Exploring Beaches in Gunung Kidul: Siung, Pok Tunggal, Ngobaran

Berwisata ke pantai-pantai di Gunung Kidul mungkin bukanlah hal yang asing bagi orang-orang Yogyakarta dan sekitarnya. Baron, Sundak, Kukup, Krakal, Indrayanti tamat sudah semua.

Kali ini, saya dan 3 orang teman saya, Pipit, Dita, dan Mikha mengunjungi 3 pantai yang belum pernah kami jamah, yaitu Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Ngobaran.

Perjalanan menuju Pantai Siung dapat ditempuh melalui jalur Yogyakarta – Wonosari. Dari Pantai Indrayanti,  Pantai Siung dapat ditempuh kira-kira 1 jam perjalanan, sehingga total jam tempuh adalah 3 jam menggunakan mobil.

Marka jalan menuju Pantai Siung cukup jelas sehingga tidak menyulitkan kami. Dari jalan utama, pengunjung harus masuk sejauh kurang lebih 5 kilometer untuk menuju pantai. Jalan yang sempit dan terjal cukup membuat teman kami, Mikha ketar-ketir.

Akhirnya kami sampai juga di Pantai Siung.

Pantai Siung tidak terlalu luas dan sepi, dengan air yang jernih dan bebatuan besar di pinggir pantai menambah keindahan di Pantai Siung. Pantai Siung memiliki beberapa spot foto yang menarik, sehingga saya dan teman-teman tidak mau menyiakan kesempatan.

Dari Pantai Siung, kami menuju Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal terletak tidak jauh dari Pantai Siung, hanya sekitar 15 menit perjalanan. Pok Tunggal adalah pantai baru. Marka jalan menuju pantai ini tidak terlalu jelas terlihat sehingga mungkin menyulitkan wisatawan yang akan berkunjung. Dari jalan utama menuju Pantai Pok Tunggal pengunjung diharuskan untuk melewati jalan tanah yang berbatu (serasa offroad) dengan tanjakan dan turunan yang curam. Bagi yang membawa kendaraan menuju pantai ini, disarankan dalam keadaan prima. Tidak disarankan bagi yang baru belajar menyetir untuk berkendara menuju pantai ini.

Perjalanan yang cukup sulit terbayar dengan keindahan Pantai Pok Tunggal. Saya dan teman-teman langsung berlari ke arah pantai dan berteriak dengan girang 😀

 

 

 

 

 

Pengunjung dapat menyewa payung-payung ini seharga Rp 20.000/payung.
 

 

 

Sejauh ini, Pantai Pok Tunggal adalah pantai terindah yang pernah saya kunjungi di Jogja. Dengan pasir putih, air jernih, dan tempat yang sepi, Pantai Pok Tunggal menjadi pantai terfavorit saya di Gunung Kidul.

Tujuan terakhir kami adalah Pantai Ngobaran. Untuk menuju Pantai Ngobaran, kami menyusuri jalan hingga ke arah Pantai Baron dan mengikuti marka jalan ke arah Yogyakarta. Dari jalan utama, Pantai Ngobaran harus ditempuh sejauh 11 kilometer. Perjalanan kami terbayar oleh pantai yang indah ini 🙂

Pantai Ngobaran terletak di tebing (yang sedikit mengingatkan saya pada Uluwatu, Bali) dan memiliki semacam candi untuk tempat pemujaan. Dari bawah, pengunjung dapat menaiki bukit melalui anak tangga. Pemandangan laut selatan dari atas tebing sangat indah! Biru tak berujung.

Indahnya 3 pantai yang saya kunjungi membuat saya ingin kembali lagi kesana, khususnya ke Pantai Pok Tunggal dan Pantai Ngobaran. Bagi yang ingin berwisata akhir pekan di Yogyakarta dengan budget terbatas, 3 pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Selamat berlibur!

Leave a Reply