YIA Buat Yogya Makin Istimewa

Ada yang sudah pernah mendengar tentang “YIA”? YIA, atau Yogyakarta International Airport merupakan bandara baru Yogyakarta yang saat ini sedang dibangun di Temon, Kulonprogo, DIY. YIA hadir sebagai solusi atas keterbatasan kapasitas Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Bandara Adisutjipto Kelebihan Kapasitas

Apa yang kalian rasakan ketika hendak terbang atau mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat ini? Padat, penuh, sesak? Tidak hanya penumpang, pesawat pun juga merasakan imbasnya. Saking padatnya 1 pesawat terkadang bisa berputar-putar di udara selama lebih dari 30 menit sebelum bisa mendarat di bandara yang memiliki 3 letter code JOG ini. 

Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Foto: Dokumentasi AP1

Ternyata, hal tersebut terjadi karena Bandara  Adisutjipto sudah kelebihan kapasitas. Menurut PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola, Bandara Adisutjipto memiliki kapasitas 1,7 juta penumpang per tahun. Namun pada kenyataannya, di tahun 2018 sendiri Bandara Adisutjipto melayani 8,4 juta penumpang. Hampir 5 kali lipatnya! Nah, bayangin deh tuh penuhnya kayak apa! Hehehe.

Baca juga: Fakta- Fakta Tentang Penerbangan yang Wajib Kamu Tahu

Mungkin kalian berpikir, kenapa tidak diperluas saja bandaranya? Oh, tidak semudah itu, Ferguso.

Bandara Adisutjipto adalah bandara enclave civil, atau bandara militer yang digunakan untuk keperluan warga sipil. Jadi, lahannya terbatas banget. Selain itu runway/ landas pacu bandara ini tidak dapat diperpanjang marena banyak obstacle/ penghalang yang tidak sesuai dengan kaidah Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

YIA, Solusi Keterbatasan Bandara Adisutjipto

Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Dokumentasi AP1

Yogyakarta sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia tentunya layak memiliki bandara yang bagus, megah, modern, dan juga luas. Nah, YIA yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) ini hadir menjawab keterbatasan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Yogyakarta International Airport. Foto: AP I

Sebagai bandara yang digadang-gadang sebagai calon bandara terbesar ketiga di Indonesia, YIA memiliki luas terminal 210.000 m2, atau 12 kali lipat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat ini. YIA memiliki panjang runway 3.250 m sehingga dapat mengakomodir pesawat-pesawat wide body untuk mendarat di sana. 

YIA Boarding Lounge. Foto: Dokumentasi AP1

So, it’s very possible jika pesawat dari luar negeri mendarat langsung di Yogyakarta. Tidak perlu transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Akses menuju Yogyakarta menjadi lebih mudah.

Garuda A330 mendarat di YIA. Foto: AP I

YIA juga memiliki parking stand, atau tempat parkir pesawat yang lebih banyak, yaitu 23 buah dibandingkan Bandara Adisutjipto yang hanya 11 buah. Jadi, makin banyak pesawat yang bisa singgah dan mendarat di bandara ini.

Apron Yogyakarta International Airport. Foto: AP1

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Terminal kapasitas 14 juta penumpang per tahun. Foto: AP I

Dan yang paling penting, setelah dioperasikan penuh nanti pada tahun 2020, YIA memiliki kapasitas 14 juta penumpang pertahun. Jadi, penumpang makin nyaman dan slot penerbangan dari dan ke Yogyakarta dapat terus ditingkatkan.

Aksesibilitas

YIA nantinya dilengkapi oleh berbagai pilihan akses dan moda transportasi, seperti Jalur Lingkar Selatan (JLS) untuk akses jalan dan dua jalur kereta api khusus menuju ke YIA.

Kererta Bandara YIA yang dioperasikan PT KAI. Foto: AP I

Saat ini, telah tersedia tersedia Bus DAMRI, Satelqu, dan kereta bandara YIA untuk memudahkan penumpang menuju dari dan ke bandara ini. Sebagai informasi, waktu tempuh dari kota Yogyakarta menuju YIA adalah sekitar 1,5 jam dengan menggunakan mobil. Dengan adanya jalur kereta api khusus, waktu tempuh nantinya bisa dipersingkat.

Jalur Akses YIA. Foto: Dokumentasi AP1

Di bulan April 2019, YIA telah dioperasikan secara bertahap. Maskapai yang beroperasi di YIA saat ini adalah Citilink dan Batik Air. Nantinya, YIA akan beroperasi penuh pada tahun 2020.

Jadi, sudah siap #SambutYIA?

36 Comments

  1. Nunggu banget beroperasiya bandara NYIA, semoga nggak bikin lama muter muter di atas langit jogja nunggu giliran mendarat lagi :”)

    1. Amiin semogaa yaa bisa segera beroperasi 😀

  2. wah bagus ay, meamng yang lama itu sudah terlalu sempit banget

    1. Betul, jadi kurang nyaman karena tempat duduknya rebutan, penumpangnya banyak banget 😀

  3. Kalau pas sampai Jogja dan turun dari pesawat langsung jalan di landasannya itu berasa diusir dari pesawat.. wkwk… Can’t wait NYIA! 😀

    1. hahaha diusir kenapa kak? Yukk bareng-bareng #SambutNYIA!

