The Incredible Trip: Batu & Malang

“Jangan terlalu banyak mikir, nanti malah gak jadi. Ayo berangkat!” – Farditya Andhika, 2011

Seandainya teman saya si Dika nggak ngomong seperti itu, mungkin kami tidak menghabiskan weekend di Malang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu liburan ternekat dengan rekor perencanaan H-1 jam saja! Berbekal uang dan pengetahuan yang minim tentang kota tujuan, saya dan dua sahabat saya Yoshi dan Dika berangkat meninggalkan Yogyakarta pada hari Jumat (11/11/2011) siang. Jarak antara Yogyakarta – Malang adalah 347 Km, dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam menggunakan mobil. Rute yang kami tempuh adalah Yogyakarta – Solo -Sragen – Magetan – Madiun – Nganjuk – Kediri – Pare – Batu dan akhirnya Malang.

Kami sampai dengan selamat di kota Batu sekitar jam 23:00 dan langsung mencari penginapan. Keesokan harinya, kami berjalan-jalan ke alun-alun kota Malang. Alun-alun ini adalah taman kota yang sangat cantik, dengan pepohonan rindang, kolam burung di tengah-tengah dan kandang burung merpati membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

 Alun-Alun Kota Malang
 
 Kandang Merpati
 
Selanjutnya, kami mendarat di Jatim Park 2 yang terletak di kawasan Kota Wisata Batu. Jatim Park 2 terletak di lereng pegunungan kota Batu. Kami dibuat berdecak kagum oleh keindahan arsitektur wahana-wahana di Jatim Park 2 ini, seperti Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Konon, arsitek dari Jatim Park 2 didatangkan khusus dari luar negeri, dan membuat tempat ini memiliki arsitektur yang berbeda dengan bangunan di Indonesia pada umumnya. Koleksi binatang di Batu Secret Zoo sangat lengkap, dan yang membuat saya senang, mereka semua gemuk-gemuk. Sepertinya binatang-binatang ini dirawat dengan serius oleh pihak kebun binatang 🙂
 Diani, Yoshi, dan Alpaka
 
Senyum lega, akhirnya sampai juga ke tempat ini!

 

 Ducks and Flamingos
 
Hal lain yang menyenangkan dari Batu Secret Zoo, penataan alur wisata dibuat dengan sangat baik, sehingga pengunjung tidak semrawut dan dapat melihat semua keunikan binatang yang dipelihara di sana. Selain itu, totalitas dan keindahan dekorasi kebun binatang mendukung tempat ini untuk menjadi objek wisata internasional.
 The African Family
 
Pengunjung dapat berfoto dengan aneka satwa secara cuma-cuma.

 

 Berasa jadi Ann Darrow di film King Kong
 
Puas mengelilingi Batu Secret Zoo, kami berpindah ke Jatim Park 1 menggunakan kereta gratis. Sayangnya, Jatim Park 1 tidak sebagus yang kami kira, sehingga kami tidak berlama-lama di sana dan kembali ke Jatim Park 2 untuk mengunjungi Museum Satwa. Oh ya, jarak antara Jatim Park 1 dan 2 hanya sekitar 500 m, dan dapat ditempuh menggunakan kereta dan mobil gratis dari pihak pengelola. Pihak pengelola juga menyediakan tiket terusan Jatim Park 1 dan 2 senilai Rp 80.000.
Bagi yang sudah pernah menonton film Night at The Museum, pasti akan terkagum-kagum melihat Museum Satwa. Arsitekturnya sangat megah dan indah, dan interiornya dibuat persis seperti dalam film tersebut. Koleksi yang terdapat di Museum Satwa sangat banyak dan beragam, ada yang berupa replika dan ada yang berupa awetan.
Dinosaurs

 

Savannah
Malam harinya, kami mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS) yang berada tidak jauh dari kompleks wisata Jatim Park. Tempat ini dihiasi oleh lampion-lampion indah yang berwarna-warni. Di tempat ini disediakan berbagai macam wahana yang memanjakan adrenalin dan kesenangan pengunjung. Salah satu wahana yang patut dikunjungi ketika berada di BNS adalah Lampion Garden. Memasuki lampion garden, seperti berada di dalam buku dongeng anak-anak. Lampion dengan beraneka warna dan bentuk menghiasi taman ini dengan apik. Berbagai bentuk lampion mulai dari kurcaci, love, alat musik, Monas, angsa air, hingga Taj Mahal begitu memanjakan mata pengunjung, termasuk saya/

 

 Let’s called it LOVE
 
Lampion Garden
 
Saat malam tiba, kami mengucapkan salam perpisahan kepada kota ini. Selesailah akhir minggu yang menyenangkan ini. Satu kesan yang paling mendalam mengenai kota Batu dan Malang adalah, mereka ditata dengan sangat baik oleh pemerintah kota-nya untuk menjadi tempat wisata. Yang jelas, mengunjungi Malang tidak akan lengkap tanpa bermain-main di Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Batu Night Spectacular. Tertarik mengunjungi?
P.S.
Special thanks to:
Yoshi Monica atas pinjaman mobilnya.
Farditya Andhika atas kesediaannya menyupir sejauh 700 Km membelah pulau Jawa, dalam keadaan super capek dan mengantuk.
This trip will never be forgotten.

2 Comments

Leave a Reply