Take A Deep Breath..

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang setiap hari terpapar macet dan polusi, menghirup udara segar pegunungan adalah anugerah yang indah. Tak setiap hari kita dapat menghirup napas dalam-dalam, menghilangkan kepenatan agar bisa berpikir jernih kembali. Di Jakarta, menghirup napas dalam-dalam alamat tersedak oleh pekat asap Kopaja atau sesaknya asap rokok *uhuk*.

Kawasan Agrowisata Gunung Mas yang berlokasi di Puncak, Bogor adalah salah satu tempat rekreasi yang terkenal di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya. Tak terlalu jauh, hanya sekitar 2 jam perjalanan dari Tangerang, lokasi rumah saya, dengan catatan: apabila tidak macet. Untuk masuk ke Kawasan Agrowisata Gunung Mas biayanya relatif murah, satu mobil berisi 6 orang dewasa tidak sampai Rp 50.000. Sekedar saran, datanglah pagi-pagi sekali! Udara masih sejuk dan segar, serta pengunjung belum begitu ramai.

Di wilayah Gunung Mas pengunjung dapat melakukan tea walk, horse riding, berkunjung ke pabrik teh, menginap di bungalow, camping, atau sekedar piknik bersama keluarga.

Jalur tea walk sangat mudah untuk dilalui, namun agak licin. Hiruplah napas dalam-dalam saat berada di hamparan kebun teh yang luas ini. Segar sekali rasanya 🙂

 

 

Sekedar info bagi teman-teman yang akan berwisata ke Puncak, perhatikan jadwal buka-tutup jalur Puncak. Biasanya, arus diberlakukan searah ke atas pada pukul 9 pagi, dan ke bawah pada pukul 3 sore.  Bila berkunjung saat weekend, bersiaplah untuk bermacet ria bersama warga Jakarta lain yang ingin sekedar menghirup udara segar di kebun teh. Lalu lintas bisa macet total selama 1 jam lebih walaupun telah diberlakukan arus searah. Tetaplah berkepala dingin, dan hiruplah napas dalam-dalam. Salam!

Leave a Reply