  4. wah luas ya, memang yang lama sudah kesempitan dan padat banget

    1. Iya Mbak kalau sudah beroperasi penuh nanti NYIA bakal luaaaaas banget 🙂

  5. Wah keren nih, emang sepatutnya ya Yogyakarta menambah bandara internasional, mengingat kiprah kota ini sebagai kota wisata terkenal juga amat sangat bikin mupeng wisatawan.

    Semoga nantinya bisa bikin Yogyakarta jadi makin istimewa dan lebih mudah dicapai dari manapun 🙂

    1. Iya Mbak, Jogja butuh bandara baru yang lebih representatif. Amiin semoga memberikan banyak manfaat untuk daerah sekitanya.

  6. Kereta bandara selalu bikin terpesona. Masya Allah itu foto jalur akses nya yang diambil dari atas cakep banget kak. Mirip daun waru ya kalau gak salah.

    1. semoga pembangunannya makin lancar ya Mbak biar segera terwujud semuanya 🙂

  7. Alhamdulillah, akhirnya sudah dalam tahap akan digunakan ya tahun depan semoga YIA bisa beroperasi penuh. Iya aku pernah merasakan mba diatas pesawat muter2 di langit jogja karena pesawatnya tidak dapat parkir di bawah. Tambah kece deh Jogja hhee.

    1. Iya Mba, perjalanan yang harusnya cuma 1 jam dari Jakarta bisa molor sampai 1.5 – 2 jam. Kelamaan muter-muter di atas. Lebih boros bahan bakar pesawat juga.

  8. Jogja makin keceee, gak sabar rasain kemegahan YIA barengan Anak-anak, udah lama pengen liburan ke Jogja tapi nunggu anak bayi gedean dikit dulu, haha.

    1. cus Mbak, akupun pengen banget liburan ke Jogja nih

    2. Aku udah dengar desas-desus airport baru Jogja ini sejak beberapa waktu yang lalu. Sayangnya tempatnya jauh ya dari Jogja. Salah satu daya tarik Jogja itu karena airportnya yang langsung di kota Jogja.

    3. Iya memang agak jauh Mbak, tapi banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di sana 😀

  9. Wah udah beroperasi ya YIA ini mbak? Tapi kyknya jauh dari pusat kota ya? Kecuali kalau tujuannya pelesir ke area yang agak ke pinggir.
    Tapi emang yang namanya bandara sebaiknya ya agak jauhan dari pemukiman sih. Moga bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

    1. Sudah mbak, sekitar 1.5 jam dari Bandara Adisutjipto, memang agak jauh sih tapi semoga tol dan kereta bandara yang langsung ke bandara bisa segera dibangun.

  10. YIA huwooo indah ya aku mupeng pengen coba kereta api Bandaranya mba Dian hahahaahh
    jadi pengen tilik juga nanti kalo sudah jadi

  11. Kok keren banget siiii YIA ini. Bisa jadi rekomendasi kalau aku ke yogya ni. Secara ibuku tinggal di Yogya. Selama ini bandara Adisucipto memang tampak crowd si ya. Semoga YIA menjadi solusi yang tepat. Tunggu kehadiran kami di Yogya yaaaa

    1. Waahhh semoga bisa segera ke YIA ya Mba 😀

  12. penasaran bangetttttt pgn liat YIA.. aku pas landing di bandara lama, sempet takjub krn bandaranya kecil banget dan sangat crowdednya itu yg bikin pusing. Padahal turis ke jogja bisa dibilang lbh banyak drpd ke solo. Makanya pas dgr ada bandara baru, lgs happy :D.jd pgn ke jogja naik pesawat biar bisa landing di sana.

    1. Iya Mbak, gak lama lagi nanti penerbangan domestik bakal dipindah ke YIA semua 🙂

  13. Siap dong menyambut YIA, terakhir ke Jogya tahun lalu deh, jadi belum ngerasain YIA ini.. semoga bisa ada rezeki untuk bisa ke jogya lagi dan bisa merasakan YIA.. terlihat memang layak untuk menjadi bandara Internasional

  14. woohooo, semoga someday ke Yogya bisa merasakan juga YIA ini, waktu ke Yogya 2012 lalu saya via kereta sih datangnya terus baliknya pakai bus ke Surabaya jadi belum merasakan bandara Adisucipto juga sih

  15. Aduh aku jadi kangen sekali sama Yogya terakhir kali ke Jogja kemarin akhir tahun 2018

    Jadi kepengen lagi explore Yogya lebih lanjut

    1. Aku pun jadi pengen ke Jogja lagi Mba 🙂

  16. Aku belum pernah ikut yoga ini tapi jadi kangen Yogya deh. Kota yang istimewa dan sederhana

    1. Duh kok Yoga typo wkwkkw YIA

    2. Love banget Jogja selalu ngangenin Mba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *