Personal

Nujuh Bulan Studio: Childbirth Education Center di Bintaro

Semenjak dinyatakan hamil beberapa bulan yang lalu, saya aktif mencari berbagai informasi seputar kehamilan. Kalau sedang mampir ke Gramedia, kerjaan saya pasti membaca-baca buku seputar kehamilan. Saya juga mengikuti akun Instagram Bidan Yesie Aprilia, bidan gentle birth yang cukup tersohor di kalangan ibu-ibu hamil Indonesia. Namun, saya memerlukan ilmu yang bisa saya dapatkan ‘langsung’ dari orang yang memang mumpuni. Buku-buku Bidan Yesie bagus, tapi sayangnya karena ia berdomisili di Klaten, ia jarang melakukan workshop gentle birth di Jakarta.

Entah dari mana, tiba-tiba saya menemukan akun Instagram @nujuhbulanstudio, Childbirth Education Center di Bintaro (alhamdulillah lokasinya dekat dengan rumah) dan sangat tertarik untuk mencari tahu lebih jauh mengenai yoga hamil.  Kebetulan memang agak sulit mencari tempat yoga hamil di sekitaran BSD.

Dok. Nujuh Bulan Studio

Setelah mencoba kontak ke admin (yang sangat ramah dan fast response), saya mem-booking Introductory Class for Prenatal Yoga. Jadi, sebelum bumil dapat mengikuti kelas prenatal yoga, bumil diwajibkan untuk mengikuti Intro Class terlebih dahulu sebagai pengenalan. Intro Class dilaksanakan setiap hari Minggu jam 10.00-12.00. 1 jamnya akan berisi tentang pengenalan mengenai yoga dan kehamilan, dan 1 jam berikutnya berisi praktek. Oh ya, enaknya, kita tidak perlu membawa peralatan apapun saat hendak yoga di sini karena semua peralatannya sudah disiapkan. Tinggal gunakan pakaian yang nyaman dan bawa air minum, we’re ready to go!

Nujuh Bulan Studio terletak di Jl. Boulevard Bintaro Jaya. Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1/10 Tangerang Selatan. Tidak sulit mencari tempatnya karena terletak persis di pinggir jalan besar. Plangnya pun terpampang dengan jelas. Memasuki bagian dalam Nujuh Bulan Studio, kesan pertama saya.. wiih comfy banget!

foto: Dok. Nujuh Bulan

Asyik kan.. serasa di kafe! Hehe. Tak hanya itu, ketika masuk ke ruangan, kita disambut dengan harumnya aneka Young Living Essential Oils yang di-diffuse di ruangan. Sebagai fans berat Young Living Essential Oils, tentu saya sangat senang dan merasa rileks.

Setelah melakukan daftar ulang di resepsionis, saya menunggu kelas intro prenatal yoga dimulai. Sekitar 15 menit kemudian, saya dan bumil-bumil lainnya dipersilakan untuk menuju lantai 2 yang merupakan studio yoga.

Foto: Dok Nujuh Bulan

Sebagai informasi, kelas intro prenatal yoga ini dipimpin langsung oleh founder Nujuh Bulan Studio yang bernama Mbak Tia Pratignyo. Mbak Tia ini sangat cantik dan ramah, umurnya sekitar pertengahan 30-an. Mbak Tia ini tidak memiliki basic ilmu kesehatan (bidan/ dokter), namun ia adalah yoga instructor dan doula berlisensi. Awal mulanya, Mbak Tia yang pernah tinggal di berbagai belahan dunia ini memperhatikan bahwa childbirth education center di Indonesia masih sangat minim. Padahal, di negara-negara lain, childbirth education center bukanlah sesuatu yang asing dan sangat umum ditemukan. Childbirth education center sangat berguna sebagai tempat belajar para calon ibu dan ayah untuk mempersiapkan kelahiran.

Mengapa mempersiapkan kelahiran itu penting?

Kelahiran itu ibarat lari maraton. Membutuhkan persiapan yang lama untuk mempersiapkan badan kita agar dapat bersalin dengan nyaman dan lancar. Apabila persiapan tersebut baru dilakukan beberapa minggu menjelang kelahiran, tentu hasilnya tak akan maksimal.

Salah satu cara untuk mempersiapkan tubuh adalah melakukan latihan fisik yang aman bagi ibu hamil, salah satunya yaitu prenatal yoga. Prenatal yoga selain berfungsi untuk mempersiapkan fisik ibu, juga berguna untuk mempersiapkan mental dan latihan relaksasi. Ibu hamil yang usia kandungannya sudah di atas 3 bulan, boleh mengikuti prenatal yoga. Semakin dini latihan yoga, maka hasil yang akan didapatkan juga semakin maksimal.

Di kelas prenatal yoga ini, ibu akan diajarkan posisi-posisi yoga yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses kelahiran. Mbak Tya mengajari kami posisi yoga yang bisa digunakan pada saat kontraksi agar ibu tetap nyaman. Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari mengikuti kelas perkenalan ini.

Selain prenatal yoga, Nujuh Bulan Studio memiliki beberapa layanan lain, seperti couple prenatal yoga, couple fertility yoga, childbirth education, breastfeeding education, hingga layanan doula. Berikut adalah penjelasan dari admin Nujuh Bulan Studio mengenai jenis-jenis kelas yang ditawarkan:

1.Introductory Workshop Prenatal Yoga (INTRO)

Kelas pengenalan Prenatal Yoga yang mencakup teori dasar Prenatal Yoga; 5 gerakan inti Prenatal Yoga; teknik pernapasan, relaksasi, meditasi serta komunikasi dengan janin. Kelas berisi teori selama 60 menit dan praktek yoga selama 60 menit. Prenatal Yoga dapat diikuti sejak awal kehamilan (3 bulan kandungan) ​sampai kelahiran.

(JADWAL: Setiap Minggu, pukul 10.00-12.00, Fee Rp 250,000).

2.     Prenatal Yoga – Kelas Reguler (PY)

Kelas reguler yang diadakan rutin 3x dalam seminggu. Bunda wajib mengikuti kelas INTRO terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas rutin. Paket kelas prenatal yoga berakhir sampai Bunda melahirkan.

(JADWAL: ​Setiap Selasa​, Kamis, Sabtu pukul 10.30-12.00; untuk fee paket kelas, silahkan melihat “Pricelist”)

3.     Couples Yoga for Birth (CYB)

Kelas yoga untuk persalinan yang dilakukan Bunda dan Ayah. Kelas ini bertujuan memperkuat ikatan batin antara Bunda, Ayah, beserta Bayi yang berada dalam kandungan. Bunda wajib mengikuti kelas INTRO terlebih dahulu sebelum mengikuti Couples Yoga.

(JADWAL berikutnya: 3 Februari, pukul 13.00 – 14.30, Fee: Rp 250,000/couple).

4.     Childbirth Education Class (CBE)

Kelas untuk Bunda & Ayah yang meliputi persiapan lahir batin fisik-mental-spiritual beserta filosofi Gentle Birth agar persalinan berjalan aman, lancar dan bahagia. Kelas berlangsung selama 2 hari. Bunda bisa mengikuti kelas ini sejak usia 6 bulan kandungan ke atas.

(JADWAL berikutnya: CBE Group 3-4 February 2018, Fee Rp1,800,000/couple)

5.     Breastfeeding & Newborn Care (BF)

Kelas ini membahas pentingnya ASI dan menyusui, teknik memerah dan menyimpan ASI, cara gendong dan sendawa bayi, cara memandikan dan pijat bayi. Kelas berlangsung selama 2 hari, berkolaborasi dengan konselor laktasi dan Bidan. Bunda bisa mengikuti kelas ini sejak usia 6 bulan kandungan keatas.

(JADWAL: 10-11 February 2018, Fee Rp. 1,200,000/couple)​

Harga yang dipatok lumayan, namun sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan. Berikut adalah pricelist terbaru dari Nujuh Bulan Studio:

Dok. Nujuh Bulan Studio

Sebagai informasi, mengambil paket kelas prenatal yoga akan lebih ekonomis dibandingkan dengan mengambil kelas satuan. Sebagai contoh, harga kelas satuan prenatal yoga adalah Rp 225.000,00, namun apabila mengambil paket 10 kelas, harga yang ditawarkan adalah Rp 1.500.000,00 atau Rp 150.000 per pertemuan.

Rencananya, di bulan ke-7 kehamilan saya nanti, saya dan suami akan mengikuti kelas Childbirth Education. Saya sudah membaca reviewnya di beberapa blog dan sepertinya kelasnya sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan suami, khususnya yang sedang mengalami kehamilan pertama seperti kami 😀 Di kelas Childbirth Education nanti, suami sebagai partner melahirkan istri akan di-training mengenai cara-cara men-support istri yang melahirkan, mengatur nafas, endorphin massage, dan masih banyak yang lainnya.

Bismillah, semoga ikhtiar kami untuk belajar akan berbuah manis 😀

See you at Nujuh Bulan Studio…

 

Nujuh Bulan Studio

Jl. Boulevard Bintaro Jaya. Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1/10

www.nujuhbulan.com

e-mail: info.nujuhbulan@gmail.com

4 Comments

  1. Tempatnya keren yah,kalo sekedar cuma liat ibu ibu senam yoga bisa ga yah hihih

    1. Wahh jangan dong khusus ibu-ibu aja mas, hehe.

  2. Wah keren mbak.. klo motherhood education center gitu ada gak ya? Hihi.. jadi ditatar cara jadi emak-emak bijak jaman now dan melek parenting gitu

    1. Hihi iya mbak seru banget yaa kalau ada.. tapi disini juga ada community meetingnya gitu mba. Jadi bisa saling sharing 🙂

Leave a Reply