Jakarta, Jawa, Travel

Menapaki Dua Masa di Gedung Candra Naya

Ada yang berbeda ketika saya menapakkan kaki di kawasan Novotel Gajah Mada, Jakarta Pusat. Sebuah rumah bergaya Tionghoa nampak kokoh berdiri, menyempil diantara 2 bangunan besar yang mengelilinginya. Rumah tersebut adalah Gedung Candra Naya. Gedung Candra Naya sendiri tadinya merupakan rumah seorang Mayor Tionghoa yang bernama Khouw Kim An yang dibangun 200 tahun yang lalu. Gedung ini tersembunyi diantara Hotel Novotel Gajah Mada dan Apartemen Green Central City, Jakarta Pusat.

Banyak orang yang mengira rumah ini adalah sebuah Kelenteng. Namun, rumah ini sebenarnya adalah semacam museum yang terkadang dialihfungsikan menjadi function hall.

Hall utama

Berjalan di sekitar Gedung Candra Naya seperti berada dalam dua masa, yaitu masa lalu dan masa kini. Bangunan dan koleksinya begitu antik, digagahi oleh gedung-gedung besar yang mengapitnya. Bagian teras kanan dan kiri bangunan ini dimanfaatkan sebagai restoran, salah satunya adalah Kopi Oey. Menikmati citra rasa peranakan di bangunan antik ini, tentu sensasinya tidak akan terlupa.

Teras belakang
Kolam koi

Tempat favorit saya di sini adalah kolam koi yang terletak di teras belakang. Di sini, saya bisa duduk lama sambil menatap ikan-ikan koi yang berkejaran, di tengah suasana asri Gedung Candra Naya. Sebuah oase di tengah padatnya kota Jakarta.

Saya dan teman-teman memanfaatkan waktu untuk berfoto. Alhamdulillah, tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk maupun mengambil foto di sini. Tempatnya pun cukup bersih dan dirawat dengan baik.

Di malam hari, Gedung Candra Naya semakin cantik dengan hiasan lampion dan lampu berwarna merah. Melihatnya, seperti kembali ke ratusan tahun silam. Saya jadi membayangkan, bagaimana kondisi Jakarta pada masa itu? Yang pasti masih asri dan tidak semacet sekarang. Buat kamu yang mencari wisata alternatif di Jakarta selain ke mal, boleh lah berkunjung ke sini πŸ™‚

 

Gedung Candra Naya

Jl. Gajah Mada No.188, RT.3/RW.5, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120 (Gedung Hotel Novotel Gajah Mada)

Jam buka: 08.00-15.00

Tiket masuk: Gratis

Stasiun kereta terdekat: Mangga Besar

Halte Trans Jakarta terdekat: Glodok

 

5 Comments

  1. Wahh baru tahu ada tempat bagus ini. πŸ˜€

    1. Iya Mbak.. bagus yah ^^ kece banget buat foto-foto.

  2. kece banget rumahnya

    1. Iya mbak.. dan yang paling penting masuknya ga dipungut biaya.. tempatnya bersih dan terawat pula

  3. bagus sekali artikelnya, thanks πŸ™‚

Leave a Reply