

Ini merupakan alasan delay yang paling sering didengar oleh penumpang. Saat penumpang sudah duduk seluruhnya di dalam pesawat, biasanya awak kabin akan memberikan pengumuman “Para penumpang, selamat datang dalam penerbangan XXX. Kami atas nama awak kabin yang bertugas meminta maaf atas keterlambatan penerbangan dikarenakan alasan operasional”.

Sebenarnya, apa saja sih faktor operasional maskapai itu? Beberapa contoh faktor operasional maskapai diantaranya adalah terlambatnya jadwal penerbangan sebelumnya, perbaikan/ maintenance serta permasalahan teknis pesawat udara, menunggu kru pesawat, proses pengisian bahan bakar, loading bagasi dan cargo, dan lain-lain.

Kepadatan Lalu Lintas Udara

Tidak hanya jalan darat saja yang padat saat mudik, lalu lintas udara juga bisa macet lho! Bagi travelers yang sering bepergian lewat Bandara Soekarno Hatta Jakarta mungkin sering melihat fenomena pesawat “berbaris” mengantri untuk lepas landas (take-off). Terkadang, antrian tersebut hanya 1-2 pesawat, namun jika kondisi sedang padat, antrian dapat berjumlah lebih dari 3 atau 4 pesawat. Antrian tersebut dapat memakan waktu hingga 30 menit sehingga pesawat terlambat tiba di tempat tujuan.

Contoh lainnya, jika travelers hendak mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Terkadang, pesawat yang hendak mendarat harus berputar-putar di udara terlebih dahulu sambil menunggu izin untuk mendarat.

Mengapa pesawat harus berputar-putar? Karena bandara tersebut telah kelebihan kapasitas sehingga pesawat tidak ‘muat’ mendarat dan harus bergantian dengan pesawat lainnya. Untungnya, sekarang sudah ada Yogyakarta International Airport (YIA) sebagai solusi padatnya Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Baca Juga: YIA Buat Yogya Lebih Istimewa

Penumpang Yang Terlambat

Terkadang, dalam penerbanganmu ada penumpang yang sudah check-in namun menghilang entah kemana saat dipanggil boarding oleh petugas maskapai. Bila ini terjadi, petugas maskapai harus mengumumkan dan mencari penumpang tersebut.

Hal ini dapat memakan waktu hingga membuat penerbangan tertunda. Please be a responsible traveler! Gak enak kan kalau dipelototin orang satu pesawat karena kita asyik belanja atau nongkrong di terminal?

Baca Juga: Etika Saat Naik Pesawat

Cuaca Buruk

Hujan badai, angin topan, atau badai salju dapat membahayakan penerbangan. Apabila penerbanganmu ditunda karena alasan ini, banyak-banyaklah bersabar. Tidak ada yang bisa dilakukan maskapai selain menunggu cuaca membaik. Karena, keselamatan penumpang adalah hal yang utama, kan?

Bencana Alam

Sama seperti cuaca buruk, faktor ini juga berada di luar kuasa maskapai. Beberapa bencana alam di Indonesia yang menyebabkan penutupan bandara adalah erupsi gunung berapi, gempa bumi, dll.

Saat erupsi gunung berapi terjadi, abu vulkanik akan menyebar mengikuti arah mata angin sehingga hal tersebut turut mempengaruhi aktivitas penerbangan di daerah lain. Contoh: Erupsi Gunung Agung , Gunung Raung, Gunung Merapi, dll.

Mengapa abu vulkanik berbahaya untuk penerbangan? Selain mengurangi jarak pandang, partikel abu vulkanik dapat merusak mesin pesawat sehingga sangat berbahaya bagi aktivitas penerbangan. 

Oleh karena itu, saat erupsi atau bencana alam lainnya terjadi dan mempengaruhi aktivitas penerbangan, Air Traffic Controller (ATC) akan mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) untuk penutupan bandara dan pengalihan penerbangan.

Faktor Lain-Lain

Faktor seperti antrian pemeriksaan keamanan bandara, penutupan bandara karena alasan tertentu, dan lain-lain juga dapat membuat penerbanganmu tertunda. Usahakan, selalu datang ke bandara 2-3 jam lebih cepat dari jadwal penerbanganmu dan lakukan online check-in untuk mencegah tiket penerbanganmu overbooked.

Baca Juga: Fakta-Fakta Tentang Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

Nah, itu kira-kira beberapa hal yang membuat penerbanganmu tertunda. Cerita delay terparahmu apa nih? Atau paling sering delay karena apa? Aku tunggu ya ceritanya di kolom comment. Happy traveling!

Foto: Angkasa Pura Airports

Share it: