Tips Mudik Nyaman Naik Pesawat Udara

Tips Mudik Nyaman Naik Pesawat Udara

Lebaran akan segera tiba. Ada yang sudah beli tiket pesawat? Di saat peak time mudik lebaran tersebut, bandara akan cukup ramai dan rawan akan kepadatan penumpang. Terkadang situasi tersebut membuat kita menjadi kurang nyaman.

Gimana nih caranya biar tetap nyaman saat naik pesawat udara saat mudik? Perhatiin tips-tips berikut yah, travelers. Semoga bisa membuat perjalanan mudik kamu semakin nyaman!

Yang Jelas dan Yang Pasti: Datang Lebih Awal ke Bandara

Kita nggak pernah tahu kendala apa yang akan terjadi di bandara. Antrian pemeriksaan keamanan yang mengular, antri check-in yang panjang, atau mungkin tiket kita bermasalah. Lebih baik datang lebih awal ke bandara, minimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan.

Baca juga: Tips Melewati Security Check Point Bandara Tanpa Repot

Pastikan Nama di Tiket Sesuai Identitas

Perhatian! Nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan nama yang tertera di kartu identitas. Jadi nggak bisa tuh misalnya kamu pergi menggunakan tiket milik orang lain. Hal ini merupakan standar keamanan penerbangan internasional untuk menghindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan masalah keamanan.

Baca juga:  Airport Hotel, Solusi Transit Nyaman di Bandara

Lakukan Online Check-In

Ini wajib banget! Online check-in bisa menghemat banyak sekali waktu kita di bandara, apalagi jika kita tidak membawa bagasi tercatat. Bayangin gimana ngulernya antrian check in saat waktu mudik lebaran.

Baca Juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Jangan Membawa Barang Berlebihan dan Jangan Membawa Benda Terlarang

Bawa barang secukupnya saja ya, travelers. Selain menghindari kelebihan bagasi (yang bayarnya tidak murah), kamu juga tidak akan kerepotan. Selain itu, jangan membawa benda terlarang dalam penerbangan (senjata tajam, aerosol, bahan kimia berbahaya, dll) untuk menghindari pemeriksaan lanjutan.

Jangan Bercanda Soal Bom

Ingat, walaupun cuma sekadar bercanda, jangan menyebutkan soal bom ketika berada di pesawat dan bandara. Ada sanksi pidana yang menunggu, lho! Mending bercanda yang lain aja deh.

Waspada dan Jangan Menerima Titipan Barang dari Orang Tidak Dikenal

Oleh karena banyaknya penumpang yang berada di bandara, kamu harus senantiasa waspada terhadap diri dan barang bawaanmu! Jangan sampai tertukar atau berpindah tangan ke orang lain.

Baca juga:  Experiencing Hong Kong & Macau (Part 1)

Selain itu, jangan pernah menerima titipan barang dari orang tidak dikenal. Walaupun orang tersebut memelas dan bikin iba, demi keamanan dan keselamatan penerbangan, jangan pernah menerima barang tersebut! Kamu nggak pernah tahu jika misalnya barang titipan tersebut merupakan barang terlarang, berbahaya, dan berkaitan dengan kriminalitas. Jika terjadi sesuatu hal (misal: barang tersebut ternyata narkoba), maka yang dikenai hukuman pidana adalah kamu selaku pembawa barang. Hii males banget kan dipenjara gara-gara terlalu baik sama orang lain? Mending tolak mentah-mentah.

Baca Juga: Pentingnya Memerhatikan Prosedur Keselamatan dalam Penerbangan

Nah, itu travelers beberapa tips yang bisa kamu praktekkan nanti saat mudik naik pesawat udara. Ingatlah untuk senantiasa tertib dan patuh biar perjalananmu #SelamatAmanNyaman! Kalau punya tips lainnya, boleh di-share di kolom comment, ya. Selamat mudik!

Share it:

This Post Has 6 Comments

  1. Dian

    Wah pas banget ni ya, momen mudik sebentar lagi.

    Thx tipsnya

  2. Fanny F Nila

    aku termasuk jaraaaang banget mudik naik pesawat. trakhir pas msh blm ada anak. soalnya mudik lebaran dgn pesawat ke kampungku di medan itu mahaaaaal mba hahahahha. aku lbh milih mudik ke kampung suami di solo.bisa naik kereta ato mobil pribadi.

    tapi seandainya hrs mudik dengan pesawatpun, aku jg dtg minimal 4 jam sebelumbya. mnding kecepetan deh drpd lari2 krn nyaris telat. ga kebayang sambil narikin 2 anak kecil soalnya :D.

    1. Iya mbak.. kl masih di Jawa sih sepertinya lebih enak mudik naik mobil/ kereta.

      Betul banget mbak.. mending datang duluan deh daripada harus lari2 ngejar last call bawa bocah.. ditambah bawaan yang segunung :))

  3. Hastira

    makasih sharingnya

Leave a Reply