4 Spot Paling Instagrammable di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor.

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata legendaris ini? Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani yang terletak di kota Bogor. Dengan luas hingga 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki 15.000 jenis koleksi tanaman. Kebun Raya Bogor ini ternyata telah ada semenjak jaman Prabu Siliwangi (1474) dan dikembangkan menjadi kebun raya seperti yang kita kenal ini oleh Thomas Stamford Raffles pada awal tahun 1800.

Ternyata, pendirian Kebun Raya Bogor ini merupakan cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.  Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894).(sumber).

Saat ini, Kebun Raya Bogor dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang merupakan lembaga milik negara yang bergerak di bidang penelitian,pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan (sumber). Kebetulan, salah satu teman saya Hima bekerja di LIPI, sehingga saya dan teman-teman bisa masuk ke Kebun Raya Bogor dengan diskon (baca: gretong).

Kebun Raya Bogor sendiri memiliki banyak spot yang menarik untuk foto-foto dan juga Instagrammable. Nah, berikut beberapa spot yang menjadi favorit saya.

1. Taman Anggrek

This is definetely my favorite spot in Kebun Raya Bogor. Taman Anggrek merupakan sebuah bangunan kaca yang memiliki sekitar 500 spesies anggrek. Taman ini ditata sedemikian rupa sehingga begitu cantik. Begitu memasuki area ini, pengunjung disapa oleh juntaian anggrek-anggrek yang indah.

Untuk yang ingin berkunjung ke Taman Anggrek, harap diingat bahwa lokasi ini tutup pada pukul 15.00. Saya dan teman-teman yang waktu itu datang terlambat, memohon pada Bapak penjaga untuk diperbolehkan masuk (jauh-jauh dari Jakarta masa gak sempat ke sini?). Alhamdulillah, kami diijinkan masuk, dan yang menyenangkan lagi, pada saat itu tidak ada pengunjung lain selain kami, sehingga kami bebas menikmati cantiknya Taman Anggrek.

This is like a secret garden..

 

2. Danau Gunting

Danau Gunting adalah sebuah danau buatan yang terletak di Kebun Raya Bogor. Biasanya, spot ini adalah tempat yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang asri dan teduh membuat wisatawan betah berlama-lama bersantai menghirup udara yang segar. Ssst.. kabarnya danau ini terkenal angker.

3. Istana Bogor

Istana Bogor, yang dahulu bernama Buitenzorg/ Sans Souci (tanpa kekhawatiran) adalah kediaman resmi dari 38 orang Gubernur Jenderal Belanda dan 1 orang Gubernur Jenderal Inggris (sumber). Saat ini, Istana Bogor berada di bawah pengelolaan Kementerian Sekretariat Negara. Pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke area Istana Bogor tanpa ijin. Tenang, foto-foto di depannya sudah cukup bagus, kok. Hamparan bunga teratai berpadu dengan bangunan Istana Bogor yang antik membuat foto selfie-mu akan lebih ciamik (oh yeah it rhymes..)

4. Pemakaman Belanda (Dutch Cemetery)

Pemakaman Belanda Kebun Raya Bogor terletak agak tersembunyi, di samping Taman Teijsman. Pemakaman ini terletak di bawah rimbunnya pepohonan bambu. Suasananya agak senyap dan spooky. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke spot ini, sehingga suasana cukup mencekam. Banyak ilmuwan-ilmuwan Belanda yang berjasa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di Kebun Raya Bogor dimakamkan di tempat ini.

 

Nah, itulah kira-kira spot foto yang Instagrammable di Kebun Raya Bogor. Sedikit saran, mengunjungi Kebun Raya Bogor lebih asyik beramai-ramai. Jangan lupa untuk foto ala-ala seperti ini di padang rumput:

Toni, Hima, Rani, Reza, Lina, Danu, Saya. Friendship goals!

Tips mengunjungi Kebun Raya Bogor:

  • Datanglah agak pagi agar cuaca belum terlalu panas.
  • Bawa air minum (wajib!). Mengelilingi Kebun Raya Bogor yang luas di tengah cuaca terik bisa membuat kita dehidrasi.
  • Jagalah kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan di area Kebun Raya Bogor. Banyak tong sampah yang disediakan pengelola untuk pengunjung.

Adios!

 

Leave a Reply