Menikmati Sunset di Ketinggian 40.000 Kaki

Apa yang paling kalian suka dari penerbangan?
Pramugari yang cantik, kru yang ramah, atau perasaan bersemangat karena akan menjejak ke tempat yang baru? Bagi saya, terbang sangat menyenangkan karena saya dapat melihat pemandangan yang spektakuler. Pegunungan yang muncul di balik awan, gemerlap lampu kota di malam hari, ruas-ruas jalan yang sibuk.

Sore itu saya hendak bertolak ke Jogja untuk menghadiri sebuah acara. Pesawat yang dijadwalkan untuk lepas landas pada pukul 16.30 diundur keberangkatannya hingga 1 jam kemudian. Kami lepas landas pada saat matahari mulai terbenam. Indah sekali! Saya beberapa kali mendapatkan jadwal penerbangan saat senja, namun inilah saat terbaik. Kami terbang menembus awan gelap yang menyelimuti kota Jakarta, dan diatasnya, semburat senja tersirat dengan malu-malu. Ini adalah sunset terindah kedua yang pernah saya lihat! (sunset terkeren pertama adalah milik Karimun Jawa).

Di atas ketinggian jelajah 40.000 kaki, saya (yang beruntung karena mendapatkan window seat), tercenung beberapa lamanya, menikmati indah matahari terbenam.

Leave a Reply