Travel Tips

Mudahnya Perpanjang SIM di Gerai SIM Mall @ Alam Sutera

Perpanjang SIM antri panas-panasan, ribet, dan nunggu lama? Hmmm.. sudah nggak jaman! Cukup bawa fotokopi KTP 2 lembar, SIM asli, dan biaya perpanjangan SIM, cukup 10 menit SIM baru sudah berada di tangan kamu. Nggak percaya? Simak pengalaman saya berikut ini ya…

Alkisah, ketika iseng melihat-lihat isi dompet, saya tercekat melihat masa berlaku SIM A dan SIM C saya yang tinggal 2 minggu lagi. Walhasil saya coba googling kesana kemari, saya menemukan beberapa informasi penting, yaitu perpanjang SIM di kantor polisi akan memakan waktu lebih lama, prosesnya lebih panjang dan antrinya lumayan banyak. Selain itu, diperlukan beberapa persyaratan tambahan, contohnya surat keterangan sehat dari rumah sakit.

Nah, kabar baiknya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya, mulai tahun 2016, di Mall @ Alam Sutera telah dibuka Gerai SIM dan Gerai SAMSAT yang berlokasi di lantai Lower Ground (LG), di depan Gereja Tiberias dan Gold’s Gym. Gerai SIM ini dapat melayani perpanjangan SIM secara nasional lho! Jadi, tidak harus berdomisili di Tangerang Selatan untuk bisa melakukan perpanjangan SIM di sini. Gerai SIM ini buka dari hari Senin s.d Sabtu jam 10.00-17.00 (jam istirahat: jam 12.00 – 13.00).

Syarat Perpanjang SIM

Sebelum datang ke lokasi, pastikan untuk membawa persyaratan ini ya:

  1. Fotokopi KTP 2 lembar. Apabila memperpanjang SIM A dan C sekaligus, fotokopi KTP yang diserahkan cukup 2 lembar. Pastikan untuk membawa fotokopi KTP, karena jika lupa, harus keluar dari mall terlebih dahulu untuk cari tukang fotokopi.
  2. SIM lama yang masih berlaku. Ingat, di Gerai SIM ini hanya dapat memperpanjang SIM. Jadi kalau SIM-nya sudah mati, pasti akan ditolak oleh bapak polisi karena otomatis di-reject oleh sistem. Walaupun telat 1 hari pun, tetap tidak bisa. So, perhatikan tanggal berlaku SIM kamu ya.
  3. Uang tunai untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Biaya perpanjangan SIM A adalah Rp 140.000, sedangkan untu SIM C adalah Rp 135.000. Pembayaran hanya menggunakan uang tunai dan tidak bisa debit atau kredit.
  4. Bolpen untuk mengisi berkas permohonan. Ini penting agar tidak rebutan dengan orang lain.

Saya tiba di Gerai SIM Mall Alam Sutera jam 09.30 pagi. Wah, ternyata sudah banyak orang yang mengantri perpanjangan SIM. Mendekati jam 10.00, antrian makin padat, dan Gerai SIM resmi dibuka. Seorang petugas memberikan penjelasan tentang tata cara perpanjangan SIM. Pemohon diminta untuk berbaris dan menyiapkan fotokopi KTP serta SIM lama. Setelah itu, pemohon dibagikan formulir permohonan perpanjangan SIM. Apabila memperpanjang 2 SIM sekaligus, pastikan untuk mengambil 2 buah formulir ya.

Alhamdulillah rejeki ibu hamil, tiba-tiba bapak petugas memanggil saya dan menyuruh saya untuk menunggu di ruangan dalam. “Ibu tunggu di dalam saja, kasihan sedang hamil besar,” ujarnya. Saya menurut. Pemohon lain tidak diperkenankan untuk menunggu di ruangan, dan hanya boleh masuk ketika namanya sudah dipanggil. Tidak hanya itu, ternyata urutan antrian saya diprioritaskan jadi nomor 1! Hehehe. Alhamdulillah.

Baca juga: Penderita Endometriosis Juga Bisa Hamil

Setelah dipersilakan, saya menuju kasir untuk melakukan pembayaran, kemudian foto dan rekam sidik jari. Tak sampai 10 menit kemudian, SIM saya selesai dicetak dan saya ditawari untuk memasang laminasi dengan biaya Rp 10.000/ SIM. Ya sudahlah sekalian 😀 Alhamdulillah, petugasnya semua ramah-ramah, masih muda, dan sangat membantu.

Ini adalah salah satu layanan publik terbaik yang pernah saya coba. Andai semua layanan publik sebaik, secepat, dan seefisien ini, tentu orang tidak akan malas untuk mengakses layanan publik.

Yuk, perpanjang SIM-mu di Gerai SIM Mall @ Alam Sutera!

 

7 Comments

  1. Waah asiiik. Tfs mba dian. Mau googling juga ah. Ada ga pelayanan sejenis ini di medan. Sepeda motor saya nomor jateng. Jd selama ini kalau perpanjangan minta tolong saudara dg kirim stnk asli. Kalau bisa nasional begini kan lbh praktis yaa…

    1. Iya Mba… harusnya sudah ada ya mba di kota-kota besar, sangat mempermudah dan meringkas birokrasi banget 🙂

  2. Rangga says:

    Mbak Diani, kl simnya udh telat diperpanjang (mati) gmn? Bisa diperpanjang atau harus bikin dari awal? 🙁

    1. Kalau SIM sudah mati sih kata bapak petugasnya harus diurus langsung di kantor polisi, gak bisa di Gerai SIM.. setahuku harus bikin lagi dari awal 😀

  3. Rangga says:

    Oh gitu, makasih Mbak Diani infonya ya 🙂

  4. kalau hari libur nasional masih buka ngg ya mbak…?

    1. Kurang tahu, sepertinya tutup deh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *