Buat para travelers yang sering bepergian menggunakan pesawat udara, tentu nggak asing lagi dengan petugas Aviation Security (Avsec). Petugas Avsec ini akan kita temui di Security Check Point saat kita hendak check-in atau memasuki boarding room untuk menunggu jadwal penerbangan.

Di Security Check Point (SCP), calon penumpang akan diminta untuk melepas seluruh benda yang mengandung logam serta seluruh barang bawaan ke dalam x-ray scanner untuk diperiksa oleh petugas Avsec. 

Baca Juga: Tips Melewati Security Check Point Bandara Tanpa Repot

Selain itu, calon penumpang diwajibkan untuk melewati Walk Through Metal Detector (WTMD). Apabila WTMD berbunyi (tanda ada barang berbahan metal yang melekat di tubuh penumpang), maka petugas Avsec akan melakukan pemeriksaan lanjutan.

Senantiasa Sigap dan Waspada

Dari balik monitor, petugas Avsec melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan. Coba deh kita berandai-andai.. dalam 1 jam, ada berapa puluh atau ratus koper yang harus dipelototin oleh petugas Avsec?

Namun, petugas Avsec harus tetap sigap dan waspada. Kalau ada satu aja barang berbahaya yang lolos, maka nyawa ratusan penumpang dan awak kabin menjadi taruhannya. Serem aja kan kalau tiba-tiba ada yang meledak di kompartemen bagasi atau ada pembajakan pesawat. Saya nggak berani ngebayangin, deh. Besar banget ya, tanggungjawab petugas Avsec itu!

Baca Juga: Pentingnya Memerhatikan Prosedur Keselamatan dalam Penerbangan

Memiliki Lisensi Khusus

Setiap petugas Avsec yang bertugas di bandara sudah terlatih dan memiliki lisensi khusus yang didapatkan dari pendidikan profesi. Selama pendidikan, petugas Avsec dibekali dengan bermacam pengetahuan tentang keamanan dan keselamatan penerbangan, profiling penumpang, pengetahuan tentang cara menangani kondisi darurat, dan masih banyak lagi. 

Jadi, petugas Avsec ini berbeda dengan petugas security pada umumnya karena memiliki ruang lingkup yang berbeda.

Kisah Petugas Avsec dan Penumpang

Terkadang, saya sedih ketika melihat berita petugas Avsec yang dicaci, ditampar dan dipukul oleh calon penumpang yang tidak terima saat hendak dilakukan pemeriksaan. 

Baca juga: Profesi Apa Saja yang Ada di Bandara?

Apa yang dilakukan oleh petugas Avsec sudah sesuai dengan prosedur dan standar keamanan penerbangan internasional, dan semata-mata dilakukan agar penerbangan senantiasa selamat, aman, dan nyaman. Kalau nggak mau diperiksa, jangan naik pesawat udara, ya.

Barang Terlarang dalam Penerbangan

Masih ingatlah ketika viral penumpang komplain dan menuntut keadilan karena dilarang untuk membawa snow spray dalam penerbangan? Sebagai informasi, snow spray itu termasuk kategori barang berbahaya yang bisa meledak di udara.

Saya jadi heran, sebenarnya orang ini pernah naik pesawat atau tidak? Kalau pernah naik pesawat, tentu sudah tahu bahwa snow spray tersebut termasuk ke dalam barang berbahaya (dangerous goods). Dangerous goods itu sendiri jenisnya banyak banget, saya harus buka ‘primbon’ peraturan Annex dan PM Kemenhub kalau mau ngejabarin di sini.

Banyaknya dukungan terhadap calon penumpang tersebut, berpadu dengan ketidaktahuan masyarakat tentang peraturan penerbangan membuat kisah ini semakin viral dan menyudutkan petugas Avsec yang dianggap mempersulit calon penumpang.

Baca Juga: Dos and Don’ts at the Airport

Avsec Tidak Membereskan Koper Penumpang? 

Ada kisah lain, penumpang yang komplain terhadap ‘ketidakprofesionalan’ petugas Avsec karena tidak membereskan kembali koper penumpang tersebut setelah melakukan pemeriksaan. 

Bayangin deh.. dalam 1 hari, ada berapa ratus koper yang harus dibongkar oleh petugas Avsec? Nggak mungkin banget kalau mereka membereskan koper tersebut satu per satu. Makan waktu dan tenaga. Itu bukan tugas mereka. Sebagai penumpang, kita memiliki tanggungjawab atas barang bawaan kita sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Selamat Aman Nyaman

Saat kamu kesal saat diperiksa oleh petugas Avsec, ingatlah: apa yang mereka lakukan tak lain dan tak bukan adalah demi keselamatanmu sendiri serta penumpang lainnya. Dalam industri penerbangan keselamatan dan keamanan adalah dua hal yang tidak ada toleransinya.

Mulai sekarang, yuk berikan apresiasi lebih kepada para petugas Avsec. Biasakan untuk selalu patuh dan sabar saat diperiksa oleh petugas Avsec, ya. Kamu punya pengalaman menarik saat diperiksa oleh petugas Avsec? Bagikan ceritamu di bawah ya, travelers.

Foto: Angkasa Pura Airports